CINTA, 5 huruf yang membentuk sebuah kata absurd yang punya makna lebih dalem dari palung seram Halmahera. Semua orang pasti pernah ngerasain apa yang namanya itu cinta, kayak cinta ke orang tua, sahabat, pacarnya, sesama, peliharaan, atau ke laptopnya. ( LO NYINDIR GUE YA KECEBONG KUPRET ?!)
Orang bilang cinta bisa ngebuat orang yang IQ nya lebih dari BJ Habibie aja bisa mendadak turun setara sama IQ keledai albino. Kita juga bisa mendadak alay dan lebay saat semua yang ada di hadapan kita hanya tertuju ke dia, di bulan ada wajah dia, angin berembus ngingatin kita gimana rasanya sentuhan dia, boker pun kita ing.... gak, lupakan kata-kata gue yang terakhir.
Cinta juga ngebuat kita mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan semuanya hanya buat orang itu. Kita bisa ngebuat sebuah puisi yang panjangnya bisa dari Anyer sampe Panarukan, lagu romantis yang bisa kedengeran ‘TERLALU’ ngebuat fakir cinta ngedenger minta di kutuk aja jadi pijakan jamban dan sketsa wajah dia kita gambarin dengan cinta di sehelai daun kelor meskipun kemiripannya aja gak bisa diukur pake persentase matriks atau apapun itu cuma buat mengagumi orang yang kita cinta, dan gue salah satu pelakunya.
Gue sekarang seneng banget! mau ngapa-ngapain gue gak kesepian lagi, soalnya ditemenin terus sama Demit cantik yang selalu available.
Dia selalu ada disamping gue buat nemenin gue main PS, ngegambar dan banyak lagi. Hubungan kami ini yang bisa dikatain baru seumur biji kacang ijo praktek IPA SD hanya di ketahuin sama Nee-chan dan Reina
Seminggu jadian ini masa dimana masih anget-angetnya dalam suatu hubungan, dan itu emang faktanya. Kak Alice bakal selalu ngingetin apapun itu, pertamanya gue agak risih gitu karena Kak Alice perhatiannya ekstrim banget.
Contohnya aja gini, dia ingetin gue makan dengan ngebawa makanan ke kamar atau dimanapun gue berada, ok ini termasuk wajar kan? Yang ngebuatnya ekstrim Kak Alice ngebawaain makanan dengan porsi kuli telat makan.
Masih kurang ekstrim? Dia bahkan stay di kamar gue dari kemaren dengan alasan yang cukup ambigu, dengan polosnya dia bilang sama Mama kalo takut nanti pas ketiduran gue nyungsep dari kasur dan nemplok di lante, padahal gue udah baikan dan bisa salto 8 kali bolak balik. Tapi semua yang dilalukan dia semata-mata karena dia sayang banget sama gue.
Gue sekarang lagi duduk di ayunan sama Kak Alice yang baca novel sambil denger lagu dari earphone yang satu di kuping dia, dan yang lain di kuping gue. Gue juga lagi ngegambar di buku sketsa sambil merhatiin Kak Alice karena objek gambar gue emang dia.
“Lagi ngapain sih Al?” tanya Kak Alice mengalihkan pandangan ke gue.
“Gambar.” jawab gue singkat.
“Gambar apa sih? Liat dong...”
“Kelincinya Spider-Man terbang ke bulan pake banana boat, gak bakal ngerti deh lo.” gue nutup buku sketsa karena udah selesai ngegambarnya.
“Ih kamu kan gitu lagi, Kakak mau liat dong...” rengek dia manja.
“Udah lo gak bakal ngerti Kakak sayang...”
“Dasar pelit, Wee!” dia meletin gue dan cemberut.
Gambar yang ini salah satu dari sketsa dia yang rencananya mau gue kasih ntar malam sama sebuah liontin yang gue beli kemaren diam-diam. Liontin berbentuk lonjong berbatu ruby di tengahnya ini pesenan khusus ada ukiran nama dia didalam yang isinya masih gue rahasiain dari lo pada dan dikonci sama sebuah gelang.
Tujuan gue ngasih ini ke dia, karena Kak Alice hari ini ulang tahun. Gue sebenernya udah tau kalo dia sekarang ultah, tapi gue belaga bego waktu dia nunjukin gejala-gejala biar gue nyadar kalo ini hari spesial dia, gue emang sengaja bikin dia bete setengah idup sama gue biar suprisenya lebih nampol.
Gue juga udah bilang tadi malem ke penghuni kos lain dan Bu Tisna kalo hari ini Kak Alice ulang tahun, jadi gue nyuruh mereka ke panti buat nyiapin suprisenya.
“Halo, ini ceritanya Demit cantik kesayangan gue ngambek ya?” kata gue ngetok bahu dia yang membelakangi gue.
“Gak tau! Menurut kamu?!” jawab dia ketus tanpa ngelirik gue sedikit pun.
“Ngambek ya? Padahal gue mau ngajak keliling naik motor, yah kalo Demit cantik gue ngambek ya mau gimana lagi, keliling sendiri aja deh.” rayu gue pura-pura ninggalin dia.
“Keliling pake motor? Mau dong...” bisik dia masih ngebelakangin.
Spontan aja langsung gue deketin lagi dan nyandar di pundak dia bilang “Tapi ceritanya ngambek nih? Yakin mau ngambekan sama gue?” sambil mainin rambut dia.
“Dasar nyebelin! Ayo keliling naik motor...” jawab dia langsung berdiri yang ngebuat gue jatoh dari ayunan dengan indahnya.
“WADAW! Nyungsep lagi gue, hobi banget sih cewek ngebikin gue nyungsep!”
“Aww! Sorry Al...” dia bantu gue berdiri.
“Yaudah, ambil jaket sama helm sana, gue keluarin motor dulu ya...”
Beberapa menit setelah manasin motor dia keluar sambil bawa 2 helm sama jaket, gue tadi ngepack kadonya yang gue masukin ke tas dan geber motor dikasih Kak Alice jaket.
“Sini gue pasangin helmnya.”
“Kita mau kemana Al?” tanya dia ngerapiin jaket gue.
“Udah ikut aja, dasar kepo!”
“NYEBELIN!!!”
Gue merhatiin raut muka Kak Alice dari spion, sengaja gue arahin ke dia yang ternyata masih kebingungan mau gue bawa kemana di boncengan, sesekali gue neriakin dan ngusilin dia melamun pegangan di pinggang gue.
“Kak, lo bisa bawa belanjaan makanan gak?” tanya gue tetep bawa motor.
“Bisa kok Al, emang kita mau kemana sih?”
“Lo bawel amat sih Kak, gue jatuhin ntar kalo lo nanya lagi mau?”
“Ih kamu nyebelin banget sih?! Kakak kan penasaran aja mau kamu bawa kemana... Emang kamu mau ngejatuhin Demit cantik kesayangan ini haa?” ucap Kak Alice yang amper panas nya udah menggelegak mukul-mukul helm gue.
“Ya enggak mau juga sih.”
“Udah tau kan kita bakal kemana?” lanjut gue masih dipukulin sambil markirin motor di mini market tempat gue belanja makanan buat anak panti dulu.
“Panti ya? Wah seriusan nih?” muka dia yang manyun udah mirip sabit tukang begal langsung berubah cerah dan riang se-riang Teletubies di onggokan kue Tubie nya. Dan gue juga nyesel karena udah belanja disini ngebikin dia jadi riang, otomatis rencana gue ngebikin dia bete setengah mampus hari ini gajlok, alias gagal jeblok.
“Iya Demit cantik, seneng ya gue ajak kesana? udah sana babat abis isi mini marketnya buat adek-adek di panti.” kata gue ngusap kepalanya.
“Ok, sayang!” balas dia sambil ngasih hormat ala prajurit angkatan ke gue dan berjalan girang kedalam mini market.
Gue menatap punggungnya yang telah menghilang di kerumunan orang yang juga belanja di sana, gue hanya mematung kembali mencoba menyadarkan diri gue kalo gue emang bukan di alam mimpi.
Gue masih mencoba mencari batas antara alam mimpi penuh angan-angan dan realita yang merupakan kenyataan harus dijalani meskipun itu gak sesuai dengan harapan.
Alam realita sama mimpi gue seakan menyatu karena kehadiran Demit cantik ini, hidup gue serasa benar-benar telah lengkap saat dia menyerang batas itu. Beribu pujian gue ucapkan masih begitu susah untuk menggambarkan kesempurnaan dia. Gue bakal berusaha membuat diri gue sebanding buat dia supaya kami gak bisa dipisahkan.
“Hey, Al bengong aja... udah ayok jalan.” bisik Kak Alice di telinga membuyarkan lamunan gue tentang dia.
“Eh, iya Kak, udah sele- BUJUBUSET! banyak amat tu belanjaan, lo gak kasian sama adek-adek panti di suruh ngabisin 6 kantong makanan segede Gaban? Yakin bisa bawa nya?”
“Enggak tuh, pasti mereka seneng Kakak bawain makanan sebanyak ini. Lagian kamu kenapa bengong? Mikirin Kakak yaa?” ucap Kak Alice dengan muka super tengilnya.
“Widih, bener-bener Demit lo Kak, jadi takut gue.” jawab gue ngambil 2 bungkusan dan naroknya di atas tangki motor.
“Hahaha, biar. Kamu mikirin Kakak tadi kan?” kata dia sambil duduk di boncengan.
“Enggak ah, ngapain gue mikirin elo.”
“Boong, ngaku aja deh.”
“Emang enggak, karena dipikiran gue itu adanya cuma Demit cantik super rese duduk di boncengan ini, jadi gue udah gak mikirin dia lagi.”
“Ih dasar gombal, tapi kok Kakak kesel ya?”
“Tau’...”
“Ih kan kamu gitu lagi!” tereak dia mukulin dan nyubitin gue lagi bawa motor, walaupun dia udah kesusahan karena megang 2 kantong gede di masing-masing tangan.
*****
Panti yang udah selesai direnovasi ini keliatan bagus, gue puas banget karena panti udah tambah luas, permainan di perkarangan juga udah tambah banyak dan terawat.
Suasana gelap gulita dan suram cukup ngebuat penampakannya horror, Kak Alice keliatan seneng sekaligus agak kecewa karena enggak mendapati satupun anak yang menawarkan senyum dan salaman sambutan buat dia.
“Al orang pada kemana ya? Kok sepi begini sih?” tanya Kak Alice dengan mata mulai sendu karena kecewa gak ada satupun orang disini.
“Gak tau Kak, coba aja deh lo cek ke dalam, barangkali mereka udah pada tidur.” jawab gue dengan nada datar, dan memalingkan muka gue dari dia setelah ngeliat Jessica dari jendela ngumpet di dalam sambil ngacungin jempol pertanda rencana mulai di jalankan.
Kak Alice mengetuk pintu masuk panti tapi gak ada jawaban satupun dari dalam, dia noleh ke gue dan gue suruh aja langsung masuk. Pintu yang gak kekonci dia buka dan masuk ke dalam panti yang gelap. Gue dari tadi mengiringi dia di belakang menghilang ngebuat dia makin panik neriakin nama gue.
‘PLOK!!’ bunyi konveti memecah suasana seram diiringi dengan lampu menyala dan sorakan ‘HAPPY BIRTHDAY KAK ALICE!’ dari seisi panti ngebuat Kak Alice cuma terdiam gak bisa berkata apa-apa, ini ekspresi dia yang paling gue tunggu-tunggu dari tadi.
Gue berjalan diantara para anak-anak panti yang lagi ngerubungin Kak Alice ngebawain sebuah kue spesial buatan penghuni kos dan panti. Kue berhias lilin dan angka ‘21’ menandakan umurnya saat ini, gak lupa juga gue nempelin foto Kak Alice yang gue kasih tanduk di kepalanya.
“Happy Birthday Demit cantik.” kata gue nyodorin kuenya.
“Al, kamu-” omongannya gue potong dengan narok telunjuk gue di bibirnya.
“Seringkali Kak lo motong omongan gue saat momen berharga kita dan ngebuat gue kehabisan kata-kata, gue gak mau lo motong omongan gue lagi saat ini.” ucap gue sambil ngapus air mata membasahi wajah cantik tersimpul sebuah senyum kebahagiaan dengan indahnya disana.
“Make a wish Demit cantik gue.” lanjut gue diiringi sorakan ‘ Tiup lilinnya!’
Kak Alice memejamkan matanya dan berdoa supaya keinginan dia terkabul, kemudian dengan satu hembusan dia memadamkan api dari setiap lilin yang terpancang di kue, tepuk tangan meriah dari seisi panti merupakan suatu alunan indah dan salah satu dari hadiah ulang tahun untuk Kak Alice.
“Al, kalian tau darimana Kakak ulang tahun? Siapa yang jadi dalang semua ini sih?” ucap Kak Alice melirik gue berjongkok dan bertanya ke adek-adek panti.
Sekejap setiap orang yang ada disini mengacungkan telunjuknya ke arah gue.
“Ooo, jadi ini orangnya ya...” kata Kak Alice melayangkan cubitannya lagi.
“Aww sakit Kak, ini kuenya di potong dulu, ntar aja cubit-cubitnya.” jawab gue mengelak tiap serangannya.
“Makasih ya Al, semuanya.” Kak Alice nyuapin potongan pertama nya buat gue dan seperti biasanya disertai sama suara ‘CIIEEE!!’ dari semuanya, sungguh Indonesia sekali.
“Potongan selanjutnya buat Tante Kirana sama Bu Tisna!” lanjut Kak Alice nyuapin kedua wanita tangguh ini potongan kue nya.
Suasana yang begitu hangat dan meriah ini ngebuat Kak Alice makin gembira, dia heboh banget bareng anak-anak nyanyi dan main kayak gak ada beban. Kak Flo-Glo, Nee-chan, Reina dan yang lainnya juga ngasih Kak Alice kado beragam.
“Eh kampret-kampret, lo ngasih dia apaan?” tanya gue ke The Mesumers karena mereka, Roman, Dean, Andy, Luna dan Arin juga hadir saat ini.
“Ada deh, lagian bukan urusan lo juga.” kata Pono dengan songongnya.
“Tenang aja Al, gue sama Roman udah mengamankan isi kado gebetan lo dari virus mesum mereka.” potong Dean menenangkan gue yang takut kalau mereka nyelipin hidden kamera sama alat penyadap suara.
Bakar-bakaran di halaman depan panti jadi acara selanjutnya, banyak anak-anak yang ngerubungin Reina karena ngefans sama dia. Sambil bakar-bakar jagung, sate, sosis dan lainnya, Reina bernyanyi dengan merdunya mengiringi malam yang paling berarti ini dan semua juga nyanyiin setiap lirik dari lagu-lagu yang dia nyanyikan. The Mesumers, Roman, Jessica dan Andy juga bertingkah konyol sebagai fans Reina garis keras.
Ada satu hal yang mengganjal di pikiran gue saat ini. Sejak kejadian malam gue balapan, Arin kayak menghindar dari gue, seperti saat ini aja gue enggak bertegur sapa sama sekali dengan dia.
Arin cuma berbaur sama penghuni kos dan pindah ke tempat lain saat gue datang. Tapi itu gak bakal gue permasalahin sekarang, gue gak mau ngerusak suasana ini.
“Kak, maaf ya gue gak bisa ngebuat acara yang lebih meriah dari ini.” ucap gue nyodorin kopi hitam ke dia di tepi api unggun dan di tanggapi dengan sebuah senyuman, gue ngasih jaket gue ke dia.
“Kenapa minta maaf? Ini acara yang paling meriah yang pernah Kakak dapet tau! Kakak gak mau acara mewah dan mahal yang biasa Kakak dapet, ini pesta yang paling Kakak impikan dimana gak ada satupun kemunafikan dan kebohongan disini, ditambah yang niyapin acara ini orang yang paling sayang Kakak.” Kak Alice ngerebahin kepalanya di pundak gue.
“Makasih banget Kak kalo lo suka acara ini.”
“Kakak yang harusnya bilang makasih sama kamu karena udah ngebuat acara yang paling berkesan ini buat Kakak. Makasih ya sayang.”
“Iya Kakak sayang, eh gue ada kado buat lo.” ucap gue sambil ngasih kado yang udah gue siapin tadi ke dia.
“Kado? Wahh!!” Kak Alice girang nerima kado dari gue.
“Dibuka dulu dong.”
“Wah buku sama kotak! Ini buku apa?” kata dia ngebuka buku sketsa.
Kak Alice hanya tertegun melihat lembar demi lembar potret diri dia yang gue gambar di tiap lembar buku sketsa dengan judul besar di sampulnya ‘DEMIT CANTIK’ Bermacam pose dia gue gambar saat dia bengong, bahagia, sedih dan ekspresi lainnya. Di dalam buku sketsa ini juga tedapat beberapa gambar dia megangin balon dari anak-anak panti saat kami pertama kali datang kesini.
“Kak lo suka kadonya gak?”
“BANGET! Kamu usil banget ya, bela-belain ngegambar Kakak sebanyak ini.”
“Ya namanya juga cinta Kak, eh masih ada lagi tuh.”
“Ini apa lagi? Wah liontin sama gelang!” jerit dia gembira setelah ngebuka kotaknya.
“Sini gue pasangin.” gue ngambil liontin dan melingkarin di leher Kak Alice.
“Ini ada isinya ya?”
“Iya.”
“Bukain dong.”
“Belum sekarang Kak, nanti kalo gue udah sebanding sama elo.”
“Maksudnya?”
“Iya intinya liontin ini isinya nunjukin keseriusan gue sama lo, tapi belum sekarang waktunya. Gue bakal janji sama lo buat buka isinya bareng-bareng suatu saat nanti.”
“Wah, kamu serius Al?”
“Iya Kak, gue serius sama lo.”
“Ya udah, Al gelangnya buat kamu aja, kamu jaga ya konci liontin ini ya, supaya kita bisa buka bareng-bareng nanti.” ucap Kak Alice masangin gelang yang ada gantungan kunci dari liontin.
“Iya Kak, gue bakal jaga ini kok.”
Gue menarik dia ke pelukan gue di tengah keramaian ini, gue udah gak peduli lagi apa kata orang-orang disini tentang hubungan gue sama Kak Alice.
Gue yakin siapa yang ngeliat gue lagi meluk dia bakal ngira kami pacaran, dan bener aja sorak riuh dari temen-temen, penghuni kos dan lainnya gak luput menyertai gue masang tampang kaget ala reality show dibuat-buat. Tertawa, senang, gembira dan gak ada satupun kesedihan malam ini gue rasakan.
Satu lagi momen indah terbingkai di memori gue dan Kak Alice, sebuah momen yang paling berarti dimana gue akhirnya bisa membalas perlakuan dia dan memberinya hal paling berkesan dalam hidupnya. Gue puas banget udah bisa jadi orang yang berharga dan juga memberinya sebuah kebahagiaan yang gak bakal terlupakan.
KAMU SEDANG MEMBACA
EVERYDAY Love ON! ( Completed )
Teen FictionKeseharian konyol gue yang hidup bersama cewek-cewek kualitas super dengan tingkah beragam di kosan emak gue dan makin bertambah parah sejak 'Dia' datang. Belum lagi kehidupan sekolah gue yang absurd banget. Gue Alfa Andrea menceritakan sebuah kisah...