4

752 85 13
                                    

Pintu terbuka dengan pelan, Yibo telah mengantar Liying pulang beberapa saat yang lalu dengan taksi yang menunggunya dan ciuman selamat malam. Dia ingin tinggal di sini bersama ibunya malam ini setelah semua masalah yang dia timbulkan pada ibunya.

Ketika Yibo memasuki ruangan, ada sosok yang meringkuk tidur di sebelah ibunya. Dan dia bisa menebak siapa itu hanya dengan rambut yang hitam legam.

Mata Nyonya Wang perlahan terbuka, matanya melayang ke arah Yibo. Senyum anggun terangkat dari bibirnya saat dia dengan lembut memposisikan dirinya ke posisi duduk. Tangannya menggenggam tangan Xiao Zhan yang tertidur di pelukannya seperti dulu.

Yibo duduk di samping ibunya, di sisi lain tempat tidur, "Bagaimana perasaan ibu?" dia bertanya dengan lembut mengetahui bahwa ibunya mungkin ingin dia tidak mengganggu tidur Xiao Zhan.

"Lebih baik, di mana Liying?" Wajah lelah ibunya terukir di benaknya sebelum Yibo menjawab, "Aku menyuruhnya pulang, dia tidak enak badan," jawab Yibo jujur.

Ibunya menganggukkan kepalanya mengerti.

"ibu, kenapa ibu tidak memberitahuku tentang ini?" Yibo akhirnya bertanya, merasa sedikit kesal.

"Apa yang ingin dikatakan? Kalau aku beritahu kalian, kalian akan merasakan kesedihan selama setahun dan kemudian ketika aku mati kalian akan lebih sedih. Bukan itu yang aku ingin kalian jalani Yibo, dan kau tahu sendiri Liying tidak boleh stres. Tubuhnya terlalu lemah." kata Nyonya Wang dengan penuh perhatian.

"Ini tentang kesehatanmu yang kita bicarakan di sini. Bagaimana mungkin ibu menyembunyikannya dari kami," bantah Yibo.

"Berapa banyak hal yang kau sembunyikan dariku Yibo?" Nyonya Wang membalas.

"Aku di sini bukan untuk melanjutkan argumen kita," Yibo segera menyerah karena tahu bahwa dia tidak bisa membuat ibunya terlalu marah.

"kamu sebaiknya tidak," Jawab Nyonya Wang sambil membelai kepala Xiao Zhan dengan lembut,

"Ibu benar-benar menyukainya bukan?" gumam Yibo saat dia melihat tatapan lembut ibunya pada laki-laki yang lebih muda.

"Tentu saja, kalau tidak aku tidak akan mempercayakan putraku kepadanya," dia berbicara dengan lembut.

Yibo menghela nafas, dia tahu mereka akan membicarakan ini lagi.

"Yibo, sungguh, ibu hanya ingin mendengar tangisan bayi sebelum ibu meninggalkan dunia ini. Apa yang akan ibu katakan kepada ayahmu ketika ibu pergi ke sana?" suaranya melembut secara dramatis.

"Ib-"

"Tidak Wang Yibo, biarkan ibu bicara. Kau hanya perlu mendengarkan."

"ibu mengerti bahwa kau mencintai Liying, dan ibu tidak akan menyetujui pernikahanmu jika ibu tidak mengetahuinya, tapi Yibo, ibu telah mengalah dalam segala hal. Kau menjanjikan ibu seorang cucu sebelum ibu berusia 60 tahun, sekarang ibu hampir 65 tahun. Tidak bisakah kau mengalah sekali saja?"

"ibu menaruh kepercayaan ibu pada Xiao Zhan, kau tidak harus menikah dengannya jika Liying yang kau khawatirkan," ibunya meyakinkan.

"Anggap saja seperti ini, tubuh Xiao Zhan hanyalah pengganti Liying dan tidak ada yang lain," ibunya terus mendesak.

Ketika Yibo hanya menjawabnya dengan desahan ringan, Nyonya Wang tahu dia harus melakukan trik yang sama seperti yang dia lakukan pada Xiao Zhan.

"Yibo, Ibu tidak akan bersamamu lebih lama lagi. Setidaknya biarkan ibu hidup dengan damai. Kau tahu ,menggendong cucuku sendiri selalu menjadi mimpiku-"

"ibu aku mengerti..." Yibo akhirnya menjawab, air matanya hampir turun dan Nyonya Wang mengusap lembut dan menepuk punggung Yibo.

Yibo melihat melewati tangan ibunya, menatap sosok cantim yang masih terlelap. Lengan rampingnya terlipat sebagai bantal, rambutnya berantakan disisir ke sisi wajahnya dan bibirnya sedikit terbuka untuk menghirup udara.

SUBSTITUTETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang