Cara membuat cerita yang bagus#1 carilah inspirasi dari lingkungan sekitar dan ditambah dengan imajinasi sendiri. Di lingkungan kita banyak sekali bahan yang bisa kita buatkan cerita tapi harus diperhatikan jangan sampai melanggar privasi siapapun. Imajinasi juga sangat membantu, imajinasi dan eskpetasi kita dapat tuangkan dalam sebuah cerita agar lebih bagus dan tidak monoton.
#2 belajar dari karya penulis wattpad yang lain. Ada banyak pelajaran yang bisa kita pelajari dari karya-karya mereka. Pelajari kelebihan dan kekurangan karya mereka lalu perbaiki dalam tulisan kalian. Tapi jangan sampai mencopas ide penulis lain karena itu jelas melanggar.
#3 terbuka untuk menerima tambahan ide dari teman atau pembaca. Kadang kita harus mempertimbangkan ide tambahan sapa tau saja itu bisa membantu cerita kita menjadi lebih bagus lagi.
#4 jangan takut dan kecil hati ketika ada yang mengkritik cerita kita sekalipun itu kritikan pedas. Kita harus bisa mengerti kalau mereka pasti ingin cerita kita lebih bagus lagi. Maka dari itu coba pahami dan perbaiki.
#5 sebelum publish cerita sebaiknya untuk mengecek penulisan. Mulai dari kata sampai kalimat yang digunakan. Minimalisir terjadinya typo.
#6 penggunaan bahasa harus sangat diperhatikan, apalagi untuk penulis ber genre teenfiction, bahasanya jangan terlalu baku tapi harus tetap memperhatikan EYD. Karena cerita yang bahasanya terlalu baku dapat membuat pembaca cepat bosan.
#7 kalau bisa buatlah cerita dengan satu sudut pandang saja. Menggunakan POV biasanya membuat pembaca jadi bingung dan terpaksa men scroll ke atas karena lupa POV siapa tadi.
#8 selain dari lingkungan dan imajinasi kita juga dapat cari inspirasi dari lagu-lagu yang kita dengarkan. Coba pahami lagunya dan tulislah apa yang kalian rasakan. Mungkin saja dari tulisan acak itu bisa menjadi satu karya tulis yang bagus.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Grup POCI
Saggisticaini adalah kumpulan materi yang telah disampaikan di grup Wattpad Indonesia. Untuk member yang ketinggalan materi atau pengguna wattpad yang ingin belajar tentang materi kepenulisan, work ini adalah solusinya. semoga bermanfaat. semangat menulis.