lamaran

22 2 1
                                    

"cieee dilamar, bentar lagi nikah nich cieee" dari tadi dongmyeong ga berhenti ngeledekin xion.

"berisik, kamu juga udah lamaran plis, mana nikahnya 4 bulan lagi"

iya bener, ternyata dongmyeong udah dilamar duluan sama harin😊, apa ga pusing itu bunda xion 2 anaknya udah dilamar orang.

"biarin, emang kamu kapan mau nikahnya? ga minggu depan aja? kalian kan bucin banget tuh" xion kesel banget pengen ngelempar dongmyeong pake kuas make-up nya ini.

"nanti-nanti aja lah, kata kak ido terserah aku nikahnya mau kapan, aku juga belum lulus"

"ooh gitu, goodluck ya adik kiciw hehe, aku keluar dulu nanti kalo leedo udah dateng kamu ku jemput" dongmyeong beranjak dari sofa xion.

"iya iya hush hush" gatau aja xion sebenarnya dari tadi gugup banget asdfghjkl, baru lamaran belom nikahan.

"plis sebenernya aku belum siap mau nikah, tapi ga mungkin juga aku gantungin kak ido lama-lama, apalagi bentar lagi aku lulus, pasti mama kak ido pengen nya langsung nikah begitu aku lulus" iya galau anaknya mikirin nikah, agak trust issue lah sama berita tentang perceraian, palagi xion anaknya suka overthinking.

"gapapa lah, selama ini kak ido selalu baik terus sabar juga ngadepin aku" setelah selesai make-up, xion berdiri buat meriksa penampilannya, udah oke lah.

ceklek....

"ayo, leedo nya udah dateng" dongmyeong langsung gandeng tangan xion buat keluar kamarnya.

"takut..." bisik xion, dongmyeong cuma senyum maklum.

"gapapa, baru lamaran kok ini, cuma masang cincin doang" dongmyeong elus-elus kepala xion biar tenang, haduh adik manjanya ini bentar lagi bakalan lepas masa lajang.

"nah ini xion nya datang, duduk sini nak bareng dongmyeong" kata bunda xion sambil nunjuk tempat duduk disamping bunda ayahnya.

"silahkan pak sampaikan dulu keinginannya sudah jauh-jauh datang kemari" ayah xion mulai percakapan.

"jadi gini, sesuai yang udah saya dan keluarga putuskan, kedatangan kami kemari ingin melamar anak bapak yaitu xion, bukan maksud kami untuk buru-buru tapi lebih baik di seriuskan saja hubungan mereka ini, karena sudah sama-sama dewasa" jawab papa leedo, suasana ruang tamu xion hening bet, jadi ngeri.

"ya kalo saya dan istri sih tergantung xion nya ya pak haha, kan xion yang menjalankannya saya sama istri cuma bisa dukung aja" nah mulai berubah atmosfer nya, becanda becanda dikit lah ayah nya xion, ga kuat liat muka leedo tertekan banget.

"gimana nak?" tanya bunda xion mendadak, kaget lah mau jawab apa ini.

"hah?" malah ngelag.

"gimana xion sayang, kamu terima lamaran leedo kan nak?" sekarang mama leedo yang nanya, hadue ngeri xion di keroyok begini.

"o-oh iya xion terima kok"

"syukurlah, ada bagusnya sekarang kita bahas rencana pernikahannya, gimana xion sama leedo? maunya kapan?" tanya ayah xion, maklum beliau ga tau kalo xion belum mau nikah sekarang 😔🤙🏻.

"jadi sebenarnya saya sama xion nikahnya nanti-nanti aja, jadi sekarang ibarat nya ditandain dulu aja, xion nya juga belum lulus" sekarang leedo yang ngomong, udah berani lah dikit dikit, soalnya kan udah di terima ehe.

"iya yah, kalo nikahnya setahun lagi gapapa kan?" tanya xion.

reflek serumah langsung ngakak.

"ya gapapa sayang, kan yang nikah kamu ih kita mah nurut doang, harusnya kamu tanya leedo nih, gapapa kan nunggu setahun?" gemes banget mama leedo liat xion nih, polos kebangetan.

"iya gapapa, demi kenyamanan xion juga"

"nah berarti udah diputuskan ya, sekarang baru lamaran doang, nikahnya setahun lagi, mungkin nanti kita bisa ketemuan lagi buat mastiin kapan tanggal nikahnya. ayo sekarang pasang cincin dulu" mama leedo langsung ngeluarin dua kotak cincin terus di letakkin di meja.

"ayo leedo dulu"

leedo ngambil kotak cincin yang ada inisial D nya, yaitu nama xion, Dongju.

mereka berdua udah berdiri di hadapan dua keluarga itu, tangan leedo agak tremor dikit awogawog.
xion ngulurin tangan kanannya, yang langsung disambut leedo, terus leedo pasang cincinnya di jari manis xion, begitu pun sebaliknya.

setelah acara pasang cincin selesai, mereka duduk lagi.

"jadi itu aja pak maksud kedatangan kita hari ini, kalo gitu saya sekeluarga pamit pulang dulu, udah malem besok harus kerja lagi haha" papa leedo berdiri buat salaman ke ayah xion, diikutin mamanya leedo.

"emm saya izin mau bawa xion keluar sebentar boleh?" yang disebut namanya cuma ngelag, ngapain ngajak keluar tiba-tiba.

"oalah iya iya gapapa, jangan kemaleman tapi yaa" akhirnya mereka berdua ngilang duluan, jangan heran leedo kesini pake 2 mobil, papa mama leedo tau kalo dia mau ngajak xion pergi sesudah lamaran.

•••••

disini leedo sama xion sekarang, ditaman tengah kota. lumayan rame diisi sama remaja-remaja lagi pacaran, ada juga keluarga lagi nikmatin jajanan pinggir jalan.

"ada yang mau kamu sampein? ngomong aja ga usah ditahan" leedo coba mancing xion buat ngomong, jujur aja dari tadi leedo ngeliat xion agak beda, ga secerah kayak biasanya.

"hah, ngga ada kok, semuanya kan udah jelas tadi" xion natap leedo bingung, sebenernya berusaha nutup nutupin juga, tapi leedo peka banget asdfghjkl.

"serius sayang, ada yang kamu sembunyiin kan? ngomong aja aku ga bakal marah" leedo usap usap kepala xion pelan, supaya xion tenang dan ga ngerasa tertekan.

"hufft oke aku jujur, sebenernya aku agak khawatir dikit, kayak belum siap aja gitu buat nikah, apalagi kak ido tau sendiri kan kalo kita ga bakal bisa punya keturunan, kak ido juga cuma anak satu-satunya pasti mama kak ido ngarepin cucu..." akhirnya air mata yang ditahan-tahan xion lolos gitu aja.

leedo senyum tipis, jadi itu alasan xion overthinking.

"kenapa mikir kayak gitu heum? kamu ga raguin perasaan aku kan xion?" yang ditanya langsung geleng panik, maksud xion bukan gitu plis.

"ngga! sama sekali ngga, aku cuma takut ujung-ujungnya kalian kecewa, gitu aja aku sama sekali ga raguin kak ido, aku tau semua effort kak ido" makin sesegukan itu si xion, takut leedo marah.

"mama ga mungkin nge restuin kita kalo mama sendiri ngarepin cucu sayang, mama dan aku ga pernah ngarepin sesuatu dari kamu, mama dan aku cuma berharap kita bahagia terus, itu aja ga lebih"

"sini peluk dulu" leedo majuin badan nya terus peluk xion erat, jujur dari hati yang paling dalam dia bisa nikah sama xion aja udah bersyukur banget, leedo ga ngarepin apa-apa dari xion.

"udah ya nangisnya? nanti matanya sembab, kamu tau kan sesayang apa aku sama kamu? aku mohon jangan overthinking terus ya? cuma kamu xion yang aku pilih jadi pasangan hidupku" leedo tepuk tepuk pelan punggung xion kayak bayi, biar tenang anaknya.

"maafin aku kalo kesannya aku kayak ngeraguin kak ido, maaf juga selama ini aku selalu overthinking dan kekanakan"

"gapapa semua orang wajar khawatir, udah tenang? mau pulang sekarang ga biar bisa istirahat" xion ngangguk doang terus lepasin pelukan nya.

"ayo pulang, kak ido besok kan harus kerja" xion ngambil tissue di dashboard mobil leedo terus ngelap air matanya, berantakan banget mukanya.

"lucunya, oke kita pulang"






•••••

sebenernya pengen ku bikin batal nikah, awogawog.
guyon hehe, ak tidak setega itu untuk membuat angsd 💔

sweetie pie Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang