1. Gue dan Moli

19K 1.1K 147
                                    

[PRESENT]

Dulu, ketika gue dan Moli masih anak baru di kantor, Minggu pagi seperti ini kami pasti udah stand-by di kantor karena kebagian megang event. Entah itu supervisi atau jadi seksi sibuk wara-wiri, kami jarang banget merasakan hari Minggu sebagai hari libur. Sebagai cungpret kantor agensi periklanan yang lumayan laris manis kayak bubur ayam di CFD, klien kami juga nggak pernah absen mempekerjakan jasa kantor kita meski hari libur.

Ah... kehidupan kacung itu. Nggak nyangka gue bakalan kangen Minggu pagi yang hectic itu di saat gue sedang santai menikmati hidup begini.

Gue mengulum senyum jumawa seperti lelaki-lelaki sukses di cover majalah Forbes lalu melanjutkan kegiatan gue memotong kuku jempol kaki. Dari sudut mata gue bisa melihat Moli mengernyit melirik gue dengan tatapan jijik.

"Lo tuh jijik banget sih dari bocah sampe udah usia om-om gini masih aja doyan melakukan hal-hal jorok di sembarang tempat." Gerutunya. Membuat gue ingin meraupkan tangan gue ke wajahnya biar dia terpapar kejorokan gue. Tapi gue takut kualat sama ibu hamil.

"Jorok mananya sih orang ini lagi bersihin kuku."

"Jorok, Jean!!!"

Di mana-mana ibu hamil tuh sama aja. Nggak ngaca kalau mereka juga bisa lebih jorok alias betah nggak mandi sampai lumutan. Gue balas melirik Moli dengan tatapan sama jijiknya. "Lo kenapa telat banget baru cuti pas trimester tiga? Nia aja langsung gue suruh cuti pas gue tahu dia berhasil gue buntingin."

"Laki gue nggak ngebolehin." Moli menjawab cepat. Lalu mengikuti arah pandang gue ke Nia yang sedang melakukan gerakan-gerakan yoga. "Nia juga belom cuti kan?"

"Itu sih dianya yang nggak mau." Gue menggeleng-geleng. "Coba lo bayangin. Dia nggak pakai ketambahan hormon ibu hamil aja ngegasnya kaya apa kalo ngajuin tuntutan. Ini sekarang ketambahan bawaan bayi gue tuh. Rame penjara."

Moli tergelak mendengar penjelasan gue. "Gue kadang masih takjub jaksa sekaliber Nia lakinya modelan vacuum cleaner kayak elo." Gue aja bertanya-tanya. Gimana elo, Mol. "Bener Nia yang nggak mau cuti? Bukan karena lo masih pengangguran?"

"Enak aja!" Gue toyor pelan pelipisnya, dan Moli membalas menjambak rambut gue.

Untung gue bisa tahan buat nggak mengumpat. Dan mengucap istighfar sebagai gantinya. Harusnya kalau gue mau jadi bapak yang santun emang lebih baik nggak usah deket-deket Moli dulu biar ahlaq gue membaik.

"Gue nggak kayak laki lo tau. Kapitalis!"

"Ini tuh bukan kapitalis, tapi demi anak gue nanti bisa sekolah bener. Biar kalo minta jajan ke Singapore kaya anak-anak selebgram, gue sama Ega nggak usah ribet nyari dukun buat gandain duit!"

Gue tergelak mendengar alasan Moli. Udah gue tebak, kalo udah cuti dan kebanyakan nganggur pasti kerjaan dia mantengin kehidupan fana selebgram-selebgram itu.

Dia lalu dengan serius menjelaskan rencana tabungannya yang berlapis-lapis. Tabungan jangka panjang, pendek, target tahunan, target sepuluh tahun mendatang. Kayak lagi dihasut buat join asuransi gue jadinya.

"Lo makin ke sini makin mirip Ega deh, Mol."

"Masa sih?"

"Serius. Cara planning lo udah beda banget sama lo yang dulu. Dulu lo kan punya duit dikit langsung pengin hedon. Rekening tinggal enam digit, udah panas bokong lo nyari side project." Gue mengingat-ingat lagi kelakuan Moli yang kayak lintah haus darah tiap kali berhubungan sama uang. "Gue bisa bayangin kalo Ega maksa elo cuti dari awal kehamilan, abis tuh rambut Ega lo jambakin."

"Anjir, iya juga. Nggak kebayang gue bakal well planned gini setelah ditemenin Ega." Tukasnya sembari mengangguk-angguk membenarkan. "Je, ngomongin jambak rambut gue jadi inget Ega udah ubanan."

Act of DestinyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang