URBAN LEGEND KOREA || 14

3 1 0
                                    

DOKKAEBI (GOBLIN)

Indonesia memiliki banyak cerita tentang makhluk mitologi. sebut saja leak Bali, Banaspati, Barong, dan lain-lain. Begitu pula di negeri Korea Selatan, juga terdapat makhluk mitologi yang melegenda, yakni Dokkaebi. Meskipun sosoknya tampak menyeramkan, tapi sifatnya tidak jahat.

Figur Dokkaebi berwujud seperti sosok iblis dan Troll yang membawa tongkat pemukul dan perawakannya kecil seperti tuyul Indonesia. Dokkaebi juga diceritakan sering mengenakan topi yang disebut dengan Dokkaebi Gamtu. Manusia yang mengenakan topi tersebut akan memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu secara tembus pandang.

Beda halnya dengan kehadiran hantu-hantu lainnya, keberadaan Dokkaebi ternyata disukai oleh masyarakat Korea Selatan karena keberadaannya dianggap tidak membahayakan. Selain itu, Dokkaebi merupakan makhluk lucu yang mengganggu orang-orang jahat dan sebaliknya memberikan hadiah kepada orang-orang yang baik. Dokkaebi dikenal sebagai makhluk yang nakal dan jahil, dia suka permainan dan lelucon.

Tongkat pemukul yang ia bawa disebut dengan Bangmangi. Konon, tongkat tersebut dapat mendatangkan barang apapun yang diinginkan oleh mereka. Hanya saja barang-barang tersebut bukanlah ciptaan mereka sendiri, melainkan barang tersebut mereka dapatkan dari mengambil milik orang lain.







Jejak!!

Mystical KnowledgeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang