“Imsaaaakk...imsaaakkk..” .bersahut sahutan terdengar di sluruh surau surau kampung. Waktu ini menandakan berahir nya jam makan untuk orang yang hendak berpuasa. Kulaksanakan sholat subuh dengan segera. Ku ingin melanjutkan tidurku yang terganggu oleh waktu sahur. Hari ini kuliah sedang libur karna memasuki libur semester ganjil. Terhitung ini adalah th kedua setelah kesmbuhan pakde atas sakit yang dideritanya.
Hari raya kini hanya tinggal menghitung hari tepat nya ini adalah hari ke 21 puasa ramadhan. Pada masa2 ini adalah masa yang sakral dari hari turun nya alquran hingga mlam laital qadar. Manusia berbondong2 berlomba mencari pahala dan ridho Allah SWT.Hari ini masihlah cukup siang. Kulihat jam pada ponsel menunjukan pukul 11:00 wib ini menandakan bahwa waktu berbuka masih sangat lama. Ku rebahkab diri ini keatas kasur yang dlam ny dari kapuk, cukup keras memang. Terdengar dari luar kamar suara ribut dan panik ibu yang terdengar sedikit mengisak. Kuputuskan untuk keluar dan bertanya.
"Ada apa to buk". Tanyaku memelas
"Iku lho leee. Pakde mu. Pakdemu itu.." Suara ibu trcekat cekat.
"Pakde knapa to buk"..suraku ikut lirih
"Pakde mu meninggal leee"...
"Innalillahi wainalillahi rojiun"...baca ku sambil terbata bata.
Pakde merupakan sosok yang dekat dan hangat dengan saudara2 nya. Selain kebaikan ny, satu hal yang tak bisa kulupakan yaitu angpao dihari lebaran yang sebentar lagi tiba yg walaupun jumlah ny tdak terlalu bnyak.
Kabar kematian pakde sangatlah mengagetkan kami pasal ny setelah sakit nya yg terahir beliau derita. Beliau terlihat seperti memiliki semangat hidup yang kuat, namun takdir telah berkata lain. Tuhan lebih sayang pada beliau.
Hari itu juga kami melayat ke rumah beliau. Proses pemakaman pun berlangsung dengan lancar. Kini kami sekeluarga berkumpul dirumah bersama pakde yoyok. Pakde kus dan saudra2 yg lain menantu beliaupun yg notabene sebagai suami mbk endang, anak pertama pakde pun juga terlihat hadir. Mas andik namanya, beliau adalah suami mbk endang yg jrang pulang karna kerja diluar kota.
Obrolan yang haru pilu hingga pkde yoyok memberanikan diri untuk menanyakan kronologi kematian pakde. Suasana hening sejenak hingga mas anto bertutur bahwa kejadian nya dimulai ketika sehabis adzan subuh berkumandang, almarhum kejang2 dan muntah2. Beliau sempat dibawa ke ugd puskesmas terdekat namun mereka kualahan hingga di bwa ke RSUD pun masih belom jelas kenapa. Situasi itu membuat keluarga panik hingga terlupa untuk menghubungi keluarga yg lain.Semakin lama pakde pun muntah darah yang cukup hebat. Cairan kental berwarna merah terus keluar dari mulut beliau. Miris memang mendengarnya. Mas anto juga sudah berupaya untuk menghubungi ki ageng namun tidak ada jwaban dari beliau nomer ponsel nya sudah tidak aktif.
Sekeluarga pun sudah pasrah atas beliau. Tangis dan isak memenuhi ruangan tersebut suasana berubah menjadi haru biru. Pakde telah menghembuskan nafas terahirnya. Beliau telah berpulang ke rahmatullah. (Mohon para readers utuk sekedar mbaca alfatihah atau aminkan untuk bliau disna. Semoga beliau diberi ketenangan dan tempat yang layak disisiny).
Kesedihan yang cukup mendalam dirasakan. Berharap apa yang menimpa pakde adalah hal buruk yang terahir.
Setahun berselang setelah kematian pakde. Waktu yang tidak lama untuk menutup luka lama atas kepergian beliau. Hal buruk kembali menimpa keluarga beliau. Mas andik yang tiba dari luar kota pulang. Beliau mendadak sakit. Singkat cerita beliau menderita sakit yang cukup aneh dari hari ke hari perut beliau semakin membesar dan setiap beliau BAB bukan feses/tinj* yg keluar namun lumpur yg hitam pekat keluar. CT scan tlah dilakukan hingga penyinran x ray, namun hasil nya nihil.
Sminggu setelah sakit yang beliau derita beliau menghembuskan nafas terahir dirumah sakit yang sama dengan kematian pakde. Tangis kini terdengar kembali raungan tangis mengiringi kepergian beliau. Tahlil bersahutan dan kereta beroda manusia nengantarkan tubuh yg tak berjiwa ke tempat peristirahatan terahir. Mas andik pergi meninggalkan seoarang gadis balita. Dia bernama sarah.
ini dendam ataukah takdir telah merenggut sosok ayah dari seorang balita yang belum mengenal apa itu sebuah kehilangan keluarga. Menjadi yatim bukanlah suatu keinginan srah namun apalah daya garis telah ditentukan. Mbk endang kini menjanda menanggung semua beban berat kehidupan di pundaknya.Dlam cerita ini semoga menjadi sebuah teladan dalam menjalani hidup di dunia. Kita harus senantiasa menghormati dan menghargai oranglain. Jodoh. Rezeki. Maut telah tertulis baginya. Kita sebagai manusia haruslah bijak dalam menanggapi semua itu.
Sekian cerita dari saya. Terimaksih sudah membaca dan juga terimakasih atas doa yg terucap.
TAMAT
KAMU SEDANG MEMBACA
SANTET (the envy & black magic)
HorrorIni kisah pengalamanku, kisah yang memotivasi diri ku sendiri dalam hidup untuk slalu menghargai dan sebisa mungkin tidak menyakiti orang lain. Nama ku ridwan . Aku seeorang anak desa yang kurang pandai menulis .ini adalah tulisan pertamaku banyak k...