3. Harapan Tak Sehangat Tai Ayam

94 14 7
                                    

Setelah menu utama semur jengkol dan rujak mangga muda sebagai dessert-nya sudah terhidang di meja, semua sudah bersiap menyambut kedatangan Enyak. Mereka tak sabar ingin mengetahui hasil periksa kehamilan Enyak.

"Gimane? Janinnye sehat, kan?!" Tanya Mpok Minah antusias.

"Apa? Kelaminnya apa!? Laki atau perempuan!? Alamak, kenapa muka kau asem sangat!? Jangan bilang kalau kelaminnya ganda!?" Bu Togar heboh sendiri. Hanya Yu Lastri yang tenang. Kayak anak SD yang kalem karena takut ketahuan cepirit.

"Gimane, Nyak hasilnya?" Tanya Raras. Enyak dan Babeh tak menyangka Raras bisa seantusias ini. Namun melihat kesenangan anaknya itu, Enyak dan Babeh malah semakin loyo.

"Hadirin sekalian, makasih ye udah repot-repot ngurus semua inih." Kata Babeh membuka pidato dadakannya. "Tapi mohon maap, hasil pemeriksaan bidannye ....,"

Semua menatap mulut Babeh yang mangap. Beruntung tak ada lalat yang masuk kedalamnya.

"Alamak, lama sekali kau ini, teruskan ucapanmu itu." Protes Bu Togar yang tak sabaran.

"Hasil pemeriksaan bidannye ..... Enyak kagak hamil." Kata Babeh dengen wajah kusut.

Mendadak semuanya pun menjadi hening. Kegembiraan pun berganti kekecewaan. Namun ...

"Busyeett ..! AYE LUPA NUTUP WARUNG!!" Teriak Mpok Minah yang segera berlari keluar. Semuanya spontan menutup telinga karena suara Mpok Minah yang sekeras toa.

Jeng-jeng ....

Mpok Minah mendapat kejutan tak terduga di warungnya. Beberapa dagangannya berantakan, dan tak lupa, setumpuk tai ayam menebarkan aroma khasnya. Mpok Minah terkulai lesu melihatnya.

"Harapan emang gak sehangat tai ayam ..," Kata Babeh prihatin. Babeh berusaha tabah karena ternyata Enyak tidak mengandung calon adik Raras. Usahanya sia-sia. Babeh mendadak memiliki niat untuk menambah kejantanannya dengan meminum ramuan manjur turun-temurun dari Engkong buyut.

"Hangat!? Tau dari mana kau jika tai ayam itu hangat!? Pernah coba!?" Tanya Bu Togar bingung.

"Owalah .. Babeh pernah luluran pake tai ayam tho." Sahut Yu Lastri sok tahu. "Kapan-kapan saya juga mau yo ..," Katanya lagi sambil cengar-cengir tanpa dosa.

"Bunuh hayati di rawa-rawa, bang." Kata Enyak dramatis.

"Kagak lah, entar kalo Enyak gaada, Babeh bikin adek buat Rarasnye ame siape, dong?" Celetuk Babeh sambil berpura-pura menangis.

"Ame kambing, kebo, monyet, ama ayam juga sekalian!" Sahut Enyak galak.

"Lho, ngomong-ngomong, Raras mana!?" Tanya Bu Togar sambil celingak-celinguk.

"Lah, piye tho, Raras hilang." Kata Yu Lastri.

"Pasti di kandang ayam!" Babeh pun menuju ke halaman belakang, tempat kandang ayamnya berada.

Dan benar saja, Raras tengah sibuk mengelus-elus 'adiknya' dengan sayang.

"Enyak ternyata kagak hamil, ya .. Jadinya Raras kagak jadi punya adek. Gak ape-ape dah, kan Raras punya kalian. Uuuu thayank ..!"  Ujar Raras pada ayam-ayamnya.

"Yang super tabah ye, Beh, Nyak." Bisik Mpok Minah.

"Oiya, kalau kau ternyata tidak hamil, lantas kau kenapa mual-mual!? Macam mana pula kau bisa ngidam!?" Tanya Bu Togar heran.

"Hngg .. Kate bidan, aye cuma masuk angin. Maapin aye, ye ..," Jawab Enyak sambil mengelus perutnya yang rata.

"Terus tu semur jengkol sebaskom gimane, dong?" Tanya Mpok Minah.

"Mancaayy! Itu mah nyok kite abisin bareng-bareng!" Sahut Enyak bersemangat.

"Emangnya Enyak yakin kuat makan jengkol? Kalo muntah lagi gimane?" Tanya Raras memastikan.

"Yailah, kagak! Segale macem jengkol juga Enyak makan! Nyok, ah, kite sikaaaattt ...!!" Seru Enyak bersemangat. Sudah tak terlihat lagi Enyak yang tadi lemas, letih, lesu, melainkan kembali seperti Enyak yang biasanya.

"Woookeeehh ..!!" Sahut semuanya kompak. Mereka menyerbu meja makan yang sudah tersaji semur jengkol special ala ibu-ibu rempong.

Harapan emang gak sehangat tai ayam, tapi .. Kenyataan juga gak sepahit pil migren punyanye Enyak--pikir Raras.

Intinya, pelajaran berharga bagi keluarga Babeh kali ini adalah ... jangan berharap sesuatu yang belum pasti, karena mendapat kepastian itu sulit. Dan kepastian yang tak sesuai harapan pastilah memiliki hikmah dari Yang Maha Kuasa. Sekian.

🐥🐥🐥

____________________________

Part ini super pendek😂karna ini emg cuma lanjutan dari part sebelumnya yg masih satu permasalahan.
Next part, Raras bukan lagi anak SD yang suka maen di kandang ayam.

Mau tau Raras jadi kayak apa?
Ikutin terus cerita gaje ini yaa😆
#SalamAyam!🐥

Perawan AyamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang