muntah darah

5.6K 180 4
                                    

Terlihat ayah sedang berbicara cukup serius dengan ibu. Terlihat sesekali wajah ibu kaget, hingga ayah telah selesai bercerita. Naluri ku yang kepo lantas membuatku penasaran. Kupuaskan rasa ingin tau ku. Kutanyakan kepad ibu ku yang terlihat gusar dan khawatir.
Buk kenapato kq kayak kaget gitu?.
"Iku lo lee pakdemu ki sakit kq dipriksakan gak ada penyakit nya kata dokter".
"Lha sakit e pripun to buk"(sakit gimana buk?). Dengan nada penasaran. "Pakdemu itu muntah2 darah terus lo leee. Kata dokter yo gak ada penyakit tapi kq muntah2 darah, Kata ayahmu pakde sering gak sadar kayak orang ngeliat hal2 yang gak wajar."
Lama aku berpikir gerangan penyakit apa yang menimpa beliau., mungkin kah ada seseorang yang telah dengan tega mengirim santet ke pakde. Lbih dari setengah jam pertanyaan itu berkecamuk didalam pikiran ku. Mengingat pakde itu orang yang ramah, baik dan seperti tidak punya musuh.
Hari telah berganti. Pagi pukul 9 pakde sampai dirumah mbah putri dengan membawa mobil sewaan. Terlihat pakde tengah dibopong kedalam rumah oleh mas anto dan pak supir yang membantu. Belum ada pembicaraan serius tentang apa penyakit yang diderita pakde. Para tetangga kini telah datang untuk menengok ataupun hanya sekedar ingin tau saja dengan berkedok menengok. Hari telah sore mas anto dan mbk endang pulang kini hanya ada bude yang menemani pakde dirumah mbah putri. Selepas adzan magrib penyakit pakde kambuh lagi, beliau muntah darah namun sedikit aneh darah yang keluar itu berwarna merah tua sedikit kehitam hitaman dan bau nya sangat busuk. Mbah putri ku yang berada disamping ny pun terlihat panik karna baru pertamakali nelihat nya. Ayahku datang dengan membawa orang tua yang berpakaian sperti kiyai, beliau kerap disapa dengan sebutan mbah selo. Beliau cukup terkenal mengobati penyakit2 nonmedis.
Mbah selo kini tengah terduduk bersila denga memegang gelas yang berisi air putih, kulihat beliua sperti membaca doa doa arab yang entah ayat apa yang ia baca kemudian didekatkan mulut nya ke gelas dengan sedikit menyembur ke air dalam gelas tersebut. Diminumkan air putih tersebut ke pakde, tidak lama pakde bereaksi, pakde yang semula berbaring tenang iki telah berontak sambil memegangi perut nya beliau seperti orang yang kesakitan, namun berangsur2 beliau mulai tenang. Satu jam kemudian beliau bangkit dari tidurnya dengan menyandarkan bahu nya ke dinding dan berkata "lee panggilen bude pakde elom(lapar)" "Inggih pakde!" (Iya pakde)  Karna bude ku panggil2 tidak ada .aku ada inisiatif  untuk menyuruh ibuku untuk mengambilkan makanan . Sepiring bubur ayam yang ibu beli di depan gang telah tersaji kini kubawa dg segelas air putih dan ku berikan ke pakde. Alih alih pakde memakan nya dia menolak dengan keras seraya berkata. "Panganan apa to iku lee.. makanane manusia kui gak enak"( makanan apa itu nak, mknan ny manusia itu ga enak). "Itu lo lee aku ambil no kembang melati didepan aq sudah lapar banget iki loo".. sontak aku kaget dengan perkataan pakde ku yang diluar dugaan.
Kuceritakan hal yang ku alami  kepada ayah ku. Namun seperti nya beliau tidak terlalu kaget hingga dia bercerita kepadaku tentang perbincangan nya dengan mbah selo.

SANTET (the envy & black magic)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang