20 (susunan acara)

401 19 0
                                    

Haii reader's jadi kali ini aku mau kasih susunan acara pernikahan Teddy and Natha yang tergolong agak rumit, silahkan dibacaa xixi

Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa×Militer

1. Pasang Tarub (pasang terop/tenda hajatan didepan rumah pengantin dengan diberi hiasan dekorasi yang bagus nan indah agar masyarakat tau jika rumah tersebut sedang mengadakan acara hajatan besar-besaran)

2. Siraman (melalui siraman ini pasangan pengantin akan memperoleh pertolongan dari yang maha kuasa saat acara pernikahan akan digelar)

3. Pengajuan (pengajuan merupakan syarat sah bagi perwira abdi negara saat akan menikah, pengajuan ini tergolong cukup rumit bagi sang pendamping pasalnya ia harus menghafalkan bebepara berkas untuk pengajuan nanti)

4. Midodareni (kedua orang tua memberikan suapan terakhir sebagai lambang Dulangan Pungkasan *suapan terakhir* dan saat itu juga diadakan acara penembusan Kembar Mayang sebagai simbol dari kesejahteraan semesta)

5. Ijab Kabul (ijab kabul menjari suatu sarana yang sah dalam acara pernikahan yang dilanjut dengan Temu Manten)

6. Temu Manten (kedua pengantin dipertemukan dalam acara pernikahan dengan digandeng oleh kedua orang tua mereka dan disusul dengan sarana midak tigan pengantin pria menginjak telur mentah lalu dibersih kan oleh sang pengantin perempuan dengan air bunga, gantalan sirih *gulungan daun sirih* yang dilempar oleh kedua pengantin)

7. Pedang Pora (ini merupakan acara kebanggaan bagi seorang abdi negara, acara tersebut hanya digelar 1kali dalam 1kali pernikahan, jika sang laki² menikah lagi pedang pora sudah tidak ditampilkan, acara ini dipandu oleh sang komandan dan kedua pengantin harus melewati rentangan pedang yang panjang nantajam tersebut untuk menuju ke pelaminan)

8. Bobot Timbang (kedua pengantin menduduki paha ayah mertua wanita sebagai tanda ayah mempelai telah menerimanya dengan baik)

9. Nanem Jero (ayah pengantin menekan baju kedua mempelai untuk didudukan ke kursi pelaminan sebagai tanda jika pernikahan bukan permainan melainkan acara suci nan sakral)

10. Kacar-Kucur (pengantin pria memberikan penghasilan (kaya) kepada istrinya berupa kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, beras kuning, dan logam)

11. Dulangan (kedua mempelai saling menyuapi satu sama lain sebagai tanda jika pernikahan ini dipimpin oleh sang suami atas tanggung jawab dan perhatiannya)

12. Sungkeman (sungkeman memiliki simbol sebagai ungkapan Dharma Bhakti kepada kedua orang tua *keris yang terletak di belakang punggung pengantin pria wajib dilepaskan*)

13. Ngunduh Mantu (sama seperti temu manten bedanya kali ini mempelai wanita harus datang kerumah pengantin pria lalu bersungkem kepada kedua orang tua mempelai pria *harus make up atau dirias dulu pengantin maupun besannya ya* lalu sang pengantin dijemput oleh kedua orang tua pengantin pria sebagai tanda hormat pada besan)

wahh banyak juga yaa acaranya, bisa encok nih badan Natha hehe, sedikit pemberitahuan acara pernikahan Natha dan Teddy digelar dalam 2 atau 3 hari an yaa, terus untuk tanggal menyusul okeii.

ditunggu yaa part selanjtnya bakal gimana, so stay tuned terus yaaa di cerita "Nikah Sama Abdi Negara Ngeselin".

Happy reading and love you all.

tertanda.

athaya_zane

A Major Falls in Love With You 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang