Chapter 1

59 3 0
                                    

Musim dingin di tahun ketujuh belas dari periode Cheng Qian datang sedikit lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Musim dingin barulah terjadi beberapa hari ini setelah Festival Chung Yeung sementara beberapa wilayah yang berada di utara telah menyambut salju tebal pertama mereka untuk musim dingin tahun ini.

***Festival Chung Yeung : Perayaan untuk menghormati para leluhur yang terjadi pada hari kesembilan dari bulan kesembilan kalender China, disebut juga sebagai Festival Sembilan Kembar.

Hari sebelumnya masih sejuk dengan cuaca cerah. Ketika menjelang sore hari ini, cakrawala tiba-tiba diselimuti oleh setambal tabir berombak yang membawa semburat jingga dalam warna abu. Setelah peringatan yang sebentar itu, kepingan salju yang tebal dan banyak kemudian terlalu tidak sabar menunggu lebih lama lagi untuk menyelimuti seluruh dunia.

Hanya membutuhkan waktu satu malam untuk membuat masyarakat Yan Bei dan seluruh wilayah di utara untuk  mengganti jenis pakaian mereka. Dalam sekejap, hal-hal yang tertangkap oleh mata adalah sehelai pakaian berwarna perak dan buntalan putih polos.

Di dalam ruangan sayap yang dinyalakan penghangat dari cacing tanah (bagian dari pengobatan tradisional China), Ren Yaoqi sedang berbaring  dengan mata terpejam di ranjang yang dihangatkan dengan batu bata panas di bawahnya. Selimut yang berada di atas tubuhnya cukup tebal.

Dahi dan lehernya telah basah oleh lapisan peluh dan tetesan keringat.  Pipinya juga menjadi kemerahan karena panas yang berasal dari ranjang batu batanya yang menyala. Napasnya penuh dengan bau menthol/mint.

Terhalang oleh tirai katun tebal di dalam ruangan, dia mendengar suara obrolan pelan dari dua gadis pelayan.

"Salinan motif sulaman bunga ini terlihat sangat bagus. Sepertinya tidak dibuat olehmu. Dari mana asalnya?"

"Ini aku minta dari Kakak Jin Ju yang melayani di sisi Selir Fang. Aku mendengar bahwa ini adalah salinan motif sulaman bunga yang baru-baru ini populer di ibukota wilayah selatan. Bahkan, Kota Yun Yang tidak memilikinya."

"Kakak Jin Ju? Kamu benar-benar bisa mendapatkan sesuatu darinya?"

"He he, aku mengatakan kepadanya bahwa aku menggunakannya untuk membantu Nona Kelima menyulam sepatunya. Mana mungkin dia berani tidak memberikannya?"

"Kamu benar-benar gadis licik. Berhati-hatilah jika Nona Kelima mengetahuinya dan rasakan Selir Fang menyeretmu keluar untuk diusir ke suatu halaman!"

"Bagus, kamu gadis yang mengerikan ini ...... lihat apakah aku akan merobek mulut busukmu ini."

Suara-suara candaan dari dua gadis pelayan yang saling mengejar di sekitar meja itu terhalang oleh tirai. Peralatan minum teh yang ada di atas meja saling bersenggolan hingga terdengar suara dentingan. Suara itu tiba-tiba mereda tetapi hanya sesaat sebelum mereka mengacau dengan berisik lagi. Setidaknya, mereka memiliki beberapa kecemasan terhadap orang yang berada di dalam ruangan dan suara pergerakan mereka menjadi jauh lebih pelan.

Saat itu, suara cacian yang galak dan keras tiba-tiba menyela.

 "Apa yang kalian semua lakukan!" 

Itu adalah suara dari seorang wanita yang berusia lebih tua.

Bagian luar tiba-tiba menjadi terdiam lagi.

"Zhu Momo, kami memohon ampun atas kesalahan kami, pelayan ini ..." 

***Momo : Sebutan untuk pengasuh/pelayan wanita yang lebih tua, biasanya sudah melayani tuannya dari kecil sejak lama.

Kedua gadis pelayan itu dengan cemas menjelaskan diri mereka sendiri.

Scheme of the Official DescendantTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang