Nggak kayak biasanya, Mami terlambat jemput Anza di sekolah. Akhirnya Anza terpaksa nunggu Mami sambil duduk di atas ayunan. Sebenernya, Rizal dan beberapa temennya yang lain udah ngajak Anza pulang bareng gitu. Tapi, semua Anza tolak. Anza nggak mau Mami khawatir nyari-nyari gitu soalnya.
"Hngggh," Anza mendesah pelan. Bibirnya udah manyun gitu. Bosen banget di sekolah sendirian. Anza sampe bingung, sebenernya Maminya dia ke mana sih?
"Mama, itu Anja!" Tubuh Anza tegang gitu denger suara lamat-lamat yang semakin dekat dengannya. Itu tuh kayak suaranya ... "Anjaaaaa!"
Anza noleh. Kan bener dugaan Anza. Itu suaranya Kakak Elbi. Anza hafal banget. Soalnya panggilannya Kakak Elbi ke Anza tuh sebagai tanda kalo dia harus bersembunyi. Masalahnya, Anza harus sembunyi di mana?
Dengan terpaksa Anza diam di tempat. Dia coba senyum gitu ke Tante Elis yang datang bareng sama Kakak Elbi. Tapi, langsung pasang muka bete begitu sadar kalo Kakak Elbi udah duduk di ayunan di sebelah Anza. Herannya Anza, meski udah dikasih tampang bete begini, Kakak Elbi tetep aja betah senyum-senyum.
"Anza belum dijemput?" tanya Tante Elis.
Anza geleng kepala. "Belum, Tante."
"Mau bareng Tante aja?" tawar Tante Elis.
Anza sih bisa aja menerima tawaran Tante Elis. Mana dia kan udah bosen gitu nunggu Mami. Cuma ... Anza noleh ke Kakak Elbi yang sibuk main ayunan. Huft, Anza ogah banget pulang bareng Kakak Elbi. Kalo sama Kakak Reka atau Thifa mungkin Anza mau.
Ah, Thifa. Anza jadi inget si adek itu. Semakin inget, Anza jadi makin pengen punya yang kayak Thifa. Cuma Anza masih belum tahu gimana dapatnya. Mau coba tanya Mami, malu. Tanya Papi? Hmmm, masih Anza pikir-pikir.
"Gimana, Anza?" tanya Tante Elis lagi.
"Makasih, Tante. Anja nunggu Mami aja," tolak Anza.
"Oh, ya udah kalo gitu," kata Tante Elis maklum. "Yuk, Elbi. Kita pulang," ajak Tante Elis. Tapi, Kakak Elbi kayak ogah gitu diajak pulang.
"Temenin Anja dulu, Mama. Kasihan Anja sendirian," kata Kakak Elbi.
Anza langsung natap Tante Elis, harap-harap cemas gitu. Anza males banget ditemani Kakak Elbi. Sayangnya, si Tante nggak mengabulkan harapan Anza. Tante Elis malah mengangguk, menyetujui usul Kakak Elbi buat menemani Anza nunggu jemputan. Ah, sial banget jadi Anza.
Yah, percuma juga Anza mau mengeluh. Anza ambil sisi positifnya aja. Paling nggak Anza nggak sendirian. Mencoba mengabaikan Kakak Elbi yang terus aja ngajak Anza ngobrol, pandangan Anza jatuh pada perut Tante Elis. Perut si Tante masih aja buncit gitu. Mungkin masih susah BAB atau yang sering Mami sebut dengan sembelit?
"Tante ... Tante," panggil Anza. "Tante nggak suka makan sayur, ya?" tanya Anza membuat Tante Elis kebingungan.
"Suka, kok," bantah Tante Elis.
Anza menggeleng nggak percaya. "Bohong. Itu perutnya buncit. Pasti susah BAB, kan?" tebak Anza dengan sok tahunya.
Tante Elis malah ketawa dengar tebakan Anza itu. Begitu juga Kakak Elbi. Dia ketawa keras banget, pake cubit pipi Anza segala. "Ih, Anjaaa. Itu perut Mamanya aku buncit, soalnya ada adek di sana," jelas Kakak Elbi.
"Adek?" Anza menatap Tante Elis, dan Tante Elis mengangguk membenarkan penjelasan Kakak Elbi. "Adek kayak Thifa?" tanya Anza.
"Anza kenal Thifa?" Tante Elis malah tanya balik.
"Kenal waktu diajakin Papi nonton futsal," jawab Anza. "Jadi, di perutnya Tante ada adek yang kayak Thifa? Tante dapet adeknya dari mana? Gimana masukinnya?" tanya Anza penasaran. Kan Anza juga mau adek gitu. Yang kayak Thifa gitu. Biar nggak kalah dari Kakak Elbi.
"Eh ... itu ...." Tante Elis bingung sendiri gimana menjelaskannya. Untung aja, Tante Elis nggak harus jawab pertanyaan Anza, karena dia lihat Papi Anza baru aja datang dan lagi jalan mendekati mereka.
"Tuh, Papi nya Anza udah datang," Tante Elis tersenyum lega.
"Anza, maaf. Papi tadi kena macet," ucap Papi penuh penyesalan.
Anza nggak peduli dengan permintaan maaf Papi. Dia malah celingukan nyari keberadaannya Mami. "Mami mana, Papi? Kok Papi yang jemput?"
"Mami ke tempat Tante Aryani. Tante Aryani lagi nggak enak badan gitu," jawab Papi. Dia kemudian mengalihkan pandangan pada Tante Elis dan Kakak Elbi. "Makasih udah nemenin Anza."
"Sama-sama, Mas," balas Tante Elis. "Nah Elbi, yuk pamit sama Om Gilang dan Anza."
"Om Ganteng, Anjaaa ... Elbi pulang dulu," pamit Elbi sedikit nggak rela. Karena sebenernya Elbi masih pengen main sama Anza.
"Kami duluan, Mas," giliran Tante Elis yang berpamitan.
"Hati-hati di jalan," balas Papi. Dia kemudian memusatkan perhatian ke Anza kembali. "Pulang, Anza?"
Anza cuma bisa nurut. Meski sebenernya Anza sebel banget. Karena Papi dateng, Tante Elis nggak mau ngasih tahu gimana caranya Anza dapet adek.
Ya udahlah, Anza tanya Papi aja nanti.
"Papi?"
Papi nggak menoleh, karena lagi nyetir mobil. Dia cuma menggumam nggak jelas gitu, biar Anza tahu kalo panggilannya direspon Papi.
"Papi inget nggak sama Thifa?" tanya Anza.
"Oh, keponakannya Om Bian?"
Anza mengangguk semangat. "Iya. Yang Anja suapin cokelat. Yang lucu ngegemesin gitu."
Papi ketawa mendengar pujian Anza pada Thifa. Nggak pernah si Anza muji orang sampe begini. Karena yang biasa Anza puji cuma Mami dan Kakak Reka. "Kenapa kalo Papi inget?" tanya Papi melirik Anza yang lagi menatapnya dengan mata berbinar.
"Itu lho, Pi ...." Anza garuk-garuk kepala. "Anja suka sama adeknya."
Ckkkiit.
"Papiiiii!" Anza berteriak seram waktu Papi nginjak rem. Untung Anza pake sabuk pengaman. Kalo nggak mungkin Anza udah jatuh.
"Anza!" Papi melotot gitu sambil megang pundak Anza. "Anza bilang apa tadi?"
"Uhm," Anza tersenyum lebar. "Anja suka adeknya. Anja mau—"
"Duuuh, Anzaaaaa!" Anza bingung karena Papi malah teriak-teriak gitu. "Kamu tuh masih kecil. Jangan main suka-sukaan. TK aja udah main naksir sama anak gadis orang. Gedean dikit nanti mau gimana? Ayah bundaan? Jangan, Za ... bla ... bla ... bla ...."
Seriusan, Anza bingung sama omongan Papi. Anza juga belum selesai ngomong. Padahal kan Anza cuma mau bilang kalo pengen punya adek yang kayak Thifa. Biar nggak kalah gitu sama Kakak Elbi yang bentar lagi mau punya adek. Papi malah nggak nyambung.
Salah Anza mau tanya Papi.
Anza pusing.
Sebahagia Papi aja lah.
.
.
.Kkeut
Cuma mau bilang, "sabar, ya Anjaaa." Kakak juga bingung. Kakak mau bobok ajaaa 😴😴😴