4. Pancasila

19K 2.5K 170
                                    

Anza suka bingung. Temen-temennya di sekolah tuh kayak nggak suka sama Anza gitu. Ada aja deh alasan buat nyela Anza. Yang dibilang Anza pelit lah, Anza sok pinter lah. Anza sampe pusing. Yah, gimana sih. Kan emang Anza pinter, masa harus sok bego gitu? Kalo urusan pelit sih itu salahnya temen Anza sendiri.

Misalnya si Zidan nih. Dia bilang ke temen-temennya kalo Anza pelit, soalnya si Anza nggak mau minjemin penghapusnya. Yah, perlu digarisbawahi, Anza bukannya nggak mau, tapi Anza nggak suka kalo Zidan minjem penghapusnya cuma buat diilangin. Anza udah pernah kok kasih pinjem. Penghapus baru. Masih putih bersih, seputih hati Anza. Pas Anza mau pake, si Zidan malah jawab nggak tahu. Kan Anza kesel pake banget. Habis itu dia nyuruh Zidan nyari sampe ketemu, nggak peduli Zidan yang terus nangis-nangis laporan ke Mamanya. Nah, sejak itu ogahan banget Anza kasih pinjem barang-barang ke Zidan.

Nah, gosipannya Zidan itu ternyata didukung sama si Tasya. Temennya Zidan juga. Kebetulan satu bangku gitu. Barengan ada Anza, Tasya, Karen, sama Rizal. Tasya pinjem krayon Anza, yang warna orange. Pas mau Anza pake buat ngewarnain daun, eh dengan sok manisnya Tasya bilang krayon Anza putus. Kan kesel. Anza pun marah sampe Tasya nangis gitu. Dan bukannya ngebelain Anza, Bu Guru malah nenangin si Tasya dan nyuruh Anza maafin Tasya. Yah, Anza maafin. Tapi. Nggak buat kasih pinjem krayonnya lagi.

Itu berlaku juga buat barang Anza lainnya. Akhirnya deh Anza terkenal pelit. Cuma satu yang nggak ngatain Anza, si Rizal. Kata dia temen-temen emang ngeselin suka ribut. Berisik. Lah, Anza juga mikir hal yang sama. Akhirnya mereka pun akrab dan nggak peduli sama omongan anak lain yang ngatain mereka sok. Bodo amat lah pokoknya.

Selain dikatain pelit, Anza juga mulai males dikatain sok pinter. Anza maju buat nyanyi dikatain sok pinter. Anza ngejawab pertanyaan hitungannya Bu Guru dikatain sok pinter. Anza udah bisa baca, juga dikatain. Sampe Anza bingung, maunya temen-temennya Anza gimana. Mereka ditanya juga nggak pernah jawab, disuruh nggak pernah mau maju, ini pada nyalahin Anza.

Anza sempet laporan sama Mami soal ini, tapi Mami bilang Anza nggak boleh benci temen-temen. Kalo emang nggak mau dianggap sok, Anza disuruh kasih kesempatan yang lain. Jadi, okelah. Anza ikutan saran Mami. Lagian udah bosen Anza dinyinyirin sama temen-temennya.

"Ada yang bisa menyebutkan Pancasila?" tanya Bu Guru. Anza nahan diri buat ngangkat tangan. Kata Mami dia harus tahan diri. Jadi, dia ngebiarin Rizal maju lebih dulu dan nyebutin Pancasila dengan lancar.

"Ada lagi?"

Duh, Anza pengen banget. Cuma dia tengok kanan kiri dulu. Begitu nggak ada yang mau maju lagi, Anza pun ngangkat tangan. Pas kebetulan ngangkat tangan, Anza denger Zidan ngomong, "Kan sok pinter banget emang si Naja."

Senyum Anza ilang, berikut semangatnya. Mana si Zidan nggak pernah bener kalo nyebut nama Anza. Panggilnya Naja mulu. Heran.

"Ya, Anza. Maju sini!"

Anza jadi males jalan ke depan kelas. Dia pandangin dulu muka temen-temennya. Kan pada bisik-bisik. Kecuali si Rizal yang ngepalin tangan dia sambil ngasih semangat. Baik, deh. Anza jadi terharu. Punya temen model Rizal, yang sebaik Kakak Reka.

"Pancasila." Anza noleh ke Bu Guru. Entah kenapa Anza jadi nggak percaya diri.

"Satu ...."

Anza diem. Bikin Bu Guru akhirnya ngebantuin. "Ketu ..."

"Ketuhanan Yang Maha Esa." Duh, Anza jadi pura-pura bego. Padahal dia udah hafal banget. Kan Mami udah pernah ngajarin gitu. Jadi, nyebutin Pancasila mah kecil buat Anza."

"Dua ... ke ...."

"... manu ..."

"... siaan yang adil dan beradap." Dan begitulah sampe selese Anza dipandu sama Bu Guru. Yah, udahlah. Biar nggak dikata sok pinter lagi.

"Lah, nggak bisa aja sok-sokan maju si Naja," itu komentar Zidan waktu Anza duduk di tempatnya lagi. Bikin Anza gemes. Maunya gimana sih? Anza pinter salah. Anza bego salah juga.

"Bu Guru." Bu guru yang baru aja mau nyuruh anak lain maju pun menoleh pada Anza yang ngangkat tangannya. "Ya, Anza?"

"Jidan katanya mau maju," kata Anza bikin Zidan melongo.

"Nggak ...."

"Ya udah, sini Zidan."

Zidan merengut kesal. Dia natap tajam Anza, tapi Anza nggak takut sama si Zidan. Rasain lah si Zidan yang ternyata nggak lebih pinter dari Anza. Salah sendiri cari gara-gara sama Anza.

.
.
.
KKKEUT

Kalo di sekolah, kalian lebih kaya Anza atau Zidan?

All about AnzaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang