School of Wish : Chapter 1

54 8 0
                                    

Arsen Sjahlendra

Pertama kali kenal Yasa kita pernah satu tempat les bimbingan belajar pas kelas tiga SMP. Waktu itu...

"Dia kok diem aja ya?"

Anak-anak les saat itu lagi ngomongin Yasa yang dari awal masuk cuma duduk dipojokan gak ngapa-ngapain, gak pernah berinteraksi juga sama yang lain. Anime male lead material banget lah si Yasa ini. Awalnya, gue gak peduli, lagian itu anak juga gak ganggu kegiatan belajar, mungkin dia emang gak suka berbaur aja(?), gitu pikir gue.

Dua jam setelah selesai les, gue segera bergegas buat cepet pulang. Sampai ditengah perjalanan, gue tarik lagi omongan gue yang gak peduli sama Yasa. Yoi, gue liat dia lagi disergap sama tiga orang yang gue yakin banget mereka anak SMA.

"Anjir..."

Sisi kemanusiaan gue langsung bergerak dong buat nolongin tuh anak, takut berantem. Baru aja gue mau nyamperin, dia langsung merogoh sakunya dan ngasih sesuatu ke tiga orang anak SMA itu. Baru abis itu mereka pergi tanpa ada drama perkelahian yang udah gue bayangin tadi.

"Kenapa lo kasih?"

"Apa?"

"Itu duit jajan lo, kan?"

Dia cuma ketawa kecil, sambil ngambil tasnya yang sempet dia jatuhin tadi. Abis itu dia langsung pergi gitu aja, gak jawab pertanyaan gue. Baru lah di hari les berikutnya, di waktu dan tempat yang sama gue tahu jawabannya.

"Rena masih gak mau makan selain wet-food. Beliin itu aja dulu. Kalo masih sakit langsung kabarin gue. Nanti gue sendiri yang bawa Rena ke vet."

"Oke, makasih. Yas lo boleh banget kalo mau mampir ke shelter. Udah lama juga kan gak kesana."

"Gak gak, lo kira Yasa sama kek kita? Dia mau masuk Granita coy yang bener aja lo."

"Iya sih, tapi masuk Granita bukan berarti tiap hari lo belajar, les ini itu mati-matian dan gak bisa bebas main kali."

"Gue bisa masuk SMA 3 Negeri aja udah sujud syukur. Kalo ditawarin masuk tanpa tes ke SMA Granita, gue mau sih. Peluang masdep gue kalo sekolah disana lebih banyak. Oh iya, Yas... itu orang yang kemaren ngeliatin lo kan? Mau ngapain?"

Dari kejadian itu lah, gue baru tahu kalo Yasa itu cat-lovers. Dia bantuin anak-anak SMA ini ngerawat shelter dari ngasih bantuan makanan, kebutuhan kucing yang lain sampe check-up kalo ada yang sakit. Yasa sendiri punya kucing di rumah, tapi karna gak mungkin buat dia ngerawat semua kucing dirumahnya. Yasa gabung sama para cat-lovers lainnya buat bikin shelter khusus kucing-kucing liar.

Kebetulan saat itu, gue juga mau masuk SMA Granita. Makin banyaklah obrolan gue sama Yasa dari hari ke hari selama ikut les. Satu hal yang gue baru sadar setelah kita udah lumayan deket, Yasanatria Halim ini anak yang lebih dewasa pemikirinnya dari yang gue kira. Kalo mau temenan sama nih anak kalian harus deketin dia duluan karena dia gak se-ansos itu buat diajak berinteraksi. Cuma gak bisa gue tapik, cangkang luarnya ini emang gak approchable-friendly bgt. Makanya orang-orang males buat mendekat, aslinya mah... gak seburuk itu(?).


♡♡♡♡♡♡




Yasanatria Halim

Semenjak kelas tiga, jadwal gue sebagai murid menengah pertama jadi lebih padat karna gue harus masuk SMA Granita. Buat masuk kesana, gue harus bisa lulus tes, buat bisa lulus tes, orangtua gue nawarin gue buat ikut bimbingan belajar khusus persiapan ujian masuk Granita.

Apakah gue keliatan kek anak ambis? Enggak, gue sama sekali bukan anak ambis yang bakal mati-matian buat ngejar peringkat tinggi dan masuk sekolah terbaik, gue cuma ngelakuin apa yang gue bisa aja. Apakah orangtua gue yang ambis? Enggak juga, mereka gak pernah maksain apapun sama gue termasuk dimana gue harus sekolah dan gimana gue harus berperilaku layaknya straight A student yang nilai raportnya WAJIB A+++. Mereka pengen yang terbaik? Tentu, gue baru tahu ini pas gue duduk di tingkat dua SMA.

Waktu itu, sebelum masuk SMA 6 Granita dan kenal sama Arsen. Orangtua gue nanya gue mau masuk SMA mana, jujur aja gue masih gak tahu apapun saat itu. Buat gue yang penting lanjut sekolah, dimana pun sama aja. Akhirnya orangtua gue nawarin buat masuk Granita, yang langsung gue terima tanpa ba bi bu lagi. SMA Granita emang termasuk salah satu sekolah terbaik, bagus tapi bukan yang NO.1 karena di atas langit masih ada langit. Singkatnya, mereka nawarin gue buat masuk SMA Granita karena gue belum kepikiran buat lanjut sekolah dimana waktu itu.

"Sen, bentar lagi kelas tiga. Abis ini lo mau masuk kampus mana?"

"Rencana udah ada sih, tapi belum yakin. Nanti gue pikirin lagi abis ujian semester selesai. Kenapa? Mau bareng gue lagi?"

Bahas masalah lanjut sekolah gini, ngingetin gue sama momen awal kita mulai deket pas masih satu les kelas 3 SMP. Arsen udah kaya kakak buat gue, dia lebih tahu caranya bersikap, pola pikirnya lebih mateng, bahkan dia dulu yang nawarin buat jadi temen gue disaat orang lain gak ada yang mau temenan sama gue. Entah masalahnya apa, apakah gue keliatan kaya om-om kriminal makanya orang-orang gak mau deket? Tapi gue juga gak terlalu peduli sih.

"Cuma nanya aja. Bokap sama nyokap kemaren nanyain gue soal ini, cuma gue belum ngasih jawabannya. Emang perlu banget mikirin mau masuk kampus mana padahal kita aja baru di tingkat dua(?)."

"Enggak juga sih. Tapi keknya nyokap sama bokap lo nanya biar lo nanti lebih santai aja milihnya. Kalo baru milih pas udah kelas tiga nanti, sebenernya bisa aja. Cuma pasti bakal keburu mepet dan repot banget soalnya tingkat 3 juga sibuk buat ujian semester. Bayangin lo udah sesibuk itu dan masih belum kepikiran mau kuliah dimana, jurusan yang lo pengen apa di detik-detik akhir mau ujian masuk universitas? Ribet banget pasti ngurusin persiapan ujian masuknya."

"Masuk akal sih. Gue belum ada kepikiran mau ke universitas mana tapi jurusan yang gue mau udah ada. Cuma, gue juga masih belum yakin sama pilihan gue."

"Kalo udah ada tapi masih belum yakin tinggal ke psikolog ikut tes minat bakat. Siapa tahu abis tes lo jadi lebih yakin."

Udah gue duga, Arsen Sjahlendra ini cocok jadi leader. Gue selalu dapet insight kalo ngomong sama dia.


SCHOOL OF WISH [SERIES]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang