"cie, pake cermin mate"gue menarik rambut kak jae, "apaan jadi kaya upin ipin gitu???"
trus kak jae ketawa dan mengambil kacamata yang lagi gue pake, "minus berapa?" katanya sambil memakai kacamata gue, "kok aku baru sadar kamu pake kacamata ya? padahal semalem nganterin gabby"
gue ketawa kecil sambil nuangin sambel ke semangkuk soto, "1.75, kak. dokternya bilang mataku makin parah soalnya lama gak dipakein kacamata"
"emangnya dulu berapa?"
"berapa ya? 0.50 doang kayanya?" kak jae ngangguk-ngangguk sambil memakaikan kembali kacamata ke gue.
makanan milik kak jae dateng, "makasih ya, mba" gue sama kak jae lagi dikantin, guenya kelaperan gitu. "terakhir pake kacamata kapan?"
"pas mau un sma? hehehe"
kak jae geleng-geleng doang, "kalo pake jilbab, kamu maunya kapan?"
gue terdiam. ini pertanyaan sensitif menurut gue. karena ya sebagai seorang muslimah gue emang harus pake jilbab, tapi gak tau kapan.
"belum siap" jawab gue asal.
kak jae menatap gue, "bukannya siap gak siap harus pake jilbab ya?"
"kak, aku cuma takut bunda gak nerima nantinya"
"ya meskipun bunda gak terima, tapi aku terima kan?" nada bicara kak jae agak meninggi, "teman-teman aku yang pacaran beda agama juga ceweknya pake jilbab? kenapa kamu enggㅡ"
"trus maunya kak jae apa?"
kami sempat saling berdiaman, kemudian kak jae angkat bicara. "aku kecewa sama kamu. sama agama kamu sendiri aja gak bisa serius, apa lagi sama hubungan kita?" katanya dengan nada yang kecewa.
tiba-tiba aja gue gak mood makan. gue mendorong mangkuk yang berisikan soto, bahkan gue gak ada makan sesuap pun.
gue memalingkan wajah ke lain. inilah yang kadang bisa buat gue dan kak jae berantem, cuma karena kak jae minta gue serius dengan agama gue sendiri.
"kalo aku serius sama agamaku, mungkin sekarang kak jae gak lagi makan sama aku" gue berusaha nahan air mata, "mungkin sekarang gak ada kita"
kak jae tetep memakan makanannya tanpa memperdulikan gue yang sudah menitihkan air mata.
gue tau, sebenernya kak jae mau ngerasain gimana rasanya dituntun keagama gue sendiri. gue bahkan pernah denger dari ko windi kalo kak jae belajar baca Al-Qur'an.
kak jae menggenggam tangan kanan gue, "dimakan"
"gak laper" gue masih enggan menatap kak jae.
ponsel gue yang gue letakin dimeja kantin, kak jae ambil dan dia mulai memainkannya. gue tau dia gak mood juga jadinya, sampai akhirnyaㅡ
"kamu temenan sama joice?"
gue menggeleng, "kenapa?" tanya gue sambil menatap dia yang sekarang tengah membuka aplikasi instagram diponsel gue.
"kok buka profilnya?"
"semalem pas ngepost foto kak jae, dia ngelike. yaudah deh aku stalk" kak jae ngangguk-ngangguk, "kakak kenal?"
"seangkatan. sepupunya doyoung"
kak doyoungㅡ cowok yang paling menentang hubungan gue dan kak jae.
pulang ngampus, gue malah kehujanan pas baru aja keluar dari kampusnya. posisinya sekarang gue diatas motor bareng kak jae.
gue minta sama kak jae buat nepi, kasian kalo dia harus bawa motor dengan keadaan hujan deras. entar muka gantengnya luntur lagi kena hujan.
"kita ke tempat biasa aku nongki aja ya"
"banyak temennya kakak dong?"
"gakpapa. dari pada kamu sakit"
kak jae ngajakin gue kewarung biasa anak angkatannya ngumpul. gue agak canggung gituasih, soalnya ya itukan kakak tingkat meskipun cowok gue sendiri kakak tingkat.
pas baru masuk warung gitu, kak jae ngebuka hoodienya dan memakaikan ke gue. otomatis gue dan kak jae jadi pusat perhatian orang-orang. sampe dimana mata gue bertemu dengan kak doyoungㅡ
yang lagi ngobrol sama seorang perempuan yang gue ketahui namanya sebagai joice, joiceline dheandra.
mereka berdua menatap gue dengan sinis. gue tau apa sebabnya, kak doyoung emang orang yang terang-terangan nunjukin kalo dia gak suka dengan hubungan yang gue jalanin bersama kak jae.
kak doyoung sendiri beragama non-islam. paham bagaimana rasanya temen deket sendiri jadian sama yang beragama berbeda dengannya.
"liatin apa?"
gue menggeleng, "enggak" kak jae menarik tangan gue menuju salah satu meja yang kosong. meja yang berseberangan dengan meja kakak tingkat gue tapi adik tingkat bagi kak jae.
gue gak seberapa mengenal orang sih, bahkan sampe gue diliatin pun gue gak kaget. karena ya menurut lo gimana coba cowok seganteng jeffrey altarik christian pacaran sama cewek sebuluk lilyana ameera prakoso?
aneh aja gitu. secara ya, mantan pacar kak jae itu selalu berkelas seperti kak chelsea aletta dan temen sma gue dulu, yerine patricia. terlebih lagi, mereka seiman dengan kak jae.
gue mah apaan ampas begini.
lamunan gue seketika buyar karena kak jae mau nyuapin gue sesendok teh anget yang sebelumnya udah dia tiupin. padahal anjiran gue bisa sendiri.
"kak ih diliatin orang"
"gakpapa. ayo minum"
sampai akhirnya,
"lilyana, duluan ya"
gue dan kak jae tersentak kemudian saling memandang, "eh? iya" maksudnya woy? gue gak kenal siapa cowok itu?
kemudian, lewat kak doyoung sama kak joice, keringet dingin gue. "jef, duluan ya" kata kak joice. kak jae ngangguk.
"hati-hati, joice, young" setelah mereka berdua pergi, kak jae menatap gue. "kalo misalnya joice sama doyoung ngedm atau ngechat kamu, kasih tau aku ya"
makin aneh aja dah.
KAMU SEDANG MEMBACA
sun and moon, jaehyun. ✔️
Fanfiction[SUDAH TERBIT / ADA DI GRAMEDIA] [bahasa ㅡ au] LDR yang rumit itu bukan LDR yang beda kota atau negara, tapi LDR yang beda rumah ibadah. ©jeno-ly, 2018.