Lobertari, specifically, was called into Ganto's office, where the first sight her eyes laid on was the robot that joined Bantargara, which was already activated according to its manners and programming.
"Berita, saya terima dari Menteri PPNI, yang meminta secara undang-undangan dan izin DPR untuk memasukkan robot untuk semua yang terkait riset dan penelitian di perusahaan dan persoaran negara (In Bahasa Indonesia: Word, I've received that the Minister of PPNI (also known as Perusahaan dan Persoaran Negara Indonesia) has asked both in accordance to the laws and the House of Representative's permission to include robots for any research-related divisions in all the state-owned enterprises)" Ganto informed. "Tahu alasan dipanggil, kamu tidak? (In Bahasa Indonesia: Know why you are called here, are you not?)"
"Secara tulus, saya menerima mempunyai anggota baru di Divisi Penelitian dan Pengembangan (In Bahasa Indonesia: Sincerely, I appreciate having new members in the RnD)" Lobertari said.
"Untuk mendengar itu, saya sungguh bersyukur (In Bahasa Indonesia: To hear that, is why I am grateful)" Ganto said. "Ini mesinnya, dan pembimbingan, itu akan perlukan (In Bahasa Indonesia: It is a machine, and supervision, it will need to adjust itself)" he revealed. "Kita telah setuju bahwa anda cocok untuknya (In Bahasa Indonesia: We've made a decision that you'd be the perfect fit)"
Lobertari was not as willing to do such a task, "H-hah? Pak, kalau boleh saya... (In Bahasa Indonesia: W-what? Sir, if I may...)"
"Jangan pertanyakan kapabilitas robot ini. Secara akal, hanya sekedar kehadiran dan evaluasi, ini sebenarnya itu, hanya untuk memberi tahu Pak Menteri bahwa ini akan kerja di lingkungan kita, itu aja (In Bahasa Indonesia: Don't question the robot's capabilities. In a way, mere attendance and evaluation, it just purely needs, to keep the minister knowing it's working in the environment, nothing more)"
"Tetapi untuk membimbing, kenapa bapak minta saya? (In Bahasa Indonesia: But supervision, why would you request of me?)"
"Lobertari, kandidat paling cocok, kami percaya kamu itu untuk membimbing mesin ini (In Bahasa Indonesia: Lobertari, the most suitable candidate, we believe you are for supervising this machine)"
"Maaf, bapak, saya tak bisa. Untuk menjadi pembimbing hebat, saya tak akan bisa (In Bahasa Indonesia: Sorry, sir, I can't do that. The better supervisor, I can never be)"
"Tidak apa-apa, Ibu Lobertari (In Bahasa Indonesia: It is alright, Miss Lobertari)" the robot greeted her. "Untuk mengikuti laju dan perintah anda, saya akan sudi (In Bahasa Indonesia: To follow your pace and your orders, I will)"
"Tuh kan, dia gak apa-apa kok (In Bahasa Indonesia: See? He doesn't mind)" Ganto said. "Lagipula, kita semua sudah dengar kamu itu oke-oke aja dengan robot 'berkolaborasi' untuk produktifitas kita (In Bahasa Indonesia: Besides, we all heard you were fine with robots 'collaborating' with our productivity)"
"Kamu ya yang membawa bapak untuk ini? (In Bahasa Indonesia: Did you put him up into this?)" Lobertari questioned Kalindi who at the room as well.
"Bu Lobertari, awasi anggapan kamu, kursi dan turus, saya tidak punya di Bantargara (In Bahasa Indonesia: Lobertari, watch your judgement, the table and stake, I am not of Bantargara)" Kalindi reminded. "Ambil aja, bu dan rawatlah robot ini (In Bahasa Indonesia: Just take and babysit this robot)"
"Saya itu ilmuwati, bukan wanita perawat. Untuk melakukan hal tak penting, saya punya waktu (In Bahasa Indonesia: I am a scientist, not a babysitter. To do unnecessary things, I will not spare the time)"
YOU ARE READING
Tales from the Former Universe
Aktuelle LiteraturThe tales and the lives that once filled a former universe of two teenage friends against the world, a new mother conceiving her adolescent orphaned son, a willful space scientist, a petty man of the rebellion, and a typical middle-class couple, to...