4. PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA #3

2.6K 7 0
                                    



BAB I

PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang

Pembelajaran IPS di sekolah belum berupaya melaksanakan dan membiasakan pengalaman nilai-nilai kehidupan demokratis, social kemasyarakatan dengan

melibatkan siswa dan komunitas sekolah dalam berbagai aktifitas kelas dan sekolah. Selain itu dalam pembelajaran IPS lebih menekankan pada aspek pengetahuan, fakta dan kkonsep-konsep yang bersifat hafalan belaka. Inilah yang dituding sebagai kelemahan atau masalah yang menyebabkan kegagalan pelajaran IPS di sekolah di Indonesia.

Sedangkan Proseslah yang sangat penting alam pembelajaran IPS itu. Karena dengan proses peserta didik diharapkan memperoleh pengetauhuan, pengalaman-pengalaman dalam menggunakan pengetahuan tersebut dalam kehidupan demokratis, termasuk mempraktekkan berpikir dan pemecahan masalah. Dalam pembahasan ini sebelum kita berbicara mengenai Ilmu Sejarah ada baiknya kita melihat dulu bagai mana Ilmu dan Sejarah itu berkembang. Pada mulanya ilmu yang dikembangkan manusia hanya satu yaitu filsafat dimana manusia mengalami suatu persoalan hidup dimana manusia merasa heran, sangsi dan sadar akan keterbatasannya sebagai manusia. Hal ini akhirnya mendorong manusia untuk berpikir secara ilmiah (Filsafat). Setelah manusia berfilsafat ternyata masalah yang dihadapinya semakin rumit dan kompleks sehingga tidak bisa dijawab dengan cara filsafat.

1.2.       Rumusan Masalah

1.      Bagaimana perkembangan agama hindu-budha di indonesia?

2.      Bagaimana pengaruh agama hindu-buddha di indonesia?

3.      Bagaimana berkembangnya kerajaan-kerajaan hindu-buddha di indonesia?

1.3.       Tujuan

1.      Mengetahui perkembangan agama hindu-budha di indonesia.

2.      Mengetahui pengaruh agama hindu-buddha di indonesia.

3.      Mengetahui berkembangnya kerajaan-kerajaan hindu-buddha di indonesia.

BAB II

PEMBAHASAN MATERI

2.1   Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia

Pada permulaan tarikh masehi, di Benua Asia terdapat dua negeri besar yang tingkat peradabannya dianggap sudah tinggi, yaitu India dan Cina. Kedua negeri ini menjalin hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik. Arus lalu lintas perdagangan dan pelayaran berlangsung melalui jalan darat dan laut. Salah satu jalur lalu lintas laut yang dilewati India-Cina adalah Selat Malaka. Indonesia yang terletak di jalur posisi silang dua benua dan dua samudera, serta berada di dekat Selat Malaka memiliki keuntungan, yaitu:

Sering dikunjungi bangsa-bangsa asing, seperti India, Cina, Arab, dan Persia,Kesempatan melakukan hubungan perdagangan internasional terbuka lebar,Pergaulan dengan bangsa-bangsa lain semakin luas, danPengaruh asing masuk ke Indonesia, seperti Hindu-Budha.

Keterlibatan bangsa Indonesia dalam kegiatan perdagangan dan pelayaran internasional menyebabkan timbulnya percampuran budaya. India merupakan negara pertama yang memberikan pengaruh kepada Indonesia, yaitu dalam bentuk budaya Hindu. Ada beberapa hipotesis yang dikemukakan para ahli tentang proses masuknya budaya Hindu-Buddha ke Indonesia.

1. Hipotesis Brahmana

Hipotesis ini mengungkapkan bahwa kaum brahmana amat berperan dalam upaya penyebaran budaya Hindu di Indonesia. Para brahmana mendapat undangan dari penguasa Indonesia untuk menobatkan raja dan memimpin upacara-upacara keagamaan. Pendukung hipotesis ini adalah Van Leur.

1 : Sejarah Semua BabHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin