L | Adverb - PoS | Fungsi, Posisi, dan Perbedaan Adverb

320 30 2
                                    

Halo semuanya. Sesuai janji yang telah saya buat, hari ini saya mempublikasi bagian baru buku ini yaitu Adverb.

***

Adverb adalah kata yang menerangkan verb, adjective, dan adverb lainnya.

Adverb adalah kata yang menerangkan verb, adjective, dan adverb lainnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

A. Fungsi Adverb

Kata keterangan dapat menjelaskan atau memberi keterangan terhadap: verb (kata kerja), adjective, nounphrase, adverb yang lain, atau seluruh kalimat. Karena fungsinya yang demikian itu, maka adverb disebut juga modifier (penjelas/pembatas).

1

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

1. Adverb as Modifier a Verb (Kata Keterangan Sebagai Penjelas Kata)

1) She walked slowly.
Dia berjalan dengan lambat.
2) He speaks English fluently.
Dia berbicara Bahasa lnggris dengan lancar.
3) He drives a car careless.
Dia mengendarai sebuah mobil dengan ceroboh.
4) He opened the door careful.
Dia membuka pintu dengan hati-hati.

Kata keterangan slowly, fluently, careless, dan careful menjelaskan kata kerja walked, speaks, drives, dan opened.

2. Adverb as Modifier (lntensifier) of an Adjective (Kata Keterangan Sebagai Penjelas Sebuah Kata Sifat)

Example:
1) They look really happy.
Mereka tampak sangat bahagia.
2) He has hightly motivated.
Dia mempunyai motivasi yang tinggi.
3) She Is an extremely attractive girl.
Dia adalah seorang anak perempuan yang sangat atraktif.

Kata sifat happy, motivated, dan attractive menjelaskan kata keterangan really, hightly. dan extremely.

3. Adverb as Modifier Other Adverb (Kata Keterangan sebagai Penjelas Kata Keterangan yang lain)

Ex:
1) He drives a car verycareful.
Dia mengendarai mobil sangat hati-hati.
2) He sings very well.
Dia bernyanyi sangat baik.
3) Children are almost always hungry.
Anak-anak hampir selalu lapar.

Kata keterangan really, very. almost menjelaskan kata keterangan careful, well, dan hungry.

4. Adverb as Modifier Noun Phrase (Kata Keterangan sebagai Penjelas Phrase Kata Benda)

1) He had quite a party.
Dia mempunyai sebuah pesta yang sesungguhnya.
2) They were quite some actor.
Mereka adalah aktor yang sesungguhnya.
3) She is such a fool.
Dia adalah semacam orang yang bodoh.

Kata keterangan quite dan such menjelaskan frase kata benda party, some actors, dan a fool.

5. Adverb as Modifier of an Entire Sentence (Kata Keterangan sebagai Penjelas Seluruh Kalimat)

1) Yesterday, we submitted the homework to the teacher.
Kemarin, kami mengumpulkan PR kepada guru.
2) Fortunately, you came here quickly.
Beruntung, kamu datang cepat.

Kata keterangan yesterday dan fortunately menjelaskan kalimat berikutnya.

B. Membedakan Adverb dengan Adjective

Banyak kata dalam bahasa Inggris berfungsi sebagai kata keterangan dan kata sifat. Untuk menentukan apakah suatu kata itu termasuk adverb atau adjective dalam suatu kalimat maka harus diperhatikan fungsinya. Oleh karena itu, kita harus kembali melihat perbedaan pokok antara adverb dan adjective. Fungsi adjective (kata sifat) adalah menjelaskan nouns (kata benda) dan pronouns (kata ganti), sementara fungsi adverb (kata keterangan) adalah menjelaskan selain itu.

Berikut ini adalah daftar beberapa kata yang digunakan sebagai adjective dan adverb.

bad = buruk
fast = cepat
better = lebih baik
first = pertama
bright = terang
cheap = murah
close = tutup
late = terlambat
deep = dalam
little = kecil
doubtless = tidak ragu-ragu
loose = hilang
early = awal
loud = keras
enough = cukup
low = rendah
even = bahkan
much = banyak
fair = jujur
near = dekat
far =jauh
quick = cepat, lekas

C. Position of Adverb in a Sentence (Letak Kata Keterangan dalam Kalimat)

Apabila dalam satu kalimat terdapat lebih dari satu adverb (kata keterangan) maka susunan kahmatnya menjadi sebagai berikut.

Subject + Verb + Manner + Place + Time
Ex:
He + run + quickly + into the room + then

Berdasarkan contoh di atas dapat disimpulkan bahwa susunan adverb dalam kalimat adalah adverb of manner, adverb of place, dan adverb of time atau disingkat dengan MPT (manner, place, time).

Untuk adverb of frequent diletakkan sebelum adverb of time.

Contoh: Place + Frequency + Time
I have been to Jakarta + several times + this year.

***

Thanks for read, vote, and comment.
I really appreciate your vote and comment^^

Akhirnya Rin kembali lagi. Terima kasih atas segala penantiannya. Rin usahakan update setiap minggu.

Melihat respon dari beberapa pembaca, saya berencana membuat grup WA untuk belajar bahasa Inggris^^
Apabila berminat, silahkan DM saya dan sertakan nomor WA untuk dimasukkan ke dalam grup. Untuk informasi selanjutnya akan saya beritahu pada part lesson berikutnya🤗

Nantikan dan tunggu materi baru dari buku ini. Terima kasih.

Silahkan tinggalkan jejak berupa vote dan comment.

English : International Lingua FrancaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang