A.L.S.F.A.G.W.F.I.L.T.E : Chapter 1

51 6 2
                                    

Arsen Sjahlendra

"Lagi?"

Gue menghela nafas setelah menerima surat pernyataan cinta untuk yang kesekian kalinya. Bukannya mau sombong, tapi kalo gue itung-itung dari awal tingkat dua sampe tiga sekarang, confession yang dateng ke gue terus meningkat. Syukurnya, gak ada yang terang-terangan buat nembak ke gue secara langsung karena gue bakal bingung banget nolaknya.

Kebanyakan dari isi surat "cinta" yang gue terima juga isinya cuma pernyataan kalo mereka suka sama gue, gue ganteng, gue pinter, bisa gue bilang cuma kekaguman aja. Mereka gak mengharapkan balasan apapun dari gue yang bikin gue tambah ngerasa bersalah buat gak bales surat-surat cinta yang tulus itu. Kecuali satu surat yang amplopnya warna biru, pake perangko gambar cupid yang cukup menarik perhatian gue.

"Rik, menurut lo kenapa orang bisa nembak segampang itu ya?"

Erik Binaga, salah satu temen gue di tingkat tiga yang punya gelar International Playboy itu mengernyitkan dahinya seolah bingung sama pertanyaan gue.

"Lo ganteng, lo banyak duit, lo pinter, emang ada cewek yang gak suka tipe begitu?"

"Bukannya kalo beneran suka sama orang, bakal lo simpen perasaannya buat nikah nanti. Makanya, gue gak ngerti kenapa orang-orang pada milih pacaran cuma buat putus ujung-ujungnya."

"Cara pandang lo yang lurus itu gak bakal cocok dipraktekin di dunia yang kejam ini tahu, gak."

"..."

"Gini deh, yang namanya pacaran pasti buat dapet timbal balik dong. Entah buat dapetin keuntungan pribadi kek biar bisa punya temen nonton atau temen makan bareng from your so called ayang/beb, atau sekedar menuhin hasrat emosional aja biar gak kesepian, kalo ada cewek cantik yang nyemangatin kan bisa happy dikit lah ya. Soal perasaan yang lo sebut-sebut sebagai cinta tuh cuma pemanis yang wujudnya aja gak jelas ada apa enggak. Endingnya, kaya yang lo bilang barusan, pacaran cuma buat putus ujung-ujungnya."

"Ngapain lo curhat soal kehidupan percintaan lo?"

"HEH!!!"

Si Erik lagi sensitif, gue tebak pasti dia baru putus sama pacarnya yang kesekian. Lagian, bukan urusan gue ngurusin hidup orang lain.

Gue yang masih memegang amplop biru itu ditangan, langsung memasukkannya ke dalam tas. Surat biru itu udah gue terima sejak gue ada di tingkat dua. Diliat dari luar, gak ada yang beda sama surat-surat yang lain. Tapi isinya yang paling menarik perhatian gue. Disaat yang lain lebih banyak ngirim confession yang terang-terangan pake inisial nama mereka, orang dibalik surat ini pake nama samaran Candy dan isinya puisi-puisi dari penulis terkenal kaya Shakespeare, Dante, sampe Khalil Ghibran dan Sapardi Djoko Damono. Gak lupa si Candy ini selalu nyelipin satu bunga kertas berbeda ditiap suratnya.

Jujur, gue gak pernah sedikitpun tertarik sama puisi sebelumnya. Oke, mereka rangkaian kata-kata indah dan sampe situ aja batas kekaguman gue sama karya sastra yang penuh makna itu. Tapi, semenjak Candy ngirim surat yang isinya puisi-puisi ini, tanpa sadar gue jadi memperhatikan kira-kira puisi apa lagi yang bakal dia kirim. Lama kelamaan, gue jadi tertarik buat baca-baca tulisan sastra. Begitulah cara Candy menjerumuskan gue sama puisi-puisi yang dia kirim.

Jangan salah paham kalo puisinya cuma sebates soal cinta aja, karna puisi-puisi yang dia kirim tema-temanya beragam. Itu lah kenapa gue mengumpulkan surat biru itu sampe sekarang. Siapapun Candy, jujur gue penasaran kenapa dia ngirimin puisi, apa maksud dibaliknya, kalo dia salah satu penggemar gue, gue pengen bilang terima kasih langsung. Tapi, meskipun gue udah kepo banget, gue gak ada niatan buat nyari tahu siapa orang dibalik nama Candy ini. Atau emang belum(?).

_____♡♡♡♥︎♡♡♡_____


Naya Dinata

Muka gue jerawatan. Sakit banget.

Katanya, masa pubertas itu hormon remaja lagi pada naik turun, jadi wajar kalo jerawatan. Tapi ini sakit banget mau nangis. Mana perih, nyut-nyutan, gatel, tapi gue tempelin acne patch biar ini tangan gak sembarangan asal garuk dan memperparah keadaan. Jujur, gue iri sama mereka yang bisa melewati masa pubertas ini dengan aman-aman aja tanpa perlu berurusan sama yang namanya jerawat.

"Sini coba mama liat."

Gue mendekatkan wajah gue biar diperiksa sama mama, well... mama Dermatologist. Beliau cantik, wajahnya mulus licin banget, tapi anaknya malah geradakan gini.

"Gak terlalu parah kok ini, kalo masih gatel nanti mama kasih salep. Cuci muka pake sabun cuci muka yang mama kasih, itu gak bakal bikin kulit kamu iritasi."

Mama single-parent, dan gue anak satu-satunya yang ikut sama mama setelah mama sama papa cerai. Mereka cerai udah lama pas gue masih SMP, sementara papa udah nikah lagi dan hidup sama keluarga barunya. Hubungan mama sama papa emang kurang baik, tapi gue sama papa masih cukup sering komunikasi. Kalo gak sibuk, papa juga nyempetin buat kita jalan berdua, kadang main, nonton, atau makan. Setiap gue sama papa ketemu, papa gak pernah nanya mama gimana. Yang papa selalu tanyain gue kabarnya gimana, sekolahnya gimana, kalo ada kesulitan kasih tahu papa nanti papa yang urus.

Kesimpulannya, hubungan gue sama papa cukup baik meskipun mama sama papa udah cerai. Sama kaya papa, tiap gue pulang abis jalan sama papa, mama juga gak pernah nanya papa gimana, mama cuma nanya gimana mainnya seru apa enggak, gue jajan apa aja, nonton apa aja. Semuanya soal gue, agak pahit nerima kenyataan kalo mereka udah masing-masing dan gak peduli satu sama lain lagi. Tapi sekarang, gue udah SMA dan gue udah mulai bisa ngerti dan menerima.

"Perangko cupidnya udah mau abis, keknya gue harus order online lagi."

Saat tangan gue masih berkutat nyari perangko gambar cupid di dalem kotak, pintu kamar gue dibuka sama mama yang dateng bawa salep sama acne patch bentuk permen.

"Udah cuci muka?"

"Udah ma."

Gue memejamkan mata sambil ngerasain sentuhan tangan mama yang lembut pas ngolesin salep ke jerawat gue yang menyebalkan itu.

"Nulis surat lagi?"

"Iya."

"Anak jaman sekarang udah punya hape kenapa masih pake surat-suratan, kalo jaman mama dulu wajar."

"Gak bisa ma, selain ranah privasi, kalo orang yang bersangkutan risih terus aku diblok gimana? Lagian, jaman sekarang nulis surat itu lebih romantis dan keliatan lebih sincere soalnya ditulis pake tangan langsung hehe."

"Kamu ini..."

"Dia fansnya banyak ma di sekolah, yang suka sama dia gak cuma aku. Kira-kira aku bakal dapet kesempatan, gak?"

"Ekspektasi kamu kedepan apa?"

"Hmm...?"

"Mau jadi pacarnya? Istrinya? Kalo dia lulus duluan, hubungan kalian mau digimanain? Suka sama orang boleh nak, mendem perasaan karna gak berani nembak juga hal yang normal. Yang gak boleh itu punya ekspektasi tinggi, kalo dia harus sesuai sama apa yang kamu mau. Itu gak boleh, kecuali kamu udah siap patah hati. Jadi... ekspektasi kamu, mengarahnya kemana?"

Bener juga, suka sama orang itu wajar tapi juga gak ada jaminan. Masalahnya, apa gue udah siap patah hati karna berani suka sama orang?

SCHOOL OF WISH [SERIES]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang