"Terimakasih dan maaf"

40 5 2
                                    

Suara ketukan pelan terdengar di Jingshi, menyebabkan Lan Wangji berhenti sejenak di tengah sapuan kuas pada dokumennya. Kemungkinan besar itu bukan Wei Wuxian, karena Lan Wangji biasanya mendengarnya mendekat jauh sebelum dia akhirnya masuk ke dalam Jingshi, benar-benar menghilangkan kesempatan Lan Wangji untuk menyelesaikan pekerjaannya...bukan berarti dia keberatan, tentu saja dia akan membawa Wei Ying untuk mengerjakan dokumen kapan saja. Kemungkinan besar itu juga bukan saudaranya karena Lan Xichen sama sibuknya dengan dia hari ini. Dan para junior saat ini sedang pergi berburu di sore hari sehingga kemungkinan itu adalah salah satu dari mereka cukup kecil.

Lan Wangji dengan penasaran bangkit dan membuka pintu, bingung saat ia bertemu dengan Jiang Cheng.

“Pemimpin Sekte Jiang?” Lan Wangji menyapa, mempersilakannya masuk. “Kami tidak mengharapkan Anda berada di Gusu selama beberapa hari ke depan.”

Jiang Cheng mengangguk, "Maaf. Aku hanya- Tunggu, apa kamu sibuk?"

Lan Wangji menatapnya dengan aneh, tetapi menggelengkan kepalanya, lalu menuntunnya ke meja. Ia menuangkan dua cangkir teh, teh hijau untuk Pemimpin Sekte dan teh Oolong untuk dirinya sendiri, dan mereka duduk menyeruput minuman itu dalam diam. Jiang Cheng tampak gelisah, dan Lan Wangji tidak tahu mengapa.

"Apakah kamu baik-baik saja, Jiang Wanyin?" Lan Wangji bertanya setelah keheningan di antara mereka berlangsung lebih lama dari biasanya. 

Jiang Cheng tampak ragu-ragu, tetapi ia menarik napas dalam-dalam dan mulai berbicara. "Saya sedang berburu malam baru-baru ini. Saya bertemu dengan objek spiritual yang membuat saya menghidupkan kembali... yah... beberapa kenangan buruk yang telah saya pendam selama beberapa dekade terakhir."

Lan Wangji mengangguk, masih tampak sedikit bingung. "Apakah kau ingin membicarakannya?" tanyanya akhirnya, menyadari sepenuhnya keengganan Jiang Cheng terhadap diskusi emosional. Lebih jauh, jika kenyamanan adalah yang dicari Jiang Cheng, maka Lan Wangji mungkin merupakan pilihan yang buruk mengingat, beberapa bulan yang lalu, Jiang Cheng menyamakan kecerdasan emosionalnya dengan cangkir teh.

Dia tidak sepenuhnya salah.

Jiang Cheng menggelengkan kepalanya. "Aku di sini bukan untuk melampiaskan kekesalan. Aku di sini untuk...meminta maaf." 

"...Minta maaf?" Lan Wangji mengulang, mencoba mengartikan arti kata-kata Jiang Cheng. "Untuk apa?" Hal terburuk yang pernah dilakukan saudara iparnya kepadanya baru-baru ini adalah menghina kesukaannya terhadap teh.

"Aku..." Lan Wangji menyadari bahwa ini adalah pertama kalinya dia melihat Pemimpin Sekte tampak benar-benar gugup di hadapannya, dia lebih terbiasa dengan kemarahan atau kekesalan. "Aku sudah meminta maaf dan berbaikan dengan Wei Wuxian. Bahkan Ghost-...Bahkan Wen Ning. Tapi aku belum melakukan itu padamu."

"Kita sudah berbaikan." Lan Wangji mengoreksinya, ingin segera mengakhiri pembicaraan. Dia benar-benar tidak pernah dalam suasana hati tertentu untuk mengungkit masa lalu. Semuanya sudah dikatakan dan dilakukan; yang terbaik adalah mereka hanya fokus untuk melangkah maju. "Teh lagi?"

"Ya." Jiang Cheng setuju, sambil mengulurkan cangkirnya agar Lan Wangji menuangkan lebih banyak. "Tapi aku belum pernah benar-benar meminta maaf padamu."

"Tidak perlu." Lan Wangji menepis kerutan di dahi Jiang Cheng.

"Lan Wangji-"

"Jiang Wanyin." Lan Wangji menyela dengan suara tenang. "Adalah bijaksana untuk melupakan masa lalu."

Jiang Cheng terdiam beberapa saat, seolah-olah dia sedang merenungkan kata-kata Lan Wangji sampai- "Omong kosong." Dia membentak. "Itu omong kosong!"

"Jiang-"

"Hanguang-jun." Jiang Cheng meletakkan cangkirnya dan menatap lurus ke mata Lan Wangji, pria itu terlalu keras kepala untuk mengalihkan pandangannya. "Maafkan aku."

"Tidak perlu-"

"Saya minta maaf atas semua penderitaan yang saya sebabkan kepadamu selama dan setelah perang."

"Jiang Wanyin-"

"Maafkan aku karena dulu aku pernah menjadi musuhmu. Karena-" Jiang Cheng tersenyum sedih. "Karena aku tidak bisa membayangkan menjadi musuhmu sekarang."

Meski diam bukanlah hal yang aneh bagi Lan Wangji, ia mendapati dirinya tidak dapat berbicara. 

"Aku juga tidak pernah berterima kasih padamu." Jiang Cheng mendesah. "Jadi, terima kasih. Karena telah ada untuk kakakku saat aku tidak ada. Karena telah melindunginya bahkan dengan mengorbankan dirimu sendiri. Terima kasih karena telah cukup berani untuk mencintainya, saat seluruh dunia, termasuk diriku, begitu cepat merasa sebaliknya."

Lan Wangji menatap cangkirnya. Cangkir itu mulai bergetar di tangannya.

"Terima kasih sudah memaafkanku." Suara Jiang Cheng melembut. "Bahkan setelah semua yang kulakukan padamu."

“Tidak perlu.” Lan Wangji bergumam, tetapi suaranya hampir tidak terdengar di telinga Jiang Cheng.

"Kupikir punya satu saudara sudah cukup." Jiang Cheng tersenyum kecut padanya, tetapi sudut matanya menjadi basah. "Aku tidak pernah tahu aku butuh dua saudara."

Lan Wangji membeku mendengarnya, akhirnya menatap Jiang Cheng dengan mata yang sedikit melebar.

"Aku sudah lama kehilangan keluarga pertamaku... Jadi, terima kasih sudah menjadi bagian dari keluarga baruku."

Lalu Jiang Cheng berdiri, berjalan ke arah Lan Wangji yang sedang terpukul. Ia menepuk bahunya, lalu, dengan menggunakan ibu jarinya, dengan lembut menyeka satu tetes air mata yang jatuh dari wajah Lan Wangji.

"Kau pria yang baik, Lan Wangji." bisik Jiang Cheng saat keluar pintu.

Ada serangkaian cipratan kecil dan stabil saat air mata jatuh dari wajah Lan Wangji dan masuk ke tehnya, ekspresi wajahnya hampir tidak berubah sama sekali.

Dia melirik cangkir lainnya di seberang meja, dan merasa seperti ada beban yang selama ini tidak dia sadari telah dia pikul, baru saja terangkat dari dadanya. 

Lalu, seolah ada sesuatu yang menguasainya, Lan Wangji tiba-tiba berdiri dari tempat duduknya dan bergegas keluar dari Jingshi. Ia berjalan cepat menyusuri jalan setapak Cloud Recesses, mengejutkan beberapa murid yang harus segera menyingkir dari jalannya, dengan langkahnya yang luar biasa tergesa-gesa.

Akhirnya dia berhasil menyusul Jiang Cheng, yang berdiri sendirian di samping taman di daerah yang lebih terpencil. Dia mengejutkan Jiang Cheng ketika dia mencengkeram pergelangan tangannya, menyebabkan Pemimpin Sekte itu berbalik.

Jiang Cheng tampak bingung. "Hanguang jun-"

"Kau tak perlu berterima kasih padaku," ucap Lan Wangji pelan, menyadari jelas noda air mata kering di wajahnya.

"Lan Wangji-"

Dan kemudian, mengejutkan Jiang Cheng dan dirinya sendiri, dia memeluk erat Pemimpin Sekte. Jiang Cheng membeku, tangannya mengepal di sisi tubuhnya.

"Apa yang kamu-?!"

"Kau kakakku." Suara Lan Wangji lembut, nyaris seperti bisikan. "Kau tidak perlu berterima kasih padaku."

Dan meskipun dia belum berkata banyak, ketika dia merasakan lengan mendekat, memeluknya lebih erat, dan beberapa air mata menetes di bahunya, Lan Wangji tahu beberapa kata itu sudah cukup.


(END) Jiang Cheng and Lan Wangji being brosTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang