2 - Black Vows

2K 44 6
                                    

4 Juni 2024
06.40

Sama seperti kemarin, pagi ini aku harus pergi untuk melaksanakan ujian akhir semester. Ujian ini memakan waktu satu minggu, senin-kamis. Cukup melelahkan, tetapi aku cukup senang menjalani ujian ini. Karena setelah ujian ini, aku lulus! yes! hm, apa ya yang harus aku lakukan untuk merayakan kelulusan nanti? prom party? tidak mungkin. Aku tidak terlalu mengenal teman-teman satu sekolahku. Kami hanya bertemu saat ujian, jadi tidak ada waktu untuk bersosialisasi. Hanya kak atin yang aku kenal di sekolah ini.

Perjalanan hari ini sangat lancar karena kami berangkat lebih pagi dibandingkan kemarin. Kemarin kami berangkat sekiar pukul 06.55, sekarang kami berangkat pukul 06.40. Jadi aku dan mama tidak terlalu panik saat di jalan.

Selang beberapa menit di perjalanan, mama mulai bertanya soal kuliah kepadaku.

"cel, kamu nanti mau kuliah jurusan apa?" mama membuka percakapan sambil menyetir

"masih belom tau ma... ma, aku harus langung kuliah ya? boleh gak kalo aku gap year?" tanyaku

"gap year? kamu yakin? itu artinya kamu bakal ketinggalan 1 tahun sama temen-temenmu loh. tapi kalo kamu mau gap year, ya mama ga ngelarang. banyak juga yang gap year tapi sukses kok, asalkan pake waktu gap year-mu baik baik" jawab mama

Aku masih bingung soal ini. Apa aku harus langsung lanjut kuliah seperti kakakku? atau gap year untuk mencari keinginanku terlebih dahulu? Aaa... pusing. Aku langsung menyalakan lagu di mobil supaya tidak terlalu mencemaskan hal itu. Saat ini, aku perlu fokus ujian terlebih dahulu. Nanti akan kupikirkan setelah ujian. 

Apa aku tanya ke kak atin aja ya? Aku dan kak atin akan bertemu satu sama lain selama 1 minggu ini karena kami satu sesi dan satu kelas. Mungkin aku bisa minta saran kak atin nanti setelah ujian.

***

4 Juni 2024
12.10

"kak" aku memanggil kak atin

"ya?" kak atin menoleh

"kak atin setelah lulus langsung kuliah atau gap year?" tanyaku

"hm... kayaknya aku langsung kuliah deh tin. aku bakal ambil jurusan yang sama kayak kakak-kakak yang lainnya, ilmu komunikasi. kata kak olla, tugasnya jadi gampang karena kita bisa pake nama jeketi buat study case. emang kenapa cel? kamu mau gap year?" jawab kak atin

"ohh, masih belom tau kak" jawabku

Benar juga yang dibilang kak atin. Aku sempat berpikir mengambil teknik, tetapi sepertinya tidak mungkin karena banyak orang bilang teknik itu sibuk. Sepertinya ide bagus mengambil jurusan ilmu komunikasi. Aduh, aku jadi tambah pusing.

***

4 Juni 2024
19.00

"icel! ayo makan!" teriak mama dari lantai bawah

"iya, ma!" balasku

Kamarku berada di lantai dua.  Aku langsung keluar dan makan malam bersama keluargaku. Sudah menjadi tradisi kami, kalau makan malam selalu di meja makan, tidak ada yang boleh makan di tempat lain. Dengan begitu, kami bisa berbagi cerita satu sama lain.

"ini piringnya" mama memberiku sebuah piring kosong

"terima kasih, ma"

Saat makan, papaku banyak bertanya kenapa aku mempertimbangkan diri untuk gap year. Sepertinya mama sudah memberitahu ke papa soal aku yang mempertimbangkan untuk gap year. Papa juga tidak masalah dengan hal itu asalkan aku bisa bertanggung jawab. Aku masih tidak bisa memutuskan hal ini.

Black Vows 48 (21+) [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang