Sekarang ini banyak sekali terjadi krisis seperti kasus pada zaman bahela sampai sekarang ...
Seperti krisis busung lapar di negeri nun jauh disana banyak anak anak yang jadi korban ...
Lom lagi terjadi perang saudara malah makin memperburuk keadaan.." Jika di ingat ingat lagi kejadian sekian tahun yang lalu tentang kasus busung lapar... Jadi merinding.."
"Ea banyak anak anak yang jadi korban... "
" Masa itu pengobatan lom secanggih sekarang... "
" Ea benar ... Kalo sekarang ilmu pengobatan Makin berkembang.. "
" Tapi ada Satu krisis yang masih lom bisa di tangani"
"Apa???"
"Krisis pangan..."
" Tul juga kata loe.. masalah pangan inilah yang bikin Makin susah ,terkadang hama menyerang itu yang bikin susah.."
" Itu karena apa?penanaman yang tidak merata... Disana dah mulai nanam contohnya aj padi .. yang sini udah menguning yang Sana baru menanam... Tentu aj ad hamanya...untuk padi harus rajin di cek soalnya kalo banyak gulma ea hama Makin banyak"
" Pi ada juga yang berhasil dengan menggunakan sistim mina padi.."
" Mina padi itu apa??"
" Masa loe gak tu Khan udah ada di pelajaran sekolah"
" Gak ngeh gue"
" Makanya sekolah tu ea sekolah jangan main aj yang Ada di otak ya...mina padi itu.. menanam padi sambil memelihara ikan atau udang terserah lah yang penting itu pokoknya.."
" Ooo gitu ea... Jadinya Dua kali jalan dunk.. padi dapat ikan pun dapat"
"Yoa.."Hanya segelintir krisis yang terjadi masih banyak krisis yang lainnya seperti krisis air... Itu yang paling riskan... Karena ada sebagian daerah yang krisis air malah ada sebagian daerah yang malah banjir mulu.. curah hujan yang tinggi
'"kalo Gini terus capek gue ... Bolak balik ngambil aer... Mana tempatnya jauh lagi .. cape."
" Loe itu ngeluh aja... Sukuri masih Ada aer yang bisa di ambil kalo gak ada lagi aer yang bisa di ambil nah itu baru demo.. ini "
" Loe tu... Gue heran aj disini ada tempat aer yang di bikin pemerintah pi kenapa gak berfungsi lagi"
"Mungkin peralatannnya yang kurang maklum aj ... Untuk menuju daerah ini sangat sulit di tambah lagi jalan yang buruk itu yang menambah susah .."Terkadang untuk mencari aer ada yang rela puluhan kilo untuk mencari aer Dan itu hanya bisa di capai dengan berjalan Kali...
Ada lagi krisis harga yang melambung tinggi yang terkadang membuat pedagang kecil bnyak yang gulung tikar" Kenapa gak dagang lagi mas?"
"Itu MBA modalnya gak cukup bahan yang di beli pun melambung tinggi jadi susah kalo buat dagang ..apalagi pedagang kecil seperti saya ini MBA"
" Moga krisis ini cepat berlalu Dan mas bisa dagang lagi "
" Amin..MBA"Yap kalo segalanya mahal yang jadi korban ea pedagang kecil kalo pedagang besar mah aman
" Gimana mo dagang kalo Gini.. apa apa mahal"
"Ea harganya melambung di kurangi ukuran takutnya gak ada yang beli"
"Ea jadi ribet... Pusing nih Pala mikirin"Itu hanya sebagian kecil krisis yang di hadapi masih banyak krisis yang lainnya seperti krisis rumah tanggap juga bisa..
YOU ARE READING
kumpulan cerita & cerita fantasi
Não Ficçãotentang kehidupan sehari Hari Dan fantasi