[V] Move On!

129 4 0
                                    

Banyak orang yang bilang move on itu susah. Sebenernya move on itu gak sesusah itu kok. Contoh move on yang gampang adalah move on dari materi pelajaran. Padahal pas H-1 ulangan udah dihafalin sampe sedetil-detilnya, tapi beberapa hari setelah ulangan, semua ingatan itu jadi hilang tanpa bekas. Nah, pertanyaannya, kenapa move on dari mantan gak segampang move on dari bahan pelajaran sekolah?

Salah satu penyebab kenapa move on dari mantan itu susah adalah karena beberapa saat setelah putus, muka mantan akan sangat sering menghantui pikiran kita. Kita bakal sering banget keinget sama mukanya. Waktu mau makan, waktu mau tidur, waktu mau pergi kemana-mana. Lebih sial lagi, kalo mantan kamu itu punya kenangan yang menjengkelkan buat lo. Perlu ditekankan bahwa waktu favorit bagi mantan yang satu ini untuk muncul di pikiran lo adalah saat lo lagi di WC.

Salah satu faktor yang bikin lebih susah move on itu adalah mantan yang minta putusnya baik-baik. "Kita temenan aja tapi aku mau kita masih sering kontak-kontakan." Ini adalah kalimat paling efektif untuk membuat mantan menjadi susah move on. Disaat lo udah dalam kondisi 'hampir' sukses move on, bisa aja tiba-tiba terlintas di pikiran lo. "Ah ngechat mantan gapapa lah ya. Kan cuma temenan." Disinilah dimana kondisi 'hampir' sukses move on berubah menjadi kondisi yang sukses. Iya, sukses 100% gagal move on. Kalo kata peribahasa, Karna chat setitik rusak move on sebelangga.

Durasi yang dibutuhkan orang buat move on itu macem-macem. Ada yang butuh waktu sampe setaun, ada yang butuh sampe berbulan-bulan, ada yang beberapa hari, dan ada juga yang baru putus udah langsung buka Instagram dengan harapan nemu barang baru yang cakep. Gak salah kok kalo mantan lo langsung bisa move on dengan cepat sedangkan lo masih terjebak dengan bayang-bayang masa lalu. Jangan terlalu cepat nyalahin mantan. Cobalah untuk introspeksi diri. Apa lo udah kasih yang terbaik buat mantan? Apa aja yang lo udah lakuin buat dia? Gimana dengan dia? Apa dia kasih yang lebih baik buat lo? Apa dia udah ngelakuin sesuatu yang lebih berharga buat hidup lo? Semuanya itu tergantung sama memori-memori yang udah kalian lakuin barengan.

Beberapa orang gak tertarik buat move on cepet-cepet. Menurut gue pribadi, ini merupakan sifat yang dewasa. Kalau masih sayang, kenapa harus dilupain? Semuanya ada waktunya, biarkan hidup lo berjalan sesuai dengan jalannya. Ntar kalo udah ketemu pasangan yang baru, yang bisa bikin nyaman, secara tidak sadar lo udah move on sepenuhnya dari mantan lo. Kenapa? Kalo lo masih terjebak sama kenangan-kenangan lo di masa lalu dengan mantan, lo gak mungkin bisa nyaman sama orang lain.

Balikan? Apa yang salah dengan balikan? Kalau memang masih cinta dan lo ngerasa sayang kalo mantan lo dilepas gitu aja, gaada salahnya untuk ngajak balikan. Ajak ngomong pelan-pelan, siapa tau dia juga ngerasa hal yang sama. Semuanya punya jalan untuk kembali atau bahkan berjalan lebih jauh kok. Toh apapun yang bakal terjadi, lo dan mantan lo juga bakal balik. Balik ke sisi yang Mahakuasa. Entah barengan atau sendiri2.

Kembali ke pertanyaan yang pertama, kenapa move on dari mantan gak segampang move on dari bahan pelajaran sekolah? Seharusnya dari apa yang udah gue tulis dari tadi, lo udah tau jawabannya. Yang pertama, lo putus dengan buku pelajaran gak dengan baik-baik. Habis selesai ulangan, ya udah bukunya ditaruh aja di atas meja. Yang kedua, kenangan yang lo miliki dengan si buku pelajaran kebanyakan adalah kenangan yang kurang romantis. Tuh buku aja nyaris diblender terus diminum biar hafalannya inget semua. Ati-ati aja, mungkin beberapa hari setelah ulangan, sang buku akan terus ada di pikiran lo terutama saat lo lagi kebelet.

Intinya, jika kamu mau move on dengan mudah dan praktis, hindari berpacaran.

TTD,

Buku Album Foto 'Aku dan Mantan'




Lika-Liku Cinta KitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang