DO'A-DO'A DI SEKITAR KEMATIAN

367 2 0
                                    

Kematian adalah sesuatu yang pasti datangnya, meski waktu dan tempatnya tak pernah kita ketahui. Yang jelas, kematian datang tanpa mempedulikan usia, kedudukan, jabatan, kekayaan, atau apapun yang dimiliki seseorang. Kematian juga bisa terjadi di mana saja, dan kapan saja.

Kenyataan tersebut seharusnya menyadarkan kita untuk selalu siap menghadapinya. Bukan hanya tatkala menimpa diri kita, tetapi juga orang-orang lain yang ada di sekitar kita. Untuk itu , sebaiknyalah kita mengetahui tuntunan agama mengenai segala hal yang berhubungan dengan kematian.

Di antara yang mesti kita pahami adalah seputar pengurusan jenazah, yang telah diatur demikian terperinci di dalam Islam. Termasuk yang diatur dan diajarkan adalah doa-doa yang patut dibaca sejak kita menyaksikan seseorang menghembuskan nafas yang terakhir hingga kita selesai menguburkannya.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis muatkan doa-doa tersebut yang materinya sebagian besar dikutip dari kitab  al-Adzkar, karya Al-Imam an-Nawawi.  Sebagaimana dimaklumi, kitab tersebut adalah salah satu referensi terpenting dalam masalah zikir dan doa.

Semoga dapat diamalkan dan kita semua mendapatkan manfaat yang sebesar- besarnya.

SIAPKAN BEKAL SEBELUM AJALTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang