Harus/Seharusnya (~야 돼요/~야 해요)

60 3 0
                                    

Pola Kalimat "Harus/Seharusnya" (~ 돼요/~ 해요)

Akhiran yang digunakan dalam bahasa Korea yang bermakna "harus" yaitu dengan menambahkan akhiran ~야 되다 atau ~야 하다 setelah kata kerja.

Untuk menggabungkan akhiran ini dengan kata kerja, tidak seperti aturan biasanya yang langsung digabungkan setelah kata kerja (tanpa 다), tapi di sini kata kerjanya harus diubah dulu ke dalam bentuk informal.

Setelah kita tahu bentuk informal dari kata kerja, maka tinggal menambahkan akhiran ~야 되다atau ~야 하다.

Pola kalimat dasarnya adalah: 1. kata kerja dasar berakhiran vokal ‘ㅏ’ atau ‘ㅗ’ + 아야 되다 / 하다 2. kata kerja dasar berakhiran vokal lainnya + 어야 되다 / 하다 3. 하 + 여야 되다 / 하다.

Pola Kalimat "HARUS"

·        Informal Kt. kerja informal (tanpa ) + ~ 돼요 / ~

·        Formal Kt. kerja informal (tanpa ) + ~ 됩니다 / ~ 합니

Perbedaan penggunaan akhiran ~야 되다 dengan ~야 하다 adalah akhiran ~야 되다 adalah yang paling umum digunakan dalam percakapan

Contoh-contoh penggunaan dalam kalimat:

1.     집에 가야 돼요. = HARUS pulang ke rumah.

2.     저는 뭐 해야 돼요? = apa yang HARUS saya lakukan?

3.     누구한테 줘야 돼요? = HARUS diberikan kepada siapa?

4.     언제까지 전기 요금을 내야 해요? = sampai kapan HARUS membayar (pembayaran) biaya listrik?

5.     10분 정도 기다려야 해요. = HARUS menunggu sekitar 10 menit.

6.     작업장에는 먼지가 많으니까 마스크를 써야 해요. = karena di tempat kerja banyak debu, HARUS memakai masker.

7.     사고가 날 수도 있으니까 항상 주의해서 사용해야 합니다. = karena bisa juga terjadi kecelakaan, HARUS selalu berhati-hati menggunakannya

8.     일이 끝난 후에는 반드시 비누로 손을 깨끗하게 씻어야 합니다. = setelah selesai pekerjaan, pastikan (anda) harus mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun.

한국어를 배우기! (Belajar Bahasa Korea)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang