Perbedaan (으)ㄹ 거예요 & (으)ㄹ게요

70 6 1
                                    

Perbedaan Bentuk () 거예요 dengan ()ㄹ게요

Perbedaan Penggunaan(으)ㄹ 거예요 dengan (으)ㄹ게요 dalam Kalimat Bentuk ~(으) ㄹ 거예요 dan ~(으) ㄹ 게요 merupakan bentuk kalimat Future Tense yang artinya adalah "akan". Jika kita mengucapkan ~(으) ㄹ 거예요 dengan cepat maka akan terdengar seperti bunyi ~(으)ㄹ 게요. Sehingga banyak pemula atau bahkan yang sudah mahir bahasa Korea pun sering menyamakan kedua bentuk ini, padahal sebenarnya ada batasan penggunaan yang membedakan kedua bentuk ini. Bentuk ~(으) ㄹ 거예요 mengekspresikan sebuah gagasan, rencana atau aksi yang akan terjadi tanpa mengharapkan atau memperdulikan reaksi lawan bicara. Sedangkan bentuk ~(으) ㄹ 게요mengekspreksikan sesuatu yang akan datang, tapi ekspresinya membutuhkan reaksi atau pendapat lawan bicara.

Lihat perbandingan maksud kalimat di bawah ini. 1. ~() 거예요

a. 공부할 거예요 = (saya) akan belajar

(apapun yang terjadi) saya akanbelajar; (apapun pendapat lawan bicara) saya tetap akan belajar; (tidak peduli apa reaksi lawan bicara) saya tetap akan belajar (akan tetap melakukan aksi tanpa memperdulikan reaksi lawan bicara)

b. 저 갈 거예요.안녕히 계세요 = (saya) akan pergi. selamat tinggal. (meskipun dilarang pergi) saya tetap akan pergi; (meski tidak disuruh pergi) saya akan pergi; (tidak peduli apa reaksi lawan bicara) saya tetap akan pergi (akan tetap melakukan aksi tanpa memperdulikan reaksi lawan bicara)

2. ~()ㄹ게요

a. 공부할게요 = (saya) akan belajar (kalau dibolehkan) saya akan belajar; (kalau keadaanya seperti ini) saya akan belajar; (kalau tidak keberatan) saya akan belajar.

(melakukan aksi setelah ada reaksi/pendapat dari lawan bicara)

b. 저 갈게요. 안녕히 계세요. = (saya) akan pergi. selamat tinggal.

(kalau dibolehkan) saya akan pergi; (kalau diminta jangan pergi) saya tidak akan pergi; (intinya mengharapkan reaksi dari lawan bicara.).

(melakukan aksi setelah ada reaksi/pendapat dari lawan bicara)

한국어를 배우기! (Belajar Bahasa Korea)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang