Intro

5.1K 226 38
                                    

Halo.

Kayaknya udah lama banget aku nggak kabar-kabari lewat Wattpad. Sebenarnya, informasi yang ada di work ini udah aku share sejak tahun lalu sih. Tapi karena nggak semua pembaca yang tau (atau nungguin) Noceur follow akun Instagram-ku, selalu ada pertanyaan soal ini hampir setiap hari. Jadi, biar efektif dan jelas, aku bikinin work tersendiri di sini ya.

Untuk cerita ini, awalnya memang aku posting di Wattpad. Buku pertama judulnya LIGHTS dan sempat terbit di tahun 2019. Rencananya ada tiga buku. Tadinya, lanjutannya (buku kedua) bakal dikasih judul OSIRIS, tapi akhirnya aku berubah pikiran.

Sepanjang Februari 2023 sampai Mei 2024 ini, aku sudah menamatkan Noceur ke dalam tiga buku; LIGHTS VERSI 2023 (buku pertama), RÉVE (buku kedua), dan SAMSARA (buku ketiga). Versi digital lengkapnya tersedia di karyakarsa.com/renitanozaria. Untuk versi cetaknya, diterbitkan secara indie/self-publish dan pre-order buku pertama (LIGHTS VERSI 2023) pertama kali dibuka bulan Agustus 2023 kemarin.

Supaya lebih jelas, di bawah aku jabarkan beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan ya.

Q – Kenapa ada perubahan, dan kenapa baru sekarang?

A – Karena aku pribadi merasa kalau naskah yang diterbitkan di tahun 2019 itu belum cukup baik dan ada terlalu banyak pemotongan bagian di versi novel yang membuat pembawaan cerita kurang maksimal. Sebagai perbandingan, ketebalan halaman novel terbitan 2023 hampir dua kali lipat dari ketebalan halaman novel terbitan 2019. 

Selain itu, adanya kontrak lima tahun dengan penerbit bikin aku nggak bebas menentukan arah kreatif dari cerita ini. Jadi, aku menunggu dulu sampai kontraknya habis dan hak penerbitan naskah kembali lagi ke aku. Untuk kontraknya sendiri habis di tanggal 14 Februari 2023 kemarin. 

Jadi, kelanjutan cerita akan mengikuti versi 2023 dan versi lama tidak akan dilanjutkan. 

Q – Apa bedanya LIGHTS versi 2023 dengan novel yang dulu pernah terbit di tahun 2019?

A – Secara garis besar cerita, sebenarnya masih sama. Tapi ada perubahan detail, perubahan rangkaian adegan, perubahaan penceritaan dan perubahan-perubahan lainnya sebagai pengantar menuju cerita di buku kedua.

Q – Kalau sudah baca novel atau Wattpad yang dulu, nyambung nggak sekiranya langsung baca ke buku kedua (RÉVE)?

A – Kayaknya agak kurang nyambung, karena ada penambahan plot dan detail di LIGHTS yang terbaru.

Q – Cerita yang terbaru bakal diposting di Wattpad nggak?

A – Untuk lima chapter pertama buku pertama, buku kedua dan buku ketiga (buku terakhir) bisa dibaca gratis dan sudah di-share di work ini (cek chapter-chapter selanjutnya setelah ini). Tapi keseluruhan chapter lengkapnya bisa dibaca secara digital di karyakarsa.com/renitanozaria.

CARA MENGAKSES VERSI DIGITAL NCR DI KARYAKARSA:

1. Buka karyakarsa.com/renitanozaria

com/renitanozaria

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
NOCEUR: A TRILOGY ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang