Agenda rapat akhirnya berakhir jam 6 sore. Udah sore banget sih, karna emang bukan cuman tentanh makrab doang yang dibahas. Ada beberapa point penting juga, sama pemilihan struktur baru organisasi baru juga.Karna tadi rasanya bakal lama buat ngumpul, akhirnya Lessa bilang ke pak Lucas buat jemput dia, pun kata pak Lucas, mimi udah nyampe rumah jam 4 tadi. Pulang cepat katanya.
Tapi udah jam 6, hilal nya pak Lucas belum keliatan juga. Akhirnya Lessa mutusin buat ke pos satpam nunggu pak Lucas nya, gedung Fikom sedikit seram kalau udah menjalang malam begini. Teman-teman organisasi Lessa juga perlahan udah banyak yang pulang.
"Assalamualaikum."
"Waalaikumsalam, belum pulang tah, Ssa?"
Lessa duduk samping bu Yanti karna emang satpam di bagian gedung Fikom itu bu Yanti sama pak Bowo. Dan untungnya, Lessa udah deket juga nih sama Bu Yanti dan pak Bowo.
"Belum, bu. Nunggu pak Lucas."
"Oalah, lalai banget ni bapak mu itu."
Bu Yanti emang udah kenal juga tu sama pak Lucas, dan tau juga gimana dekatnya Lessa sama supir yang udah Lessa anggep kek bapak sendiri juga.
"Mungkin macet, Bu."
Bu Yantu mengangguk paham sama alibi Lessa, mungkin iya juga sih.
"Makan tah, Ssa? Ni pak Bowo tadi beli makanan."
"Apa tu, Bu?"
"Katanya teh ini Dimsum. Nggak tau ibu mah. Baru nyoba juga."
"Hmm, gak deh. Essa belum lapar juga."
"Ya, buat ganjal perut atuh. Siapa tau bapak jemputnya lama."
Lessa tetap nolak meskipun Bu Yanti maksa. Emang beberapa hari ini, Lessa kuran minat makan. Apalagi yang di pikirannya banyak benget sekarang.
Lagi asik ngobrol hal-hal random sama Bu Yanti, mobil yang biasa di kendarai sama pak Lucas udah berhenti depan pos satpam.
"Ssa!"
Terlihat di bangku belakang penunpang, Riki ngelambaiin tangan. Lah, kenapa jadi Riki ikut juga. Tapi ngeliat di bangku penumpang sebelah supir ada mimi, Lessa jadi langsung nyamperin. Ternyata mimi datang sama om Jeno.
"Masuk, sayang."
Gak pake lama, akhirnya Lessa masuk dan pamitan sama bu Yanti. Sebelum jalan, Om Jeno juga pamit pake klason ke Bu Yanti.
Pertama masuk, Lessa disambut sama cengiran tengil Riki. Mimi sama om Jeno juga nyapa dengan panggilan sayang. Ngeliat Riki doang nih, sama senyum tengil nya bikin Lessa capek sendiri.
Tapi ngeliat Riki yang udah cakep, Lessa jadi spontan nanya, mau kemana?
"Kok pada cakep? Mau kemana? Aku masih dekil ih."
Karina cuman senyum liat anak gadis nya itu kemisuhan liat Jeno sama Riki yang udah rapi, Lessa gak sadar aja kalau mimi nya juga masih pakai, pakaian kantor.
"Kita pulang sayang. Kamu gak liat, mimi masih pakai baju kantor."
"Terus mau kemana abis itu?"
"Gak ada agenda sih, Ssa. Essa mau pergi jalan-jalan?"
Lessa sebenarnya belum terbiasa di sahutin sama Om Jeno, tapi kalau gak di jawab gak enak juga.
"Gak usah ah, pasti om Jeno sama mimi capek abis pulang kerja. Jalan-jalannya pas weekend aja."
"Ish, si adek gue pengertian banget."
Riki nyeletuk denger Lessa ngomong begitu. Reflek, Lessa noleh ke Riki dan ngasih pandangan seolah 'Lo siapa sih? Lo gak diajak.'
Tapi yang namanya Riki cuman nyengir doang. Sedangkan Jeno sama Karina cuma senyum liat anak-anaknya, terutama Riki yang suka nyari cara supaya bisa interaksi sama Lessa.
***
"Ssa, mimi boleh masuk?"
Selepas pulang, ternyata dirumah udah disiapin makanan untuk hidangan makan malam sama om Jeno dan Riki. Lessa yakin sih, mimi sama Om Jeno lagi berusaha untuk mendekatkan diri sama dia dan pengen juga Riki sama Lessa deket.
"Kamu gak marah kan, sayang, kalau om Jeno sama Riki sering main ke sini?"
Lessa yang lagi siap-siap buat turun untuk makan malam, agak kaget sih disamperin mimi sambil nanya hal begitu. Setelah ngolesin lotion malah ke tubuhnya, Lessa mendekat ke mimi dan duduk di sebelahnya.
"Sejauh ini Lessa belum nemu nilai minus nya om Jeno, tapi kalau Riki banyak banget, mi. Tapi Lessa juga gak mau egois lah, mimi juga berhak bahagia, Lessa terima aja kalau mimi sama om Jeno."
Karina tersenyum dan ngambil tangan anaknya itu. Rasanya terharu karna ternyata Lessa gak semuluk itu untuk nerima Jeno.
"Kata om Jeno, Riki orangnya emang nyebelin, tapi anaknya baik kok. Cuman mungkin anaknya suka bercanda. Kan bagus, jadinya suasana malah rame kalau ada dia."
Lessa cuman ngangguk pasrah aja sih denger omongan mimi, ya, selagi Riki gak kurang ajar, Lessa mah fine-fine aja.
"Tapi mi-"
"Iya sayang?"
"Kalau- nanti mimi punya anak sama om Jeno, mimi gak bakal sisihin aku kayak pipi kan?"
Karina terenyuh denger anaknya ngomong begitu. Emang sih, sejak pisah sama Hessa dan setelahnya Hessa nikah sama gadis bernama Minju, asal Korea, Hessa udah gak begitu banget lagi buat hubungin Lessa, bahkan gak lagi tuh minta Lessa buat mampir main ke kantornya.
"Ya gak mungkin sayang. Lessa akan jadi anak mimi selamanya. Kasih sayang mimi gak akan berubah sama Lessa sampai kapanpun."
Lessa meluk mimi nya itu.
"Makasi ya mimi masih mau ngurus Lessa, padahal diluar sana banyak orang tua yang dendam sama anaknya karna pasangan nya selingkuh. Tapi mimi nggak."
"Sayang, mau pipi kek gimanapun, kamu tetap anak mimi, mimi yang ngandung kamu, lahirin kamu, dan udah tugas mimi besarin kamu sampai sukses. Gak boleh ngomong gitu ah. Mimi gak suka."
Lessa senyum sumir denger omongan mimi nya. Gak tau juga, kenapa Lessa bisa ngomong begitu. Mungkin karna sekarang banyak kasus perceraian yang malah bikin anak-anak broken home seperti Lessa berakhir dijalanan karna kedua orang tua mereka gak mau ngurus mereka.
"Udah yuk, jangan mikir gitu lagi. Kita turun, om Jeno sama Riki pasti udah nunggu."
Lessa akhirnya ikut mimi turun dan di ruang tamu, Om Jeno sama Riki lagi main game. Emang agak beda sih bapak sama anak 1 ini.
"Mas, Riki, ayu makan."
"Yah, papi mah ah."
Jeno kalau sama Riki malah jadi keliatan bestian, itu pandangan Lessa, kek nya om Jeno tu tipe orang tua yang chill sama anaknya. Tapi wajar juga sih, orang dari bayi, om Jeno yang ngurus Riki, gak kek bapak kebanyakan lainnya yang gak deket sama anaknya.
Begitu pun Riki yang keliatan enjoy bercanda sama papa nya. Lessa jadi iri liat Riki bisa dekat dan se chill itu sama bokapnya kayak Echa sama papa Mark. Sedangkan Lessa sama pipi, udah gak dekat lagi sejak Lessa kelas 6 Sd. Kek pipi gak mau aja gitu diganggu sama anaknya. Seolah ada tembok yang misahin hubungan ayah dan anak itu.
"Kok ngelamun? Tetangga gue kemarin abis ngelamun di genteng, pagi nya koit coba."
"Ih, ngagetin lo onta Jepang."
"Heh, di Jepang mana ada onta.""Bodo."
Gimana Lessa gak kaget, tetiba aja Riki udah berdiri di depan dia, mana kek jelangkung lagi.
"Galak banget sih."
Jeno ngeliat ke Karina dengan gestur untuk minta dimaklumi sifat Riki yang satu ini, emang gak bisa dikondisikan ni anaknya 1.
Sedangkan Karina cuman ketawa liat Riki yang suka benget nyari cara supaya Lessa mau berinteraksi sama dia meskipun dibikin kesal. Ada-ada aja, pikirnya.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Annoying step brother
FanfictionSetelah 3 tahun perceraian mimi sama pipi, siapa sangka Lessa malah dikejutkan sama berita mimi nya yang mau punya suami baru, mana duda lagi, punya anak 1 lagi. Awal kenal, Lessa pikir Riki tu kalem apalagi tampang nya dingin banget kek kulkas...