"Assalamualaikum mamah" salam gue bersemangat.
"Waalaikumussalam nak" mamah tersenyum
"Ainun mandi dulu yah mah" gue langsung otw kamar mandi.
Setelah selesai mandi gue ngga sengaja mendengar mamah dan ka hamas sedang berbicara sesuatu hal penting.
Akhirnya gue nguping.
"Mah hamas dipecat dari kantor" ucap hamas lesu.
Mamah kini mulai mengelus pucuk rambut hamas dengan kasih sayang seorang ibu."Yaudah ngga papa, mungkin ini ujian dari Allah, hamas tenang saja Rezeki itu udah ada yg ngatur, jadi hamas ngga perlu khawatir" ujar mamah menenangkan hamas.
"Tpi mah bagaimana dengan sekolah ainun, dia kan setiap bulan harus bayar spp, blum lagi nanti kalo kuliah" seru hamas panik
"Hamas tenang saja mamah masih ada perhiasan ko"
" tapi mah, jgn dijual itu buat kenang2 pernikahan mamah sama ayah"
Gue yg mendengar percakapan hamas sama mamah pun membuat gue jadi lemas, dan sadar gue harus cari cara agar gue bisa mandiri dan tidak membebani hamas dan mamah.
'Gue harus cari kerjaan' batin gue.
Pulang sekolah.
Gue menyusuri trotoar seperti biasa, fikiran gue kacau, mood gue berantakan. Gue harus cari kerja kemana, sedangkan gue hanya anak kelas XI SMA yg belum lulus.
Dijalan gue lihat ibu2 yg cantik, modis, kalo bahasa jaman sekarang itu " mother zaman now" haha.
Tapi setelah gue perhatikan disamping ibu2 tersebut ada seorang pria yg berkumis, tato dimana-mana yg sepertinya sedang memperhatikan gerak gerik ibu2 itu.
Dan benar saja si pria tadi menjambret tas ibu2 tadi, alhasil gue sebagai kaum muda dengan semangat 45 gue kejar tuh sipreman zaman now.
'Untung gue hari ini pake seragam olahraga, coba kalo pake rok bisa ribet -.-' batin gue.
Semua orang sekitar hanya ngeliat gue lari tanpa ada niatan bantu gue buat ngejar tuh preman.
gue berpikir keras gimana caranya tuh preman bisa berhenti.
Akhirnya gue ambil kayu balok yg berserahkan dipembangunan rumah.
Kayu itu gue lemparin tepat dikepala preman, dan dia tepar.
Gue ambil tas yg masih dipegang preman itu.
"Makannya pak, cari uang tuh yg halal," cicit gue kepreman ini.
"Tapi mbak, saya cuma lulusan SD, mana mungkin saya dapet kerjaan :'v" ehh si preman malah curhat.
Gue yg dengernya jadi terenyuh, tersentuh hati gue.
"Nak kamu ngga pp kan?" Ujar ibu2 yg tasnya dicopet.
"Ehehe ngga pp bu, tpi aku kasian bu sama preman ini dia pengen kerja tapi dia cuma lulusan SD" curhat gue.
Ibu2 ini pun melihat ibah preman ini.
"Maaf ya bu saya menjambret tas ibu, itu pun saya terpaksa'' keluh preman ini.
"Iya saya maafkan"
"Oh ya perkenalkan bu nama saya udin, alamat rumah didesa jemaras kidul blok pande, rt 05 rw 01, sekedar ngasih tau apabila saya bermasalah dengan ibu lagi ibu bisa menghubungi polisi dan mampir kerumah" jelas preman yg diketahui namanya udin.
Akhirnya udin pun berlalu.Preman zaman now hahaha.
"Jdi nama kamu siapa nak?" Tanya ibu kegue.
"Ainun cantika bu"
"Nama yg bagus, manis pula" gue yg dipuji pun kesem sem ndak jelas.
"Mampir dulu yuk kerumah ibu!" Ajak ibu2 ini.
"Tapi bu"
"Udah tidak ada penolakan pokoknya kamu harus ikut" ujar ibu tersebut dengan disusul senyumnya.
Dirumah ibu rita.
Rumahnya begitu mewah nan megah.
"Rumah ibu besar banget" cicit gue ke ibu rita.
"Ngga besar ko cuma mewah aja" ujar bu rita.
Haha bu rita sombong apa gimana sih?.
"Bii tolong bikinin minuman 2 yah" suruh bu rita kpd pembantunya.
"Ini bu minumannya"
eh buset ini pembantu apa robot? Baru aja disuruh langsung dateng aja minumannya."Ya makasih bii" ujar bu rita.
"Bu ngomong2 kalo ainun kerja disini boleh ngga bu?" Pertanyaan aneh ini tiba2 keluar dari mulut gue.
"Memangnya knp kmu mau kerja disini? Bukannya kamu masih sekolah nak?"
" iya bu, tapi aku kasihan sama ka hamas yg sekarang dipecat dari kantor, dan ainun tidak ingin membebani kaka, jdi ainun ingin mencari pekerjaan"
"Memangnya ayah kamu kemana?"
"Ayahku pergi meninggalkan aku, mamah dan ka hamas begitu saja, entah sekarang beliau ada dimana"
Bu rita pun merasa ibah kepada ainun.
Akhirnya ainun pun dibolehkan bekerja dirumah bu rita.
"Makasih ya buu...makasih banget bu" ucap ainun dengan bahagianya.
"Tapi kerjanya jangan sampe kecapeaan ya Ai" ucap bu rita sambil memeluk ainun seperti anaknya sendiri.
Bersumang ayeeh.
Cie ainun dapet kerjaan juga.
Pendidikan itu penting ya temen2 jangan sampe kya preman tadi hihih.^^
KAMU SEDANG MEMBACA
senior masa gitu?
Teen Fiction"eh anak sombong kelas apa lo?" "ada juga lo ka yg sombong, sok ketampanan lo" "etdah gw baik hati, kalo masalah tampan itu sudah faktanya, daripada elo jelek minta tuker sana" "iyain, terserah...biar pun jelek tetep disyukuri ngga mau minta tuker...