Cooking Time Part 2

4.2K 233 10
                                    

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tumis Bayem

Gue kira soal masak memasak itu gampang, tinggal liat resepnya di buku atau di internet, terus praktekin sesuai takaran, lalu..jadi deh!!

Ternyata ada bagian yang paling susah, yaitu...cicip mencicip!

Kalo masak pake bumbu instan, kita ga perlu icip-icip segala, tiggal terima takdir aja rasanya kayak gimana, tapi kalo pake bumbu asli, hmm...bener-bener trial and error. Dan kalo masakannya ga enak? Masa harus dipaksain dimakan? Tapi sayang juga kalo harus dibuang. Disitu yang bikin dilema.

Mama bukan tipe orang tua yang rajin ngajarin anaknya masak. Setiap makan pagi, siang dan malem selalu mama yang masak. Kalo gue nanya:

"Mam, perlu ga sih aku belajar masak sebelum nikah?"

Dengan enteng beliau pasti akan jawab:

"Ah ga usah. Kalo udah nikah nanti bisa sendiri kok."

Selain itu, alasan gue males belajar masak sebelum nikah adalah karena gue ga suka sama keribetan masak memasak. Harus siapin bahan-bahannya, harus proses ini dulu terus pores itu, terus balik lagi ke proses ini. Yah, pokoknya ribet kayak emak-emak mau kondangan.

Terus, masak itu faktor kegagalannya banyak banget. Bisa krena apinya kegedean, bisa karena prosesnya kelamaan, bahkan bisa juga karena hal yang sepele: kemanisan atau keasian.

Kayak waktu gue masak tumis bayem pertama kalinya.

Ralat, sebenernya bukan pertama kali ini gue tumis mentumis, tapi baru pertama ini gue bikin sayur tumis. Tau bedanya???

Perasaan semua cara masak tumis bayem yang gue baca dari internet udah dipraktekin dengan benar:

· Tumis bawang putih dan bawang merah pada sedikit minyak. -> udah nih.

· Tambahkan air secukupnya -> udah,( secukupnya = semaunya yang masak).

· Bubuhkan gula dan garam secukupnya, serta masukkan bumbu penyedap bila diinginkan. -> udah dimasukin bumbu bumbunya, secukupnya = sesukanya.

· Pastikan bumbu kuah telah pas, kemudian masukkan daun bayam dan masak sebentar hingga layu. -> dilema.

Gue nyicip sedikit kuah tumisannya sebelum masukin sayur.

Rasanya....membingungkan. Belom pasti ini cuma masalah gue sendiri atau ada yang bernasib sama diluar sana: ga bisa bedain kemanisan atau keasinan.

Cicip pertama: kayaknya keasinan. -> gue tambah air dan gula sesendok.

Cicip kedua: aneh, kayak kolak bayam. Kolak = manis, berarti kemanisan, kan? -> gue tambahin sesendok garem lagi biar ga terlalu manis.

Cicip ketiga: bikin tambah galaw.

Inafetta - Baru Kawin!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang