Istri itu identik dengan dapur. Artinya si istri harus bisa masakin suami. Mending kalo istrinya emang chef handal kayak Farah Quinn, atau emang yang biasa disuruh emaknya masak, tapi gimana kalo si istri emang pada dasarnya ga suka masak?(kayak gue).
Tapi ternyata, untuk seorang wanita yang baru jadi istri orang, masakin suami adalah sesuatu banget. Antara semangat pengen nunjukin kebolehan masak (yang sebenernya baru bisa), tapi juga cemas takut suami ga suka.
Hal teromantis yang dirasain seorang istri adalah saat sang suami memuji masakannya! Meski mungkin sebenernya kami tahu kalo masakan kami ga enak, tetep aja kami pengen dipuji suami. (Maksa)
Syukurnya Dean ngerti banget hal ini. Contohnya waktu pertama kali gue bikinin dia mi goreng instan pake sayuran, komentar dia:
"Wah, enak banget, yank! Makasih yah..."
Wuih, gue berasa melayang ke langit-langit terus nemplok kayak siluman cicak.
Gue: "ah, masa sih? Itu kan mi goreng biasa.." cengir-cengir nahan ge'er yang segede gunung everest.
Dean: "Beneran enak kok. Suka deh!"
Tambah melayang deh gue. Kalo di drama korea, gue pasti bakal punya sayap dan lagi terbang melayang-layang ngiterin awan. Pokoknya luar biasa!!
Meski setelah sekitar dua bulan kemudian, kebenarannya terungkap. Waktu itu Dean maksa pengen bikin mi instannya sendri.
Gue: "Tumben masak mi sendiri terus?"
Dean: "habisnya, klo kamu yang masak, mi nya kelembekan mulu. Iyay ga terlalu suka."
Gue: "............"
Tapi gue hargai usaha Dean untuk menghargai masakan gue. Coba kalo waktu itu dia bilang
"Mi nya kelembekan. Iyay ga suka."
Wah, panci mie nya pasti udah melayang ke kepala Dean dan gue akan pensiun selamanya dari tugas dapur.
Ya iyalah, masak mie instan aja gagal, apalagi masak yang laen??
Dean juga pernah muji saat untuk pertama kalinya gue bikinin dia tumis kangkung blacan (pake terasi). Di lidah yang bikin sih tu tumis kangkung udah seenak kangkung blacannya de'cost.
Apalagi resep kangkungnya diambil dari buku resep yang ditulis oleh chef terkenal.
Saking biar sama langkah-langkah bikinnya, gue sampe masak tumis kangkung doang selama dua jam!
Dan waktu makan bareng, Dean komentar:
"Hmm..enak kok. Tuh bisa masak?!"
Wih, melayang-layang lagi gue. Dan tiap gue bikin tumis kangkung lagi dan lagi, Dean ga pernah protes dan selalu bilang:
"Enak makannya. Makasih ya udah dimasakin"
Wah itu beneran bikin luluh lantak. Mau disuruh masak di dapur seharian juga gue jabanin lah, walau harus cuti nonton drama korea dulu.
Sekitar enam bulan kemudian, gue masak tumis kangkung lagi. Kali ini beda resep dan beda guru. Tumis kangkung ala ibu mertua, tumis kangkung yang paling enak d dunia (buat gue dan Dean). Sayangnya tumis kangkung gue jauh kurang enak dibanding buatan ibu, tapi yang penting udah berusaha.
Dengan cemas banget gue sajikan kangkung resep baru itu saat kami makan malem. Udah siap-siap dikomen kurang ini itu, bahkan mungkin Dean bakal nyuruh gue mastiin ke ibu mertua kalo cara masak gue udah bener semua.
Tapi ternyata...
Dean: "wah, akhirnya sayur kamu enak, yank! Ini sayur pertama kamu yang rasanya pas. Ga lebih ini itu."
Gue: "Hah? Baru pertama ini yang enak?"
Dean: "Iyah, tapi sekarang udah enak, kok"
Jadi selama ini ga enak??
Entah harus seneng atau sedih. Andai waktu itu Dean langsung bilang 'ga enak' untuk kangkung pertama gue, pasti saat itu gue langsung ngelempar mangkok sayur itu lewat balkon, terus lari yang jauh, menyendiri di pinggir jalan sambil menengadahkan tangan.
Krik..krik..krik..
The point is, pujian dari suami untuk masakan itu penting banget dan memberi pengaruh besaaaar banget. Jadi kalau kamu seorang suami atau anak, dan ga pernah muji masakan istri atau ibu kamu, sok mangga, DO IT NOW OR NEVER!!!! *ngacungin bogem sambil melotot gede*
Pujian sesederhana:
"Hm..masakannya enak yank/mah, makasih yah."
atau
"Enak deh! kalo ditambah garem dikit lagi aja, pasti jadi sempurna!" (meski sebenernya si suami pengen bilang gini: "ini masakan apaan? jangan-jangan lupa ngasih bumbu ya?")
atau
"Enak deh masakan kamu, aku suka! nanti kapan-kapan masak ini lagi yah. besok cobain masakan enak laen lagi!"
Padahal aslinya ..
"Masakannya ga enaaak. pliisss..besok besok masak yang laen ajaaaa....!!!"
Ya begitulah, walau sebenernya kadang kami tahu maksud dibalik pujian suami, tetep aja, kami, para istri, pengen masakan kami dipuji. TITIK.
Kalo dapet pujian dari suami soal masakan, jadi semangat buat masak lagi. Makanan belom abis, udah mikir mau masak apa lagi biar dipuji terus. Tapi gue punya trik jitu agar setiap masakan gue dipuji sama Dean.
Cukup dengan memperlambat proses memasak biar suami mencapai tingkat lapar tertinggi. Nah, kalo udah laper banget gitu, mie instan 2000-an dikasih sayur kangkung aja udah berasa seenak makan ramen asli Jepang! YeAyy!! Keren kan?
Selain untuk dapat pujian, trik tadi juga ampuh banget kalo gue lagi males masak. korelasinya gue gambarkan dalam cerita berikut ini:
Catatan: Nama tokoh disamarkan.
Bi Maemunah udah menikah ampir setahun dengan Mang Emun. Pada suatu hari, Bi Maemun lagi asik nonton drama korea pas tiba-tiba Mang Emun pulang dari narik bajaj.
"Mah..Papah laper nih.." Kata si Mang Emun sambil kipasan pake anduk keringet. Keliatan banget Mang Emun kecapean habis kerja seharian.
"Oh..iya Pah, sebentar mamah masak dulu.." Bi Maemun langsung bergegas kedapur sambil bawa tipi.
Orang lagi asik nonton kok diganggu, dasar ga ngerti nikmatnya nonton pilem korea!
Sepuluh menit kemudian Mang Emun ngontrol ke dapur, berharap istrinya udah beres masak. Ternyata istrinya masih motong bawang merah. Kalo motong bawang merah aja sepuluh menit, bawang putih sepuluh menit, ntar belom motong cabe sama motong yang mau dimasak, jadi berapa puluh menit tuh? berapa lama lagi ni perut harus merana?
Mang Emun meratapi perutnya yang laper.
"Mah..masih lama yah masaknya?" Mang Emun penuh harap.
"Masih, Pah..kan biar enak, jadi ga bisa buru-buru." Bi Maemun ngeles.
Saat Mang Emun pergi dari dapur, si Bi Maemun malah asik nonton korea lagi.
Hingga sepuluh menit kemudian..
"Mah, masakan mama untuk makan malem aja yah. Papah makan sekarang aja, udah laper banget." teriak Mang Emun.
Dengan senyum selebar daun kelor Bi Maemun langsung buru-buru ninggalin dapur -sambil bawa tipi- nyusulin Mang Emun. akhirnya saat yang dinantikan datang juga... Ayam fast food delivery udah ada diatas meja!
"Selamat makaaaan...!" Bi Maemunngasih semangat sambil nyomot paha ayam goreng.
-to be continued to Dokter Lebay-
KAMU SEDANG MEMBACA
Inafetta - Baru Kawin!
Non-FictionBukankah setelah nikah sang pengantin justru bakal jadi sangat terkekang dibanding waktu masih lajang? Bukankah setelah nikah hidup bakal jadi kaku dan -littlet bit- bored? Tapi setelah gue -akhirnya- nikah, gue cuma bisa bilang, kalo nikah itu t...