Denis Raditya
Dulu, waktu kecil gue sering bertanya-tanya. Kenapa gue lahir di keluarga yang punya kemampuan ekonomi pas-pasan. Gue anak tunggal, tapi bukan anak tunggal kaya raya yang selalu cewek-cewek idamkan itu. Orangtua gue cuma penjahit rumahan biasa yang pendapatannya gak seberapa, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan primer keluarga kita.
Kalo gue kaya dan mampu, gue bisa ikut banyak les buat mendukung bakat-bakat yang gue punya, atau menunjang bakat yang gak gue punya sama sekali. Bisa beli buku-buku favorit gue tanpa perlu cape-cape nabung lama, bisa ke luar negeri ke tempat-tempat yang pengen gue kunjungi. Pokoknya, ada banyak hal yang pengen gue coba kalo gue punya financial privilege.
Gue suka nyanyi dari kecil, makanya gue pengen les nyanyi biar dapet bimbingan vokal yang lebih baik, gue suka dance dan main alat musik. Kalo gue lahir di keluarga yang mampu buat menunjang semua kebutuhan gue, gue pengen pake privilege itu buat les tari sama les musik klasik. Gak cuma disitu, gue juga pengen les banyak bahasa, pengen ikut les bimbingan belajar terbaik buat ningkatin kemampuan akademis gue dan les-les lainnya yang pengen gue coba tanpa harus pusing-pusing mikirin biaya les.
Waktu kelas 5 SD, gue pernah nangis sambil teriak sama orangtua gue:
Kenapa kita miskin?!
Gara-gara gue iri liat temen-temen kelas gue yang ikut bimbingan belajar pribadi sama guru, mereka juga dapet buku bimbingan belajar yang isinya kisi-kisi sama rumus-rumus matematika buat persiapan ujian akhir buat kelas 6 nanti. Orangtua gue nangis pas denger gue teriak sama mereka, waktu itu cuma satu kata yang mereka ucapkan buat nenangin gue yang lagi marah sama keadaan.
Maaf.
Dan itu adalah kali pertama dan terakhir gue marah sama orangtua gue, karna abis kejadian itu gue langsung menyesal bahkan rasa penyesalan ini terus ada sampe sekarang. Karna setelah kejadian gue yang marah itu, orangtua gue mati-matian kerja buat ngumpulin uang les biar gue bisa ikut bimbingan belajar pribadi. Sayangnya, bokap terlalu memforsir dirinya buat memenuhi keinginan gue dan berakhir sakit. Uang yang seharusnya dipake buat kebutuhan prioritas utama beli obat buat papa yang lagi sakit malah dipake buat biaya les gue.
Gue akhirnya dapet apa yang gue mau, tapi gue gak bahagia sama sekali.
Gue masih inget waktu bokap terbaring sakit di tempat tidur. Bokap bilang kalo dia gak pernah nyesel sedikit pun buat bantu gue berkembang, dia malah bangga sama gue yang punya keinginan kuat buat belajar ditengah-tengah krisis ekonomi keluarga kita yang gak terlalu baik. Sampai bokap meninggal pun, bokap cuma bisa minta maaf karna gak bisa maksimal sama perannya buat ngasih gue sama nyokap yang terbaik.
Seolah penderitaan gue gak cukup, setelah bokap meninggal. Waktu itu hari kelulusan gue di sekolah dasar, gue menemukan fakta yang gak seharusnya gue dengar di umur gue yang baru segitu. Bimbingan belajar pribadi yang selama ini gue ikuti, gak lebih dari penipuan berkedok akademis. Guru yang jadi tutor gue buat bimbingan belajar, ternyata dapet sogokan dari orangtua murid yang satu les bimbingan juga sama beliau, minta buat anaknya yang peringkat dua bisa dapet peringkat pertama. Dia tahu kalo seharusnya gue yang dapet peringkat pertama saat itu.
Waktu itu gue masih terlalu kecil dan naif, kalo sosok guru yang baik itu gak bakal berlaku curang. Tapi sekali lagi, gue salah. Gue yang masih kecil itu terlalu meremehkan financial privilege. Cuma dengan satu kata bernama uang, lo bisa mewujudkan apapun yang lo mau tapi disisi lain... lo juga bisa tahu orang seperti apa yang ada di deket lo itu.
"Dit, nanti sore lo gak bisa dateng?"
"Sorry bang."
Bang Arif, pemilik kafe bernama Wish♡ tempat gue part time dari tiga tahun yang lalu. Sebagai part-timer yang udah lama kerja disana, gue udah nyobain banyak kerjaan mulai jadi waiters, cashier, sampe kitchen helper, tapi kerjaan utama gue adalah nongkrong. Yup, nongkrong jadi gitaris sama pianis tiap jumat malem sama sabtu malem. Awalnya, gue nawarin buat nyanyi tapi bang Arif bilang udah ada penyanyi utama cewek disitu. Dan berakhir gue dengan kerjaan gue yang sekarang.
"Lo jangan nyuruh si ganteng buat dateng terus, Rif. Anak gue harus belajar buat masuk sekolah mana, Dit?"
"SMA Granita mbak."
"Nah, iya. SMA Granita. Sekolah favorit."
Gue cuma ketawa kecil nanggepin mbak Eva yang kelewat excited, dia istrinya bang Arif. Iya, kafe ini dijalanin sama pasangan suami istri JANDA (Jawa-Sunda). Bang Arif orang asli keturunan suku sunda, mbak Eva asli keturunan suku jawa. Anehnya, gak ada satupun dari mereka yang punya logat sunda ataupun jawa.
Bang Arif sama mbak Eva adalah orang baik yang mau nampung bocil SMP kaya gue buat kerja disana. Awalnya mereka nolak, dengan alasan gak nerima pekerja dibawah umur. Tapi setelah gue negosiasi, akhirnya mereka mengiyakan dengan berbagai macam syarat kaya gak boleh pulang kerja telat, kalo gue sakit harus bilang, gak boleh kerja yang berat-berat dll.
Ketemu sama mereka adalah salah satu hal yang paling gue syukuri di hidup gue.
Makin lama kerja disana, mereka udah anggep gue kaya anak mereka sendiri. Karna yang gue tahu, mereka gak bisa punya anak karna kecelakaan yang pernah menimpa mbak Eva dulu. Kadang, mereka juga nyediain gue ruang belajar di lantai tiga kafe yang jadi rumah rumah mereka, kalo gue lagi gak bisa belajar dirumah. Rumah gue sering berisik karna banyak mesin jahit, nyokap kalo lagi punya kerjaan banyak suka nyuruh gue kesini biar lebih kondusif aja belajarnya. Nyokap juga awalnya gak izinin gue kerja, tapi sekali lagi gue bisa yakinin nyokap kalo ini semua murni keinginan gue.
"Makasih mbak, bang."
"Gak usah makasih-makasih. Kita seneng kok bisa bantu. Lo anaknya pinter Dit, baik, ganteng lagi. Gak usah takut, lo pasti bisa dapet beasiswa buat masuk Granita."
Dari kecil sampe mau masuk SMA, ada banyak pelajaran berharga yang bisa gue ambil dari pengalaman hidup gue dalam beberapa tahun terakhir. Gue emang gak punya financial privilege, tapi gue punya yang lain yang bisa gue pake buat dapetin apa yang gue mau. Gue lahir as a gifted-child yang cepet paham kalo belajar, memori gue cukup bagus dan tajam, above all gue punya orangtua yang sayang sama gue, gue punya mbak Eva sama bang Arif yang mendukung gue, gue juga punya temen baik yang ngajarin gue kalo gue lebih dari mampu buat ngatasin masalah yang gue punya karna buktinya gue udah bertahan sampe sejauh ini. Berkat mereka, gue jadi tahu kalo Tuhan itu Maha Adil.
KAMU SEDANG MEMBACA
SCHOOL OF WISH [SERIES]
FanfictionPerjalanan enam anak SMA yang lagi menghadapi carut marut kehidupan remaja, cita-cita, dan belum siap jadi dewasa. "Makasih udah suka sama gue, tapi kita masih SMA. Gue belum bisa kasih lo prioritas pertama selain belajar." "Tugas kelompok tuh ngese...