Happy reading
Jangan lupa vote dan komen yaa:')
Typo harap dimaklumi, okeee
*****
Bener aja, pas pulang sekolah gue digondol buat nangkring di mall buat jajan sosis bakar. Awalnya sih gue ngajak yang di pinggir jalan, cuma bang Rangga gak mau, katanya udah terpolusi udara kotor. Sok tau dia mah!
Gue duduk di kursi empuk di salah satu tempat makan sambil nikmati sosis bakar dengan setengah hati. Ya gimana ga setengah hati, ini sosis gue rasanya kecap doang. Dah cemberut mulu nih muka. Kesel banget gua sama Ranggadat!
Gue natep bang Rangga pakai jurus jitu mata sayu. “Bang ... Bumbum juga mau pake saos kek punya Bang Angga.”
Bukannya jawab, Bang Rangga malah natapin gue mulu. Serasa mau ditelen gue tuh!
“Punya Bumbum gak enak, manis. Bumbum kan maunya yang pedes,”
Abis ngomong gitu, Bang Rangga kasih sosis punya di ke piring gue, sontak bikin gue sumringah bukan maen, tapi gak lama senyum gue turun. Ya gimana engga, ntuh tangan si Ranggadat malah ambil botol saos abis tuh diambrekin ke sosia gue. Kan jadi saos melulu!
“Makan!” Kata Bang Rangga datar banget.
Nah, mulai kumat gilanya si Ranggadat! Gue disuruh makan saos pake sosia gitu? Ah, udah gak iya ini.
“Ini kebanyakan saosnya, Bumbum kan gak bisa makan pedes.” gue udah mau nangis aja liat nasib sosis gue yang bakalan gak kemakan. Sayang banget sama sosis, mana gede, huhuhu.
Gue liat bang Rangga malah diem, cuma tangannya gerak nyodorin sosis panjang itu ke mulut gue.
“Makan!”
Gue udah tutup mulut rapet banget sambil geleng-geleng. Gue itu gak bisa makan saos banyak-banyak, kalau dikit mah gapapa, perut gue masih toleran.
“Makan, Bumira!”
Kalau udah manggil nama gue lengkap begitu mah gue cuma bisa pasrah. Buku mulut, terus gigit tuh sosis. Uhh, sensasi luar biasa, pedesnya bukan main. Mata gue aja sampe beraer gegera nelen satu gigitan doang.
“Pedes banget, Bumbum gak suka.” Eh woi! Gue nangis, gak sadar sumpah! Tapi ya emang gue gak kuat pedes, kepala gue aja sampe pusing gegera tuh sosis.
Gue elapin air mata yang udah sampek pipi, nyingkirin piring isi sosis gue ke samping biar gue bisa nopang kepala gue di meja.
“Kepalanya Bumbum jadi sakit, perut Bumbum juga,” lah, kok gue makin kejer sih?! Apalagi pas bang Rangga gak bereaksi gimana-gimana, kan as*u.
“Bumbum mau pulang aja, gak mau sosis lagi.”
Gue dah berdiri mau cabut, cuma tiba-tiba limbung gatau kenapa. Untung ditangkep sama bang Rangga, kalau engga dah gelongsor gue di lantai. Efeknya cepet banget, gila!
Gue liat muka bang Rangga beda banget, dia keliatan panik. Sumpah! Matanya merah berair gitu guys, apa dia mau nangis? Tapi kenapa?
Gue meluk bang Rangga kuat-kuat buat salurin rasa sakit di perut gue, abis tuh gue ngomong gini, “Bumbum mau pulang, janji gak minta makan lagi sama bang Rangga,”
Ya kan ini gegara gue minta sosis ke dia, siapa tau dia mulai jengah sama tingkah gue yang gak tau diri ini.
Gue sadar sih, semenjak Bapak sama Ibu ninggalin gue waktu SMP dulu, bang Rangga selaku mantan tetangga yang kebetulan satu sekolah sama gue berbaik hati anggep gue kek adiknya.
Bang Rangga sama keluarganya juga yang bantu gue sambung hidup, dari makan, sekolah, dan banyak lagi. Sempat ditawari tinggal serumah, cuma gue gak mau, karena pengen nempati rumah peninggalan Bapak.
Mungkin, dari situ dia udah sadar kalau memang gue ini nyusain, yaudah, mulai besok gue gak boleh minta apa-apa lagi ke bang Rangga.
“Bumbum janji, gak nyusain bang Rangga lagi.” Abis itu, gak tau kenapa pandangan gue gelap, kelanjutannya gue gatau gimana.
*****
Gua buka mata sayup gue, pandangan pertama yang gue liat adalah muka bang Rangga yang keliatan kacau. Gue gatau dia kenapa, tapi mukanya kek orang prustasi. Walaupun dia tebar senyumnya ke gue, tapi keliatan aja gitu gurat mukanya yang khawatir.
“Ada yang sakit? Yang mana, hm? Kasih tau abang coba. Ini? Ini yang sakit? Atau mana, biar abang usir sakitnya, ya.”
Baru buka mata udah diserbu pertanyaan aja gue. Mana bang Rangga pake ngeraba perut ama kepala gue lagi. Ditanya begitu seraya anak kecil gue tuh! Kan jadi pengen nangis!
Gue gak jawab, cuma malingin muka biar ga natap mata tajemnya bang Rangga. Gue masih kepikiran aja kenapa bang Rangga bisa kek tadi.
Yah ... walaupun udah biasa, cuma kenapa gak pernah berubah?! Gue juga pengen kali bebas ke orang-orang. Yaudalah, mungkin ini yang terakhir buat hubungan gue sama bang Rangga. Setelah ini, gue nekat harus cari kerja buat makan, gapapa gak sekolah, gue sadar diri gak bakal sanggup buat bayar SPP bulannya.
Jujur, Bang Rangga itu emang protektif banget ama gue, apa-apa serba diatur. Gue beneran kek adeknya, cuma beda rumah aja. Banyak-banyak makasih untuk Bang Ranggadat!
“Hei, adek marah sama abang, hm? Iya, Bang Angga minta maaf, ya.” Bang Rangga udah elus-elus kepala gue. Nada ngomong udah dia setel kek biasanya kalau dia minta maaf. Alus bener.
Gue paham, dia selalu buat gue jera sama hukumannya kalau gue gak nurut. Gue juga paham gimana sayangnya dia sama gue, tapi udah cukup. Tekat gue udah bulet buat gak nyusain bang Rangga lagi. Ntar motor ama fasilitas apapun yang dia kasih bakal gue balikin.
“Bumbumnya abang kenapa, hm? Ada yang sakit, sayang? Coba, mana yang sakit biar abang liat, abang tiupin biar sakitnya pergi, iya?”
Bang Rangga udah kek Bapak beranak sepuluh kalau bujuk gue, maaf bang Angga, Bumbum merajuk. Mata gue merem, males liat denger bang Rangga ngomong mulu. Perut gue juga masih agak nyeri.
Cuma, kok tiba-tiba tangan gue basah? Apa tuh genteng bocor? Ah, mana mungkin rumah sakit bocor, yang bener aja.
Gue buka mata lagi, liat ke arah bang Rangga yang nundukin kepala. Bisa gue liat air mata jatuh dari pelupuk mata bang Rangga.
Sumpah! Baru kali ini gue liat bang Rangga nangis. Dia kenapa?
Gue pengen banget nanyain, cuma keknya lebih baik gue diem. Gue takut bang Rangga makin eneg sama gue, dan hukuman buat gue tambah parah. Jujur aja, gue takut.
“Maafin abang, abang mohon ... jangan pergi dari hidup abang.”
Bang Rangga kenapa ngomong gitu? Apa dia tau gue mau enyah dari hidupnya? Apa dia bisa baca pikiran orang?
Gue beraniin buat ngeluarin suara yang sontak bikin bang Rangga naikin pandangannya lagi.
“Bumbum janji, gak bakal nyusain bang Angga lagi. Makasih ya abang Angga,”
Bang Rangga malah ngegeleng, gatau kenapa gue ikutan nyesek liat bang Rangga nangis. Eh, air mata gue malah ikutan jatuh, dasar!
“Gak! Bumbum gak pernah nyusain abang, denger--”
“Mulai besok, Bumbum janji.”
Abis itu, gua nutup mata pura-pura tidur. Ya, biar percakapannya berakhir. Kalau engga, bang Rangga bakal banyak ngomong. Tumbenan memang.
Gue seneng dia banyak ngomong kalau lagi khawatir, tapi bukan saat yang begitu yang gue pengen.
“Bumbum gak ada, abang juga bakal gak ada.”
Demi apapun, gua gak paham apa yang bang Rangga bilang. Gue acuh, terus munggungi bang Rangga sambil nikmati air mata gue yang jatuh.
Aduh, sakit banget mau pisah sama bang Rangga.
*****
TbcSampai jumpa:)
KAMU SEDANG MEMBACA
Bumira
Teen FictionHanya tentang Bumira yang mencoba lepas dari Rangga. Tidak menoleransi penjiplakan dalam bentuk apapun, jika menemukan cerita yang sama persis, harap konfirmasi. Terima kasih ^^