Edisi 8 : Terungkapnya Rahasia

46 6 1
                                    

Di sini tuh gue cuma mau jabarin ada apa di balik isak tangis gue yang udah gue ceritain di edisi 6 lalu.

Pake judul Terungkapnya Rahasia itu sebenernya aneh menurut gue, tapi gue udah kehabisan ide. Ya sudahlah, jadi pake itu aja. Lagian gak penting-penting amat ya gak sih? Don't judge a book by a title. Nah loh, gue malah jadi buat quotes sendiri. Hehe.

Fokus.

Langsung ke cerita aja.

Jadi gini nih, gue itu Alhamdulillah dapet peringkat satu mulu dari zaman gue SD kelas 1 semester dua.

"Loh, semester satunya enggak?" Lo pasti mau nanya gitu.

Waktu semester satu, gue dapet rangking dua. Gue nyebut rangking aja deh ya, peringkat itu kaku banget. Hehe.

Rangking satunya itu temen gue, cowo, yang inisialnya AW. Badannya gede, mukanya bulet, trus kulitnya sawo matang gitu. Kalau ngeliat mukanya itu... nyeremin, tapi ada jejak imut juga. Gimana sih gue ngomongnya. Gitulah pokoknya.

Next.

Sebelum masuk SMA yang sekarang [yang gue sebut smansa untuk selanjutnya], gue itu mau masuk sekolah lain yang menurut gue lebih bagus guru-gurunya. Eh, mama gak bolehin. Yaudah, gue terdampar deh di smansa.

Sebenernya dari awal gue masuk smansa itu ragu-ragu juga. Masalahnya, gue ini dari SMP yang terkenal isinya itu anak-anak nakal. [Gak tau juga kenapa gue malah milih masuk situ. Hehe]. Trus masuk ke SMA ini kan berarti gue kudu belajar dong supaya bisa ngalahin sekolah yang isinya anak-anak unggulan. Setidaknya kalau gak bisa ngalahin, ya gue gak tersingkir. Di awal, gue mikirnya gitu.

Singkat cerita pas penerimaan seleksi raport, belum juga nyampe ke smansa buat liat pengumumannya, temen gue se-SMP udah ngasih tau ke gue kalau gue ada di peringkat keberapa.

Coba tebak berapa hayo...

Di luar ekspektasi gue sih itu sebenernya, tapi ya mau gimana. Di kasih rezeki jadi urutan pertama ya syukuri aja. Meskipun sebenernya gue sendiri juga gak pede jadi yang pertama waktu itu. Gue kan dari sekolah yang apalah-apalah.

Habis seleksi raport, gue mesti ikut seleksi tertulis dan wawancara lagi nih. Jadinya gue belajar bareng temen gue. Eh bukan temen sih, sahabat gue maksudnya.

Singkat cerita pas pengumuman, nama gue masih stay di urutan pertama. Alhamdulillah dong ya, bersyukur lagi.

Udah masuk ke smansa, gue ngerasa ngalor ngidul belajar di sana. Pelajaran gue pada ancur-ancuran, meskipun ya gak semuanya. Lo tau kan gimana rasanya sekolah di tempat yang lo gak minat? Dari awal juga sekolah di sini itu kemauan emak gue. Gue mah cuma mau jadi anak berbakti aja, makanya nurut.

Gue juga sering sakit-sakitan selama kelas X. Jadinya gue sering banget absen sakitnya.
Nah kalau dipikir-pikir, ada benernya jugalah pas bagi raport gue malah dapet rangking dua. Itu dapetnya pas semester dua. Waktu semester satu, gatau juga kenapa bisa dapet nomor satu. Keberuntungan, mungkin? Padahal belajarnya juga asal-asalan.

Yang gue nangis pas pengumuman itu... kenapa ya. Gue itu seperti udah dimanja banget kan ya sama angka 'satu' dari zaman gue SD. Jadinya waktu si satu itu gak jadi milik gue, ngerasa kehilangan dong gue. Hehe. Selain itu, gue takut emak bakalan marahin gue.

Waktu itu pengumumannya di lapangan. Semua anak dikumpulin dan berbaris sesuai dengan kelasnya masing-masing. Gue udah ketar ketir nih sambil doa dalam hati, "Satu plis satu plis." Gue lakuin itu berulang-ulang dan berhenti pas nama gue udah disebut jadi urutan kedua.

Ahhhh, mata gue langsung berair. Nyampe ke depan, gue cuma nunduk doang. Duh, ini masih syok dong gue! Belum bisa nerima kenyataan nih ceritanya.

Kalau dipikir-pikir, gue cetek banget yak waktu itu? Haha. Gue aja suka senyum-senyum sendiri ngingetnya.

Balik lagi ke cerita itu.

Udah bubar nih ceritanya.

Gue kabur ke ruangan ganti baju yang ada di sebelah kelas gue. Nah, nangis deh gue di situ. Gue gak bisa jelasin sejelek apa drama nangis gue plus muka nista gue. Karena jujur, gue aja sekarang udah gak sedih lagi kalau ingat kejadian itu. Rasanya udah kayak... basi. Ulalaa~

Jadi ya intinya, masa-masa gue di kelas X itu titik balik banget buat hidup gue. Mulai gue yang gak ada niatan buat sekolah di tempat itu, gue jadi anak baik nih sekarang. Mulai dari gue yang sering sakit-sakitan, sekarang gue udah atur pola makan, jaga kesehatan, teratur minum obat, dll buat jaga kesehatan gue tetep konstan.

Dan untuk masalah rangking, sekarang sih balik lagi ke nomor satu. Tapi tiap bagi raport, gue udah gak terlalu berharap kayak zaman gue masih kelas X. Tiap bagi raport mahh yang ada gue mikir, "Dapet satu ya syukur. Kalau gak dapet, ya sebodo amatlah, toh juga gak ngefek apa-apa."

Hehehe.

Itu dia cerita gue edisi kali ini.

Yang perlu gue tekankan ke elo adalah... gak peduli hasil apa yang bakalan lo dapetin, yang terpenting dari yang lo jalanin itu... prosesnya. Lakukan prosesnya dengan baik. Hasil gak pernah mengkhianati proses kok. Kalau proses lo baik, hasilnya pasti baik.

Salam dari sriihartini
JANGAN LUPA BAHAGIA
7 Januari 2016

CUAP CUAPWhere stories live. Discover now