Kekhususan Umat Nabi Muhammad SAW

701 28 0
                                    


Sahabat-sahabat fillahku, Allah azza wajalla memberikan ke-khususan kepada ummat Muhammad. ...

Allah SWT berfirman di dalam Alquran:

الذين يتبعون الرسول النبي الأمي الذي يجدونه مكتوبا عندهم في التوراة والإنجيل يأمرهم بالمعروف وينهاهم عن المنكر ويحل لهم الطيبات ويحرم عليهم الخبائث ويضع عنهم إصرهم والأغلال التي كانت عليهم

"(Orang-orang beriman ialah) mereka yang mengikuti Rasul dan Nabi yang ummi (tuna aksara), yang namanya mereka temukan termaktub di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka."

"Yang menyuruh mereka berbuat kebajikan dan melarang mereka berbuat kemungkaran; yang meng­halalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk."

"Dan yang membuang (menghapuskan) dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka."
(QS. Al-A’raf: 157).

Sahabat......
Para mufassir berkata.......
Yang dimaksud beban berat yang membelenggu adalah ketentuan-ketentuan yang membuat orang tidak dapat bergerak.

Makna ayat tersebut ialah, bahwa Allah SWT tidak mewajibkan umat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam melakukan sesuatu yang berada di luar kesanggupannya, dan tidak mensyariatkannya seperti yang disyariatkan bagi umat-umat sebelum­nya.

Misalnya seperti yang di­wajibkan atas orang-orang Bani Israil. Mereka diwajibkan melakukan amalan-amalan yang sukar dan berat. Hal itu diibaratkan dengan rantai-rantai besi yang membelenggu leher mereka.

Sahabat fillahku....
Beban berat yang membelenggu mereka (kaum Yahudi) banyak jenisnya, antara lain akan kita jelaskan pada materi2 berikutnya :

Simak terus materinya......

Hadist dan Siroh NabawiyahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang