Secercah cahaya mentari masuk melalui celah gorden kamarku, mengusik tidur ku, membuat ku terbangun.
Perlahan ku buka mataku dan melirik ke arah jam beker yang menunjukkan jam sudah pukul 07.10, itu artinya aku sudah terlambat. Apa? TERLAMBAT? Oh tidak, aku lupa menyetel jamnya.Segeraku berlari kearah kamar mandi dalam kamarku berniat mengambil wudhu dan langsung sholat subuh. Jika kalian bertanya, mengapa baru sholat subuh jam 7.10? Kan sudah ku bilang aku ketiduran, dan kalau kalian biasanya jika sudah terlambat jadi tidak sholat? Aku tidak seperti itu. Prinsipku lebih baik mengerjakan dari pada tidak sama sekali, urusan diterima atau tidak? Biar Allah yang menilai, yang jelas aku sudah berniat bukan?
Setelah selesai aku langsung mengambil handuk yang tergantung di balkon, dan masuk ke kamar mandi.
.
.
."Biiii aku berangkat sekarang yahhhh, udah telat banget nih" Teriakku yang hanya dibalas -iya-
"Pak, ayo berangkat sekarang" ucapku pada Pak Mamang supir keluargaku
"Baik, non" Balasnya
Mobilpun melaju dengan cepat membelah jalanan kota Bandung yang macet. TIDAKKKKKKK
"Pak, apa gaada jalan lain?" Tanya ku pada Pak Mamang
"Gaada non, lagian udah deket kok sekolahnya, tuh di depan" Jawab Pak Mamang sambil menunjuk sekolahku.
"Aih, kenapa tidak bilang dari tadi? Ya sudah saya turun di sini saja Pak" Ucapku dan langsung turun dari mobil.
*
"Hah..hah..hah, pak ijinin masuk lah, tadi macet pak, serius makanya telat" ucapku yang sedang ngos-ngosan sambil mengancungkan jari tengah dan telunjuk membentuk huruf -V-
"Alah, alasan aja,paling telat bangun kan? Pungut sampah dulu itu baru kamu boleh masuk" suruhnya-_-
Sambil memungut sampah akupun ngedumel dalam hati kurang lebih seperti inilah "Yang bener aja, gue sekolah kan mau belajar bukan mungutin nih sampah, lagian bukan gue kok yang buang sampah semba--" belum selesai ngedumel tiba-tiba gue keinget kalau hari ini hari selasa itu artinya gue ada kelas kimia dan itu artinya lagi gue ada tugas kelompok, mati gue!
"Pakkk masukin sekarang yahh,nih udah kok mungutinnya" ucapku dengan wajah memelas
"Ya sudah masuk sana" suruhnya
Dari tadi kek-_-
***
"Assalamu'alaikum, maaf bu saya telat, tadi macet soalnya" ucapku sambil menundukkan kepalaku karena takut
"Hahahahahhaa" tiba-tiba aku mendengar gemuruh teman-teman kelasku menertawaiku, kutatap mereka tajam dan berbalik lagi dan saat aku menolah ke arah meja guru ternyata gurunya tidak ada, pantas saja mereka tertawa. Gue akhirnya menuju ke arah bangku sambil menahan malu, dan sesekali melirik Fathan, plis jangan nengok Than, Huft. Tapi untung juga sih.
"Kir, Bu Reika gak masuk?" Tanyaku padanya
"Iya,katanya ada pelatihan dia makanya seminggu ga dateng" jawabnya. Dan aku hanya ber-oh ria
***
"Kamu telat kenapa tadi?" Tanya Syakirah di sela-sela makan kami
"Itu loh, lupa nyetel alarm" jawabku jujur.