"Mau koyo cabe gak?"
"Ada racun tikus aja gak? Udah pening kali pala ku!"
Ryan ketawa di pojokan sambil selimutan.keningnya terpasang plaster penurun panas bayi, tegkuk yang terpasang koyo cabe dan hidung yang tersumbat dua tisu.
"Nggak usah lah kau ketawa Yan,kondisi kau yang paling parah tau kau." Joshua ngedumel sambil nyoret bindernya. Kesel dia sama skripsi yang gak kelar kelar.
Btw Ryan juga sampe meriang karna ngerjain skripsinya. Ngenes deh dia,itu plaster bayi juga yang nempelin si Diko.
Panjul sendiri malah cengar cengir sambil nyebat. Hampir satu kotak dia habisin:)"Kan apa gue bilang,ayo bertahan sampe semester 11." Katanya dengan enteng.
Joshua ngacungkan jari tengahnya sebelum ngambil satu batang rokok Panjul yang sisa beberapa lagi.
"Bisa di penggal aku sama bapak ku."
"Gue harus ngeluh gimana lagi coba. Anjing anjing." Keluh Ryan. Doi rebahan di lantai ruang tengah,matanya ngeliatin langit-langit rumah dan menghela napas pasrah.
Panjul nutup laptopnya,dia bangun buat pindah posisi ikut rebahan di sebelah Ryan. "Jon,sini." Dia nunjuk sisi kanan Ryan yang kosong. Posisi sekarang Ryan yang ada di tengah-tengah kembar iblis ini.
Joshua mutar bolamatanya malas tapi tetap aja tuh ikutan rebahan di sebelah dua temannya.
"Apa lah kerja awak. Duit tinggal mintak,sekolah tinggal sekolah tapi kek paling banyak beban hidup." Joshua ngehembuskan perlahan asap rokoknya.
Panjul dan Ryan ketawa,ngetawain nasib mereka bertiga sebenarnya.
"Tapi kita janji mau lulus bareng." Kata Ryan.
Mereka cuma diam. Joshua sibuk dengan gulungan nikotin yang dia hembuskan. Panjul yang mengotak atik hpnya.
Laki-laki kelahiran Solo itu memejamkan matanya saat alunan lagu dari musisi Ebit G Ade, Untuk kita renungkan. mengalun di ruang tengah yang sepi malam ini.
"Gue rasa udah cukup buat ngeanjing anjingin hidup gue sendiri. Cape doang yang ada. Tidur gak nyeyak,makan gak kerasa enak, kopi lo kerasa pahit,tapi rokok tetep manis di mulut." Julian ketawa,noleh ke Joshua yang ikuta mejamkan matanya.
"Bapak lo gak selamanya salah Jos. Coba lebarin otak lo yang sempit itu."
Joshua ketawa. "Ahahaha anjing lu!"
Kali ini Julian ngeliat gantian Ryan yang lagi ngusap keningnya. "Inget halu gila lo yang mau halalin Nayla."
"Kagak gila anjir! Artinya gue normal." Ryan noyor kepala Julian. "Lo juga harus inget sama ibu bapak lo di kampung Jul. Kalo Bapak lo tau kelakuan lo cuma petentengan doang bisa di lempar arit leher lo."
"Iya juga." Julian terkekeh pelan. "Gue kudu bisa nebus sawah bapak."
"Hanya cambuk kecil yang buat kita sadar." Gumam Joshua mengikuti lirik dari lagu yang beralun.
"Gue artikan itu sebagai cobaan yang harus di jadiin semangat." sahut Julian.
"Keren juga lagu lo."
"Hooh asli. Bosen gue saban hari sunday morning mulu."
Joshua langsung ngejambak rambut Ryan. "Selera lo dj remix mana paham."
"Brengsek! gundul rambut gue anjing!"
Di waktu waktu rawan kayak gini emang bahaya banget buat overtingking. Tapi Panjul udah muak sama begituan. Makanya hidup dia yang paling kelihatan santai kayak orang belum nyicipin beban hidup.
KAMU SEDANG MEMBACA
THE DARSO SQUAD [Seventeen]
Humor"Kalo nanti tiba-tiba anak lu bilang pengen jadi rambutan,gimana tanggapan lu?" "Gak gimana gimana. Paling gue jadiin asinan buah."