Hai, i'm back. Semoga masih ada yang stay di sini💛💫
••••
Suasana dirumah keluarga San Satria selalu sama di tujuh malam, Sadik menyiapkan makan malam dibantu Niky sementara San main game sambil dilihatin Juin. Sadik gak masak, dia cuma manasin makanan yang dikasih Mami Sora, karena sedikitnya Sora sangat paham. Selain sibuk sama pekerjaan, Sadik juga gak bisa masak.
"Kakak mau digorengin sosis gak? Atau mau makan bakso bakar?" Tanya Sadik sambil ngambil frozen food dari dalam lemari es. Alasan Sadik stok frozen food ya karena Juin rewel banget kalo makan, maunya sosis terus.
Niky menggeleng kecil dengan kepala menunduk, seakan-akan dia takut buat natap mata Mamanya. Hal itu bikin Sadik keheranan, karena kebiasaan ini bukan kebiasaan Niky. Sadik terbiasa liat Niky ceria dan selalu bersemangat apalagi dalam hal bantuin Sadik di dapur dan bakso bakar buat makan malam.
"Kak, kenapa?"
"Niky makan yang ada aja Ma, Niky gak mau ngerepotin Mama," Jawabnya dengan suara yang pelan, hampir gak bisa dimengerti Sadik.
Ketika Sadik jongkok dihadapan Niky dan megang dagu sikecil buat ditatap matanya, tiba-tiba tangisan Niky pecah. Tangannya meremat gantungan boneka jerry pajama yang tergantung dicelananya. Sadik memang kekanakan, tapi naluri seorang Ibu di dalam diri Sadik memahami kalo anak perempuannya lagi gak baik-baik aja.
"Gapapa kalo mau nangis . Setelah selesai, boleh gak Mama tau apa yang buat Kakak nangis?"
"Niky minta maaf, Niky bukan anak Mama tapi Niky memilih buat tinggal sama Mama. Niky.... mau jadi anak Mama, Niky harus apa?"
Kalimat Niky yang entah kenapa menyentuh hati Sadik, rasanya sakit liat Niky menangisi hal yang gak seharusnya gak ditangisi anak sekecil ini. Sadik netesin air matanya sambil nyentuh rambut panjang anak perempuannya.
"Kenapa Kakak yakin kalo Kakak bukan anak Mama?" Tanya Sadik dengan tenang.
Awalnya Niky diam sampai kemudian Niky memberanikan diri buat menjawab. "Papa udah kasih tau Niky, bukannya yang kemarin bawa Niky itu Mamanya Niky? Tapi Niky gak mau pergi, Niky memilih ikut Om Jonan pulang. Niky minta maaf, Niky pasti ngerepotin,"
Sadik menjauh dari Niky dan nangis sambil membelakangi Niky, nangis tanpa suara . Entah kenapa sekarang Sadik bener-bener membenci San. Seakan San gak pernah menghargai usaha Sadik selama ini dalam ceritanya membesarkan Niky, dalam ceritanya menjaga perasaan Niky, dalam jalannya membuat rapih segalanya.
"Mamaa Niky minta maaf buat Mama nangis," Sementara tangisan Niky makin parah, tapi Sadik pun gak bisa lagi nahan perasaannya.
Mendengar suara tangisan Niky, San dan Juin datang ke dapur buat lihat keadaan. San makin bingung lagi liat dua-duanya nangis, gak mungkin berantem karena San tau gimana harmonisnya Sadik dan Niky.
"Mama, kok nangis? Dinakalin siapa? Bial Juin cutdawn!" Juin, si bungsu itu belum pernah liat Mamanya nangis begini. Juin tau Mamanya cengeng, tapi nangisnya bukan begini. "Dinakalin Papa? Iya? Juin injek nih," Juin nginjek kaki San sekeras yang dia bisa. "Udah!"
Juin menebak kalo Papanya adalah sumber dari tangisan Mamanya karena sedari tadi Sadik natap San dengan tatapan yang sulit di artikan. Juin meluk Sadik, meskipun tingginya cuma sepaha Sadik. Juin mendongak natap Mamanya. "Mama jangan nangis dong," Tangan Juin terulur ke atas, berniat mau ngusap air mata Mamanya tapi apa daya tangan tak sampai.
"Sayang, ada apa?" Tanya San dengan hati-hati. Bersamaan itu suara bel rumah terdengar, Sadik ngusap air matanya dan lari kecil menuju pintu utama.
Sadik gak pernah mengira kalo tamu yang datang di jam tujuh malam ini adalah Hanan, yang langsung bersujud di kaki Sadik ketika Sadik membuka pintu. Hanan datang sama seorang laki-laki yang Sadik pun gak kenal. Kenapa lagi-lagi Hanan di sini? Harusnya Hanan nerima hukumannya di penjara.