Qing Xuan tidak tahu sejak kapan cerita Awal yang Buruk membawa Akhir yang Buruk populer di kalangan masyarakat desa Shanhu. Bahkan beberapa dari orang pendatang itu mengatakan bahwa cerita itu benar-benar sangat diminati di penjuru dunia akhir-akhir ini.
Tapi bukan itu masalahnya. Yang jadi masalah adalah kisah tragis yang mengerikan itu telah berubah menjadi sebuah cerita yang...... Qing Xuan tidak mampu berkata-kata. Bukankah imaginasi manusia-manusia ini terlalu liar?
Mereka menceritakan Master Angin diculik oleh air hitam, sampai situ masih fakta. Tapi hanya sebatas itu. Tidak terjadi apapun setelah penculikan itu! Qing Xuan dibuang oleh He Xuan. Hanya sebatas itu, oke? Tidak lebih! Tidak ada namanya Qing Xuan menginap di Manor Bawah Air! Itu mimpi buruk baginya.
Jadi darimana mereka mendapatkan imajinasi di luar nalar seperti itu ?! Qing Xuan benar-benar tidak habis pikir. Dia bahkan tidak bisa berpikir sekarang. Wajahnya memerah frustasi melihat drama itu dimainkan dengan penuh penghayatan. Bahkan 'Master Angin' ini dimainkan dengan peran yang sangat centil, sial Qing Xuan benar-benar ingin mencambuk panggung teater sialan ini.
"Dasar sampah."
Qing Xuan menoleh. Menemukan sang komentator cilik yang memberikan tatapan menghina tapi tetap menonton teater itu tanpa berpaling.
"Kau tahu soal kisah itu? " Tanya Qing Xuan.
"Apa? Kisah raja iblis yang menjerat kekasihnya dengan kebencian?" Tanya bocah itu dengan malas.
Qing Xuan memerah antara kesal dan malu saat yang sama. "BUKAN! BUKAN ITU! ITU OMONG KOSONG!"
"Aku tahu itu omong kosong. "
"Oh ya? Bagaimana bisa?"
"Hanya orang bodoh yang berpikir dunia ini penuh dengan cinta. "
"Cih omonganmu seperti kakek-kakek yang sudah ratusan tahun hidup. "
Lalu Qing Xuan merutuki dirinya sendiri karena dialah yang kakek-kakek itu. Dia berdeham. Tidak masalah dia tua yang pasti wajah cantiknya tidak pernah berubah.
"Lalu, bagaimana menurut mu? Bagaimana tentang kisah aslinya?"
Kali ini bocah kecil itu benar-benar berpaling dari teater, menatap fokus ke mata Qing Xuan yang menatapnya dalam diam. "Jika dunia hanya tentang cinta dan benci apakah semua hal bisa menjadi lebih mudah?"
Hanya kesunyian dari bibir Qing Xuan yang menjadi sebuah jawaban untuk pertanyaan Fanhui. Wajah cantik itu berpaling tidak tahan untuk melihat arah yang sama lagi. Gurat wajahnya perlahan berubah dingin, meskipun begitu sorot matanya yang sendu tak dapat ditutupi. Tangannya terkepal bersamaan dengan cincin di jarinya yang bergetar dengan vibrasi sama seperti jantungnya.
Teater menunjukkan kilas balik memori tentang festival The Bloody Social Fire yang sebenarnya adalah kisah He Sheng atau He Xuan sendiri. Tampak karakter Qing Xuan diperankan dengan begitu epik, begitu bodoh dan dungu.
Hari itu, setelah Qing Xuan melihat pertunjukan itu. Dia tahu ada yang salah, sejujurnya dia tidak sebodoh itu.
Karena jauh sebelum pertunjukan itu terjadi di depan matanya, Qing Xuan melihat peristiwa itu secara langsung dengan mata kepalanya sendiri.
Tapi, jika dunia hanya tentang cinta dan benci, bukankah semuanya akan jadi lebih mudah?
Nyatanya, perasaan itu sesuatu rumit yang tidak bisa disederhanakan.
Hari itu Jun Wu memberikan perintah pada Shi Qing Xuan untuk membereskan sebuah urusan di kota Gu, kota kuno di dekat gunung Tonglu.
Meski dikatakan rumor bahwa kota Gu merupakan definisi racun itu sendiri, yang artinya masuk kesana sama saja seperti bunuh diri. Namun dalam kota itu sebenarnya hanya sebidang kota mati dengan sisa-sisa peradaban senjata, obat, mantra, serta racun yang masih jadi misteri itu yang Jun Wu katakan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Master XiShi
FanfictionQing Xuan kembali naik! Xie Lian naik ke pengadilan tinggi surgawi bukan lagi hal yang baru. Tiga alam rasanya sudah muak mendengar berita itu diulang terus jadi biarkan saja dia menetap selamanya di sana tidak perlu dibuang segala jika pada akhirny...