sepaginyaa tepat waktu yang ling tepatkan mereka sudah dirumah pakdhe roso untuk menanyakan kesehatan raka, budhe harti yang sedang memasak untuk sarapn di dapur menyuruh untuk duduk terlebih dahulu dan menunggu sarapan yang tengah dibuat.
"buk, niki wonten raka"
"ohh iyaa pak dela yoo durung rampung masak e"
"mlebu sek mayuh rakk"
"iyaa pakdhe, ayo mas"mereka pun dipersilahkan masuk selayaknya tamu, sembari menunggu budhe harti, ling menceritakan apa yang terjadi dengan raka...
"jadii pakdhe raka ki yo hoek hoek ngono loh pakdhe, aku sama guntur yo mikirke raka meteng tapi yo ga mungkin kan wong raka yo lanang ngene'o"
"iyoo pakdhe guntur yo melu mengen ngene"
"hmm pakdhe yo bingung budhe harti sing ngerti'o wong pakdhe ora sengerti budhe harti"***
seselesainya harti memasak ia pun menuju keruang tamu untuk menemui raka dan teman temannya dan membawakan minuman teh dan roti kering untuk dijamu
"ehh raka wes gede yoo sue'o ra menangi koen cah baguss guantengg tenan og"
"hehe iyaa budhe"
"kii baturmu og? ganteng ganteng ngono, raka iso yoo milih batir sing gagah ngene"ppfffttt
guntur dan ling hanya tertawa menahan salting setelah mendengar omongan yang membuat hati mereka senang
"jadii gimana le kedataganmu kesini?"
"jadii gini budhe" dan ling lagi yang mulai menjelaskan kejadian yang menimpa raka "raka ngene kyo wong mriyang tapi muntah e air putih sitik tok budhe, terus ben minggu go weteng e buncit gede budhe aku sama gubtur mikir e yo hamill tpi masa mungkin iso hamil wong raka yo kan lanang"dan harti pun memikirkan hal yang sama dengan guntur dan ling yang melintas hanya "apa benar raka hamil?" harti pun menyuruh raka membaringkan badannya di kamar harti untuk menindak lanjuti pemerikasaan yang harti lakukan
"cahh bagusss ayo ke kamar e budhe sek yo budhe mau meriksa kamu"
"iyaa budhe"
"sebentar yaa mass kalian ngente'i ngene sek yo"
"iyoo rakk"harti pun membawa raka kekamarnya untuk memeriksa namun apa? harti pun merasakan aura yang kuat dari tubuh raka dan mendorongnya kepental tk jauh dari raka kalian tau aura dari siapa? yapp aura dari mbah slamet yang menjaga janin yang berada ditubuh raka.
harti pun menanyakan apa yang sebelumnya ia makan atau minum sampai menbuat raka "hamil"
"dek raka sebelum e minum opo yo? atau makan opo kok iso dadi ngene?"
"budhee sebenr e yo raka minum ramuan sing iso gawe wong meteng, jare nenek yeni sing gawe iso wong meteng kan ramuan sekang pohon beringin, trus raka mbok lahir e diwulan weton tulang wengi dadi iso ndelok bahan bahan seng langka, seng ga iso nampak e wong lio"
"tapi yo rakk iki yo taruhan e kamu sing meteng rakk aduhh budhe dadi bingung, saiki budhe takon, sapa sing hamilin kamu?"dengan rasa yang berdebar debar rasa takut yng menghantui dan panik raka menjawab dengan nada yang terpatah patah menyebut nama "raden pratama sanjaya guntur dan aksa kaesang lingga bhagawanta"
"emmm a-annuu budhe mas ling sama mas guntur"
sreggg
seketika batin harti selaku budhenya langsung shok mendengar jawaban dari raka cucu-nya.
"gustii paringake kuatt atii" harti seketika mengepal tangannya memeluk dadanya sendiri dengan nafas yang terengah engah mendengar jawaban dari cucunya...
"maaff'e raka budhe, raka gatau kalau sampe koyo ngene budhe"
"husss gapopo budhe reti pasti yo gara gara faktor keluarga ngono, gapopo wes nnti budhe yang ngomong sama nenek yeni yaa kamu sekarang tinggal disini aja biar ndak jadi perdebatan warga"
KAMU SEDANG MEMBACA
Cah Desa (BxB lokal)
Teen Fictionsesuatu mitos dan kehidupan desa -bagi yang gasuka gaush dibaca berisikan BL