Srikandi telah menerima takdirnya saat ia duduk di mandap, dengan Yudhisthira di sisinya. Sang Pandit terus membacakan syloka, tetapi pikiran Srikandi tidak memahami satu pun dari syloka tersebut.
Ia sendiri terkejut, karena betapa tenangnya dirinya. Kepalanya kosong dari pikiran, jantungnya berirama normal, napasnya teratur. "Apakah ini buah dari latihanku yang panjang untuk tetap tenang selama situasi berbahaya?" Srikandi terkekeh dalam hati yang tidak luput dari perhatian dua orang pria, Yudhisthira dan Raja Drupada.
"Mengapa ia tersenyum? Apakah ia sudah gila?" pikir Yudhisthira.
"Mengapa ia tersenyum? Jangan bilang ia telah jatuh cinta pada Pangeran Yudhisthira" bisik Drupad kepada Krishna, yang juga menyaksikan upacara tersebut.
"Bagaimana aku bisa tahu masalah hati putri sulungmu? Bukankah kau sebagai ayahnya seharusnya lebih tahu tentang hal itu?" Krishna menggoda Drupadi yang kepalanya tertunduk malu.
Dia mencintai putri-putrinya, tetapi tidak pernah meluangkan waktu dalam hidupnya untuk mengenal mereka. Cintanya tidak tanpa syarat, tetapi juga tidak palsu. Akan tetapi, keserakahan dan keinginannya untuk membalas dendam telah menjauhkan anak-anaknya darinya, dan dia sendiri yang harus disalahkan.
Hatinya hancur ketika menyadari bahwa putrinya akan menikah. Putri yang telah dikenalnya selama 28 tahun terakhir. Yang telah dibesarkannya, bersama dengan putra tertuanya Satyajit, dan menghargai perannya sebagai seorang ayah.
Saat keduanya berdiri untuk Saptapadi, Srikandi membeku sesaat ketika dia menyadari semua mata tertuju padanya. "Inilah sebabnya para pengantin menundukkan pandangan mereka" Dia bertanya-tanya karena dia merasa terlalu ringan untuk berjalan.
Tanpa baju zirah dan pedangnya, dia merasa telanjang dan sendirian, tetapi segera sebuah dorongan datang dari depan, saat simpul suci menariknya. Dia melihat ke atas dan menyadari Yudhisthira sedang menatapnya, hampir mengasihaninya. Dan itu membuatnya marah.
Saat darah mengalir deras lagi, dia melangkah pertama, lalu kedua, lalu ketiga... dan segera tujuh phera selesai. Keempat Pandawa menyaksikan upacara itu, tanpa ekspresi dan emosi. Mereka tidak tahu harus berpikir atau berkata apa saat mereka akan diperkenalkan kepada kakak ipar baru mereka. Panglima Srikandi, yang mereka lawan beberapa tahun lalu, yang mereka lawan beberapa hari lalu, bagaimana mereka bisa bersikap normal padanya?Tak satu pun dari mereka yang menganggapnya sebagai wanita, seperti Bhargavi.
Tapi mereka tidak bisa memperlakukannya seperti itu, bukan? Bhima biasa memukul-mukul Bhargavi, tiga Pandawa yang lebih muda menyerangnya sebagai lelucon. Mereka akan makan dan tidur berdampingan, mengerjakan pekerjaan yang berantakan satu sama lain, tetapi Panglima Srikandi sekarang menjadi saudara ipar mereka. Posisi yang terhormat seperti kakak perempuan dan ibu. Bagaimana mereka bisa tiba-tiba melihatnya seperti itu?Mereka tidak tahu bahwa kakak mereka sedang mengalami kekacauan yang lebih besar. Dia baru saja menikahi musuh bebuyutan kakek. Dia menjadikannya Menantu dari dinasti kuru. Ini bukan sesuatu yang bisa diabaikan. Dia bisa menghadapi pernikahan tanpa cinta, cinta tidak pernah menjadi prioritasnya, tetapi membawa ular ke dalam keluarganya sendiri dan menunggunya menyerang? Pikiran itu menghantuinya.
Dia berjalan menuruni tangga mandap dan melihat ke belakang karena Srikandi akan melakukan hal yang sama. "Itu istriku sekarang," kata suara hatinya, sambil mengulurkan tangannya.
"Apa?" Srikandi menatap Yudhishthira. Dia tidak pernah diperlihatkan kesopanan, jadi tangan Yudhishthira membuatnya panik.
"Apakah ada ritual yang aku lupakan? Apa yang harus kulakukan?" Dia melihat sekeliling untuk melihat sekilas Nainavati, yang telah membantunya melewati setiap rasm.
"Pegang tanganku untuk menopangmu, saat kau menuruni tangga," bisik Yudhishthira saat dia menyadari bahwa Srikandi bingung dengan gerakannya.
"ah" Srikandi mengangguk pelan sambil memegang tangan pria itu dan menuruni tiga anak tangga kecil. Hal ini membuatnya semakin tertawa. Ia masih mengenakan pakaiannya yang biasa, dhoti, angavastra, dan uttariya, jadi menuruni tangga adalah hal yang paling mudah baginya.