DOA KETIKA MEMASUKKAN JENAZAH KE DALAM KUBUR

823 2 0
                                    

اَللّٰهُمَّ أَسْلَمَهُ اِلَيْكَ اْلاَشِحَّاءُ مِنْ وَلَدِهِ وَ أَهْلِهِ وَ قَرَابَتِهِ وَ إِخْوَانِهِ وَ فَارَقَ مَنْ يُحِبُّ قُرْبَهُ، وَ خَرَجَ مِنْ سَعَةِ الدُّنْيَا وَ الْحَيَاةِ إِلَى ظُلْمَةِ الْقَبْرِ وَ ضِيْقِهِ وَ نَزَلَ بِكَ وَ أَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ، إِنْ عَاقَبْتَهُ فَبِذَنْبٍ وَ إٍنْ عَفَوْتَ عَنْهُ فَأَنْتَ اَهْلُ الْعَفْوِ أَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَ هُوَ فَقِيْرٌ إِلَى رَحْمَتِكَ. اَللّٰهُمَّ اشْكُرْ حَسَنَتَهُ وَ اغْفِرْ سَيِّئَتَهُ وَ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَاجْمَعْ لَهُ بِرَحْمَتِكَ اْلأَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ وَاكْفِهِ كُلَّ هَوْلٍ دُوْنَ الْجَنَّةِ. اَللّٰهُمَّ اخْلُفْهُ فِى تَرِكَتِهِ فِى الْغَابِرِيْنَ وَ ارْفَعْهُ فِى عِلِّيِّيْنَ وَ عُدْ عَلَيْهِ بِفَضْلِ رَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allâhumma aslamahu ilaikal-âsyihhâ'u min waladihi wa ahlihi wa qarâbatihi wa ikhwânihi wa fâraqa man yuhibbu qurbah, wa kharaja min sa'atid-dunyâ wal hayâti ilâ zhulmatil-qabri wa dhîqihi wa nazala bika wa anta khairu manzûlin bihi. In 'âqabtahu fabidzanbin wa in 'afauta 'anhu fa-anta ahlul-'afwi. Anta ghaniyyun 'an 'adzâbihi wa huwa faqîrun ilâ rahmatik.
Allâhummasy-kur hasanatahu waghfir sayyi'atahu wa a'idz-hu min 'adzâbil qabri wajma' lahu birahmatikal-amna min 'adzâbika wakhfihi kulla haulin dûnal-jannah.
Allâhummakhluf-hu fî tarikatihi fîl ghâbirîna warfa'hu fî 'illiyyîna wa 'ud 'alaihi bi fadhli rahmatika yâ arhamar râhimîn.

Artinya:

"Ya Allah, ia telah dikembalikan oleh anak-anaknya, keluarganya, kerabatnya, dan saudara-saudaranya kepada-Mu, dan ia telah berpisah dengan orang-orang dekat yang ia cintai. Ia telah keluar dari kelapangan kehidupan dunia dan masuk ke dalam kegelapan kubur yang sempit. Ia datang kepada-Mu. Engkaulah sebaik-baik Zat yang didatangi. Jika Engkau menyiksanya, itu karena dosanya; dan jika Engkau maafkan, Engkaulah yang sangat patut memberikan maaf. Engkau tak butuh mengazabnya, sedangkan dia benar-benar sangat membutuhkan rahmat-Mu.

Ya Allah, terimalah kebajikannya, ampunilah dia atas keburukannya, lindungilah dia dari azab kubur. Dengan rahmat-Mu, berikanlah untuknya keamanan dari azab-Mu, peliharalah dia dari segala bencana yang menghalanginya ke surga.

Tuhanku, berilah gantinya kepada orang-orang yang ditinggalkannya yang akan datang, angkatlah dia dalam surga yang tinggi dan limpahkanlah kepadanya keutamaan rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara para penyayang."

Menurut nash Asy-Syafi'i dalam Mukhtashar al-Muzani, hendaknya orang-orang yang tengah memasukan jenazah ke dalam kubur membaca zikir tersebut.

SIAPKAN BEKAL SEBELUM AJALTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang