Mengenal Dunia Kepenulisan

166 2 0
                                    

*Dasar kepenulisan :*

*A.* Sebelum menulis cerita yang harus di perhatikan terlebih dahalu yaitu ide, ide membuat cerita bisa dari mana saja. Seperti kehidupan di dunia nyata (kisah bahagia bahkan kisah pilu dalam kehidupan bisa dijadikan sebagai inspirasi), kisah curhatan temen bahkan bisa juga ide cerita yang berasal dari imajinasi sendiri.

*Larangan keras tentang mencari ide*
Jangan pernah terinspirasi dari karya seseorang apalagi menulis cerita yang serupa dengan penulis lain. Itu sama saja dengan *menjiplak karya orang lain.*

*B.* Setelah menemukan ide, kita tentu akan langsung menulisnya. Tapi sebelum menulis cerita kamu harus mengerti _penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda baca._

*Penggunaan huruf kapital*
Penggunaan huruf kapital digunakan diawalan setiap kalimat, diawal dialog, penulisan nama tempat resmi (sekolah, kantor) dan penulisan nama tokoh (Ayah, Ibu, Mama, Papa, Budi, Ana).

*penggunaan tanda baca*

Tanda baca ada berbagai macam yang sering digunakan dalam cerita, seperti :
Titik(.), koma(,), tanda tanya(?), tanda seru(!), tanda elipsi(...).

1. Titik(.) digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat.

2. Koma(,) digunakan untuk menjeda sebuah kalimat.

*C.* Tanda tanya (?) Digunakan untuk menjelaskan kalau tokoh yang diceritakan merasa bingung/meminta penjelasan karena tidak mengerti atau penulis menanyakan sesuatu pada pembaca.

4. Tanda seru (!) Digunakan untuk menegaskan perkataan.

5. Elipsi (...)ELIPSIS ( ... )

Berikut ini adalah cara penggunaan tanda Elipsis (...) yang benar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No. 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan:

1. Tanda elipsis dipakai dalam kalimat yang terputus-putus.

Misalnya:
Kalau begitu ..., marilah kita laksanakan.
Jika Saudara setuju dengan harga itu ..., pembayarannya akan segera kami lakukan.

2. Tanda elipsis dipakai untuk menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau naskah ada bagian yang dihilangkan.

Misalnya:
Sebab-sebab kemerosotan ... akan diteliti lebih lanjut.
Pengetahuan dan pengalaman kita ... masih sangat terbatas.

Catatan:
(1) Tanda elipsis itu didahului dan diikuti dengan spasi.
(2) Jika bagian yang dihilangkan mengakhiri sebuah kalimat, perlu dipakai 4 tanda titik: 3 tanda titik untuk menandai penghilangan teks dan 1 tanda titik untuk menandai akhir kalimat.
(3) Tanda elipsis pada akhir kalimat tidak diikuti dengan spasi.
Misalnya:
Dalam tulisan, tanda baca harus digunakan dengan cermat ....

3. Mengenali genre cerita yang akan ditulis. Sangat penting kita mengenali genre cerita yang akan kita tulis karena banyak penulis yang salah menentukan genre ceritanya.

*Macam-macam genre :*
1. Teenfiction yaitu genre yang menceritakan cerita permasalahan dan percintaan remaja.

2. Fanfiction yaitu genre yang menceritakan seputar idola. Perlu sangat diperhatikan jika ingin menentukan genre ini. Karena banyak penulis yang memasukkan ceritanya bercerita tentang idolanya ke genre teenfiction padahal sudah sangat jelas harusnya itu dimasukkan ke genre fanfiction.

3.fantasy yaitu genre yang menceritakan cerita yang imajinatif yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

4. Humor yaitu genre yang menceritakan cerita yang lucu dapat mengundang tawa pembaca.

5. Romance yaitu genre yang menceritakan full kisah cinta dan juga tokohnya dewasa.

6.  Non-fiksi yaitu genre yang menceritakan kisah nyata dari penulis.

7. General fiction yaitu genre yang menceritakan keseharian dari penulis.

8. Spiritual yaitu genre yang menceritakan kisah hijrah maupun kisah tentang perjalanan pendalaman agama.

9. Action yaitu genre yang menceritakan perkelahian dan pertempuran. Biasanya yang menulis genre ini adalah laki-laki

10. Adventure yaitu genre yang menceritakan tentang kisah yang terjadi dalam sebuah petualangan.

11. Science fiction yaitu genre yang menceritakan tentang alam dan teknologi. Biasanya penulis menuliskan cerita dengan alur maju. Penulis genre ini akan mengkhayalkan keadaan dunia beberapa tahun ke depan.

12. Horror yaitu genre yang menceritakan tentang pengalaman berteman dan melihat makhluk gaib.

13. Misterius yaitu genre yang menceritakan suatu hal yang misterius. Biasanya tentang detektif yang memecahkan suatu masalah.

14. Poetry adalah genre yang merupakan kumpulan puisi BUKAN quotes.

15. Random adalah genre yang merupakan kumpulan qoutes, tips, rekomendasi cerita atau rekomendasi yang lain dan berbagai hal lainnya.

*D.* Penggunaan bahasa, penggunaan bahasa harus diperhatikan. Beda genre beda penggunaan bahasa yang digunakan,

*Bahasa baku digunakan pada  genre :*
1. Romance
2. Fantasy
3. Science fiction
4.  Action
5. Spiritual
6.  Horror
7. Mistery
8. Fanfiction
9. Adventure

*Bahasa non-baku digunakan pada genre :*
1. Teenfiction
2. Humor
3. General fiction
4. Non-fiksi

*E.* penulisan kata yang sering salah yaitu penulisan kata _yang_ biasanya penulis pemula akan menyingkat kata menjadi  _yg_ (jelas salah, penulisan kata jangan ada yang disingkat kecuali penulis nama tempat seperti TK, SD, SMP, SMA). Kedua, penulisan kata _Karena_ yang biasanya penulis pemula akan menyingkat kata menjadi _karna_ . Ketiga, penulisan kata _di_ , sangat perlu diperhatikan penulisan kata _di_ harus dispasi jika menunjukkan kata tempat dan menunjukkan kata sifat waktu selain dari itu kata _di_ tidak dispasi dari kata pokoknya. Contoh kata _di_ menunjukkan tempat :

Semoga bermanfaat 😊













Materi Grup POCITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang