Edisi 7 : Pinokio Kecil

60 9 5
                                    

Ini sebenarnya kelanjutan edisi kemarin, dimana di edisi ini gue cuma bakalan kasih contoh-contoh kebohongan kecil gue.

Pertama, gue pernah minjam buku temen kelas sebelah supaya gak dimarahin guru gue.

Jadi itu tuh ceritanya gini. Guru gue itu mewajibkan setiap muridnya untuk nge-print buku cetak yang ada di pdf. Di sini lo perlu tau nih. Di zamannya gue, kurikulum 2013 itu bukunya pada telat datang. Jadinya cuma dibagiin dlm bentuk pdf, trus malah disuruh print sendiri. Huh!

Nah di awal-awal ya gue sanggup aja nge-print cicilan gitu, bab per bab. Lama-kelamaan, gue nemu banyak kendala. Mulai dari printer gue yang kudu ganti catrigde tiap tintanya abis, emak bapak gue yang sibuk pulang pergi, dan abang gue yang sering pulang tengah malam. Inti masalahnya juga adalah gue gak bisa keluar rumah kalau gak dianter.

Dengan berbagai kendala itu, gue kan gak punya buku cetak nih. Trus gue minjam ke anak sebelah supaya gak dimarahin guru gue. Kebetulan tuh guru cuma masuk kelas gue seminggu sekali, jadi gue minjamnya tiap ada pelajarannya doang. Minggu pertama aman. Kedua-ketiga aman. Nah, selanjutnya gue habis nih dimarahin sama guru gue.

Kenapa?

Awalnya tuh gini. Temen gue dari kelas sebelah, sebut aja Z, telat masuk kelasnya. Sama si guru, sebut aja G, si Z itu ditanya, "Kamu habis darimana?"

Si Z jawab tuh, "Saya nyari buku saya pak di kelas XI Blablabla."

Itu kelas gue ya. Gue gak perlu sebutin lengkap sih, cukup blablabla aja hehe.

Trus guru gue nanya lagi ke si Z, "Loh? Ngapain kamu nyari buku sampe ke sana?"

Jeng...

Jeng...

Habis ditanyain gitu, si Z jawab, "Anak kelas XI blablabla memang sering minjam buku ke kelas ini, Pak."

Nahhh di sinilah awal mula kehancuran gue. Gue emang gak sendiri sih, banyak juga yang minjem buku ke kelas sebelah kayak gue. Setelah cekcok antara Z dan Pak G, semua buku agama di kelas kami disuruh kumpul ke Pak G dan kami dipanggil ke kelas sebelah tadi.

Sewaktu dikumpulin itu, kami berdirinya di depan kelas. Di hadapan anak-anak kelas sebelah. Gue cuma bisa nunduk deh gak tau harus bilang apa ke Pak G itu.

Sialnya, oh sialnya, nama gue duluan disebut. Padahal nama gue kan Sri Hartini. Kalau diabsen itu urutan 24. Jauhhh.

Pak G bilang, "Sri, ambil buku kamu."

Di meja Pak G itu udah ada tumpukan buku pelajarannya dia trus gue disuruh ambil punya gue. Sementara gue kan gak punya buku. Karena gue bagian dari tersangka yang minjem-minjem buku. Adduuuhhh.

Tapi ya sudahlah, gue maju aja. Gue gak ambil buku apa pun. Walaupun sebenernya gue bisa aja makan temen gue sendiri dengan cara ambil bukunya dia, tapi gue gak tega dan gak mungkin numpuk-numpukin kebohongan gue.

Pak G ngomong, "Ambil buku kamu."

Gue gak berkutik, masih diam aja gitu di depan Pak G buat ngumpulin nyali. Saat gue udah siap, gue ngomong deh.

Dengan rasa takut yang luar biasa nih ya, gue ngomong ke Pak G, "Nggg, Pak. Saya... sebenernya... minjam buku, Pak."

Nah habis itu gue gak bisa jelasin lagi deh peristiwanya. Pokoknya gue dimarahin abis-abisan deh. Mungkin kalau guru gak dilarang buat nginjek anak muridnya, gue udah diinjek dari kemarin kali. Bukan cuma guru gue itu aja, tapi wali kelas gue juga berkontribusi dalam menempa mental gue.

Menurut gue sih itu kebohongan kecil. Kecil kecil cabe rawit. Ugh!

Kalau dipikir-pikir, itu kejadian mungkin bukan salah si Z sih, tapi salahnya gue juga. Gara-gara gue bohong, banyak orang kena imbasnya.

I'm so sorry, guys!

Kedua, kita flashback ke masa gue masih SMP. Gue diselingkuhi. Eh sebenernya bukan selingkuh juga sih, kan gue gak pacaran sama dia. Nggg... gimana sih gue jelasinnya.

Gue itu kan dilarang pacaran nih. Jadi waktu zaman SMP, ada cowo cakep, pinter, baik, gak satu sekolah sama gue, yang naksir gue nih ceritanya. Tapi beda agama --"

Gue sama dia itu gak pacaran. Kalau kata temen deketnya si cowo, gue sama tuh cowo itu HTS (Hubungan Tanpa Status). Haha. Padahal gue sama tu cowo ya cuma... temen. Mungkin emang lebih deket sih. Kalau menurut tuh cowo, kami itu cuma megang komitmen. Apaan coba maksudnya.

Tiap hari dari pagi bangun tidur sampe malam mau tidur lagi. itu hape gak pernah jauh-jauh dari tangan gue. Dulu gue sama dia itu rajin banget yang namanya 'menjaga komunikasi'. Sekarang aja tuh yang enggak, say hi aja gak pernah kali kalau ketemu. Cuman bisa senyum doang. Padahal waktu SMA, ya tiga tahun belakang ini, gue sama dia satu sekolah.

Udah ya gue gak usah panjang lebar cerita tentang dia, yang ada gue ngakak sama cerita perselingkuhannya. Kapan-kapan kalau lo ketemu gue, mungkin gue bakalan cerita langsung aja. Nulis capek eyy! Hehe.

Ketiga, kita flashback lebih jauh lagi ke zaman gue masih bocah. Gue lupa waktu itu bohong gara-gara apa, yang pasti sih lo cuma perlu tau akibat yang gue derita aja.

Gue lari nih ke dapur, ceritanya mau ke toilet. Ehh lantainya licin dan brakkk. Gue jatuh, tersungkur, sekaligus meluncur sampe kepala gue jedot di dinding depan toilet.

Gue gak inget seberapa gede benjolannya, yang pasti emak gue pernah bilang kalau benjolannya itu tinggi bangettt.

Waktu itu emak gue ada dalam toilet yang jadi inceran gue nih. Trus dari dalam emak gue ngerasa kalau ada gempa. Eh gatau pas masuk kamar gue, dia liat gue lagi usap-usap benjolan gue yang gedenya gak ketulungan. Syukur-syukur waktu itu otak gue gak kenapa-napa.

Emak gue bilang, "Kenapa kepalamu itu?"

Belum juga gue jawab, emak gue udah ngomong lagi, "Ohhh jadi tadi itu bukan gempa... Ih ngerinya! Masa kepalamu kejedot gitu bisa sampe bikin gempa!"

Eh ini serius, emak gue yang bilang. Gue mah mana tau, kan gue cuma korban di sini. Gambaran terpelesetnya doang yang masih nempel di ingatan gue. Hehe. Iyalah. Sakit sih.

Udah ah, gue cerita tiga kebohongan gue aja. Soalnya kalau diinget-inget gue udah gak pernah bohong lagi sih kecuali udah direstui sama emak bapak gue. Maksudnya direstui itu, sebelum gue bohong, mereka bilang ke gue, "Gapapa bohong dikit untuk kebaikan."

Kalau udah direstui gitu, gue gak kena kutukan pinokio. Jadi gue aman. Sekarang kalau gue mau bohong kudu izin dulu. Canggih banget ya --"

Nah, sebelum gue tutup edisi yang penuh panjang lebar ini. Gue cuma punya satu kesimpulan.

Jujur selama lo masih bisa jujur. Lo mungkin emang bukan keturunan pinokio kayak gue, jadinya lo bisa seenaknya bohong ke siapa aja. Tapi sebelum semua terlambat atau sebelum semuanya terungkap, lo lebih baik jujur. Mulai dari jujur ke diri lo sendiri dulu deh.

Banyak banget orang yang berpikir untuk mengubah dunia. Lah, orang gue aja susah mau ngubah diri gue sendiri, ngapain jauh-jauh mikir mau mengubah dunia?

Salam dari sriihartini
JANGAN LUPA BAHAGIA
6 Januari 2016

CUAP CUAPWhere stories live. Discover now