Chapter 208 - Manisan Haw

4 1 0
                                    

Wang Yuling dan Luo Xiaoqiu tidak ada hubungannya, jadi mereka melakukannya dengannya. Beberapa orang mencuci hawthorn dan mengeringkannya. Duduk di atas kang, ngobrol, dan mengeluarkan biji hawthorn.

Wang Yuling melemparkan hawthorn dengan bijinya ke dalam mulutnya dan membuat ekspresi emotikon. "Ya Tuhan, benda ini terlalu asam, Xiaomeng, apakah kamu yakin benda ini bisa dijual?"

Luo Xiaoqiu menepuk kepalanya dengan ringan, "Xiaomeng bilang itu bisa dijual, dan itu akan dijual. Xiaomeng, aku percaya padamu."

Xia Xiaomeng tersenyum lembut dan tidak menjelaskan. Jika sudah siap, lihat apakah kedua orang ini tidak berebut makanan.

Mereka bertiga bekerja dengan cepat, dan tak lama kemudian, mereka mengupas sepanci hawthorn. Xia Xiaomeng menuangkan separuh hawthorn ke dalam panci dan mengukusnya, dan menyimpan separuh lainnya untuk digunakan nanti.

Hawthorn sudah siap, tapi tidak ada batang bambu, jadi Xia Xiaomeng harus mematahkan beberapa cabang dari luar dan membawanya kembali, mengupas cabang-cabang tersebut dan memotongnya menjadi batang yang tajam. Kemudian taruh inti hawthorn di tusuk sate, dan manisan haw akhirnya terlihat seperti itu.

Wang Yuling mengambil manisan hawthorn yang ditusuk dan bertanya, "Xiaomeng, tidak bisakah kita menusuk semua hawthorn ini? Mengapa kamu masih ingin mengukus setengahnya?"

Saat ini, hawthorn di dalam panci hampir dikukus. Jawab Xia Xiaomeng sambil membuka tutup panci.

“Karena aku berencana membuat dua jenis manisan haw. Yang ditusuk adalah hawthorn mentah, dan rasa hawthornnya lebih kuat dan asam. Yang kupunya sekarang sudah matang, lebih lembut dan tidak terlalu asam. Jika ada yang tidak suka makanan asam, bisa membeli yang ini."

Wang Yuling mengangguk seolah dia mengerti, “Aku tidak percaya ada begitu banyak pengetahuan dalam membuat manisan haw. Xiaomeng, kamu tahu banyak."

Xia Xiaomeng mengabaikannya dan menunggu hawthorn menjadi dingin, lalu menusuknya dengan tusuk sate dan menekannya menjadi kue. Tujuannya terutama untuk membedakan kedua jenis manisan haw tersebut.

Setelah melakukan ini, Xia Xiaomeng memulai langkah terpenting, merebus gula. Apakah manisan haw bisa dibuat lezat tergantung sepenuhnya pada gulanya. Jika gulanya direbus dengan baik, manisan haw yang dihasilkan akan terasa manis dan renyah. Sebaliknya, jika gula tidak direbus dengan baik, gula akan terasa gosong atau tidak dapat dikunyah sehingga memengaruhi rasanya. Xia Xiaomeng mengetahui hal ini dengan sangat baik.

Campur gula dan air dengan perbandingan 2:1 lalu masukkan ke dalam panci. Tunggu hingga gula putih menguning, sedikit demi sedikit meleleh, dan berubah menjadi sirup kental, lalu tumis perlahan.

Xia Xiaomeng terus mengaduk hingga sirup mulai menggelembung, lalu mematikan api. Dia mengambil manisan haw yang ditusuk pada sebatang tongkat, segera membaliknya ke dalam sirup, lalu mengeluarkannya lagi. Mencelupkan gula mengharuskan bergerak cepat. Hanya dengan cara ini gula di bagian luar hawthorn bisa digantung secara merata. Hanya dengan begitu manisan haw bisa dibuat cantik dan lezat.

Wang Yuling dan Luo Xiaoqiu berdiri di samping dan mengambil manisan haw yang sudah disiapkan ke luar untuk dibekukan.

Beberapa orang bekerja sama dengan sangat baik, dan dalam waktu singkat, manisan haw di atas tongkat telah habis.

Melihat seikat manisan haw berwarna merah dan berkilau, Wang Yuling dan Luo Xiaoqiu penuh cinta.

Wang Yuling menjilat mulutnya dan berkata, "Xiaomeng, makanan ini kelihatannya enak. Bolehkah aku mencobanya?"

Xia Xiaomeng tidak bisa menahan tawa, "Makanlah, kami membuatnya sendiri, kamu bisa makan sebanyak yang kamu mau."

Wang Yuling dengan senang hati mengambil seikat manisan haw dan menggigitnya dengan lembut. Cangkang gula yang renyah pecah di mulutnya, dan rasa lembut, ketan, asam dan manis langsung memenuhi mulutnya.

Matanya melebar dan dia melompat kegirangan, "Ya Tuhan, ini enak sekali. Aku belum pernah makan sesuatu yang begitu enak."

Setelah itu, dia menyerahkan manisan apel kepada Luo Xiaoqiu.

Luo Xiaoqiu tidak mempermasalahkannya dan menggigit, langsung menyipitkan matanya dengan gembira. “Baiklah, biar kuberitahu, tidak ada makanan yang dibuat Xiaomeng yang tidak enak.”

Xia Xiaomeng juga mengambil seikat manisan haw, dan yang lain memakannya sambil mempelajari cara menentukan harga. Di era ini, satu pon gula berharga 8 sen, yang bisa menghasilkan sekitar 20 ikat manisan haw. Termasuk hawthorn dan biaya tenaga kerja, seikat manisan haw harganya sekitar 0,8 sen.

Mengingat tidak banyak buah-buahan dan makanan ringan di era ini, Xia Xiaomeng berencana memberi harga manisan haw tersebut dengan harga 2 sen seikat.

Wang Yuling dan Luo Xiaoqiu terkejut saat mendengar harganya.

"Xia Xiaomeng, kamu terlalu curang. Kamu mendapat untung bersih 1,2 sen per transaksi. Apakah hati nuranimu tidak sakit?"

Xia Xiaomeng mengangkat bahu, "Yuling, pikirkanlah, kita bertiga melakukan bisnis ini. 1,2 sen sepertinya banyak, tapi jika kita membaginya secara merata kepada tiga orang, jumlahnya hanya 0,4 sen. Kami harus menyelesaikan semua prosesnya sendiri. Dalam satu hari, kami dapat menghasilkan hingga lima puluh tusuk dan mendapatkan dua yuan. Apalagi ini hanya jika kita menjualnya sendiri. Jika kita mengirim manisan haw ke koperasi pemasok dan pemasaran untuk dijual, dan kita harus membaginya dengan orang lain, kita akan mendapat lebih sedikit uang. Setelah semua perhitungan ini, apakah menurutmu masih terlalu berlebihan?"

Wang Yuling memiringkan kepalanya dan berpikir lama. Untuk membuat lima puluh tusuk sehari, dia harus memotong banyak pohon hawthorn dan mengasah tusuk sate kayu. Itu bukanlah pekerjaan mudah jika dia memikirkannya. Tidaklah banyak mendapatkan dua yuan setelah bekerja keras.

Setelah beberapa orang mendiskusikan harganya, Xia Xiaomeng mengambil beberapa ikat manisan lagi dan keluar.

Hal ini tidak ada artinya di generasi selanjutnya, tapi di era kelangkaan ini, sudah pasti menjadi camilan yang enak. Dia memberikan satu untuk setiap anak di keluarga, dan memberikan beberapa lagi untuk kakek di kandang sapi.

Saat dia berjalan-jalan, tidak banyak manisan haw yang tersisa di batch pertama. Ketika kembali ke Pusat Pemuda Terpelajar, hari sudah hampir gelap. Xia Xiaomeng hanya bisa menghela nafas, hari-hari di Brigade Lianhua sangat singkat di musim dingin.

Jika dia ingin secara resmi mulai menjual manisan haw besok, dia harus menyiapkan semua yang perlu dia lakukan dalam semalam. Lakukan saja seperti yang dikatakan, beberapa orang makan sederhana dan kemudian mulai membuat manisan haw lagi.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, beberapa orang bekerja sama lebih erat. Wang Yuling dan Luo Xiaoqiu bertanggung jawab membuang biji hawthorn, sedangkan Xia Xiaomeng bertanggung jawab memotong dan membuat batang hawthorn.

Saat mengukus hawthorn, Xia Xiaomeng menggunakan jerami untuk membuat manisan haw. Dengan cara ini, manisan haw yang sudah disiapkan di atas tusuk bisa dijual.

Saat beberapa orang selesai membuat lima puluh manisan haw dan berbaring di tempat tidur, waktu sudah hampir jam sembilan malam. Meskipun mereka sedikit lelah, ketika berpikir untuk menghasilkan uang, mereka begitu bersemangat hingga tidak bisa tidur.

Setelah mematikan lampu, Wang Yuling bertanya dengan suara rendah, "Xiao Meng, manisan haw di atas tongkat sudah siap, tapi di mana kita bisa menjualnya?"

Xia Xiaomeng berbalik dan berkata, "Aku berencana pergi ke pasar gelap. Barang ini terlalu mencolok, jadi tidak akan dijual di jalanan. Jangan bicara apakah kedinginan atau tidak. Jika seseorang menangkapnya, itu akan menjadi spekulasi. Untuk menghasilkan sedikit uang, akan dicap seperti itu. Jadi setelah berpikir panjang, pasar gelap adalah yang paling cocok."

Wang Yuling berpikir sejenak dan merasa bahwa apa yang dia katakan masuk akal, "Kalau begitu ayo pergi bersama besok. Nyaman melakukan apa pun dengan banyak orang."

Luo Xiaoqiu juga menggema. "Yu Ling benar. Ada kekuatan dalam jumlah. Jika kamu menjual barang, setidaknya kami bisa membantumu mengawasinya."

2️⃣ Mendirikan Pabrik pada tahun 70-an untuk Mengurangi KemiskinanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang