KENAPA NABI MUHAMMAD ﷺ TIDAK PERNAH MENGUMANDANGKAN ADZAN

13 3 0
                                    

Kenapa Nabi Muhammad ﷺ tidak pernah mengumandangkan adzan sama sekali bahkan sampai akhir hayatnya?

Mungkin beberapa umat muslim bertanya- tanya, lantas apakah Rasulullah ﷺ pernah mengumandangkan adzan ?

Meskipun kita tahu bahwa Rasulullah ﷺ merupakan manusia paling Mulia di muka bumi ini, namun ALLAH ﷻ melarang Beliau untuk mengumandangkan azan.

Tidak diperkenankannya Rasulullah ﷺ mengumandangkan azan tersebut karena beberapa alasan.

Pertama, Jika Rasulullah ﷺ mengumandangkan azan, maka dikhawatirkan orang yang tidak langsung menjawab seruan Beliau termasuk dalam kategori orang-orang yang akan mendapat siksaan.

Kedua, Rasulullah ﷺ adalah penyeru / dai, maka tidak boleh bersaksi atas dirinya sendiri (yakni ketika mengucapkan Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah).

Dalam azan, terkandung pengakuan dan kebesaran ALLAH ﷻ, dilanjutkan dengan ikrar tauhid dan pengakuan akan risalah kenabian Muhammad ﷺ.

Hayatnya Ketiga, Jika Rasulullah ﷺ mengumandangkan azan dan sampai pada lafaz " Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah", maka di sana seakan ada pemahaman bahwa ada nabi selain dirinya.

Keempat, Azan itu yang tahu pertama kali lafaznya adalah di dalam mimpi sahabat Nabi Muhammad ﷺ, yakni Abdullah bin Zaid.

Kesibukan dan sempitnya waktu Rasulullah  ﷺ membuat beliau tidak bisa mengumandangkan azan sholat.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

MAHABBAH (CINTA) KEPADA KEKASIH ALLAH SWTWhere stories live. Discover now