Interjection atau yang biasa kita kenal dengan kata seru adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan emosi yang ingin diungkapkan dalam suatu kalimat.
Interjection adalah kata-kata yang digunakan untuk menekankan pada sebuah ekspresi. Interjection adalah frase yang digunakan untuk berseru sehingga kalimat bisa menjadi lebih hidup dan ekpresif. Walau bisa juga digunakan secara written, tetapi seringkali Interjection digunakan secara spoken.
Penggunaannya yang banyak dan beragam, bisa kalian temukan pada penulisan tulisan seni ataupun fiksi dan tentu saja akan jarang bahkan hampir tidak akan pernah kalian temukan pada penulisan tulisan formal. Sedangkan, fungsinya sendiri adalah untuk menunjukkan perasaan atau emosi yang dirasakan sang penulis kepada pembaca.
Berdasarkan penggunaannya dalam kalimat, interjection dalam Bahasa Inggris dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Beginning (awal kalimat)
Interjection yang biasanya terdapat di awal kalimat.Berikut ini adalah contoh interjection:
1. Oh no! I can’t believe that I was lossing my job again
Oh no! disini mengekspresikan emosi kecewa dan sedih karena kehilangan pekerjaan2. Oops! Sorry, I will clean the table from the ink spill
Oops disini mengekspresikan emosi ketidaksengajaan karena menumpahkan tinta di meja3. Aha! Finally I found my car key!
Aha! disini mengekspresikan emosi rasa senang karena menemukan kunci mobilnya4. Gosh! You scared me out with those creepy dolls
Gosh! Disini mengekspreikan emosi kaget karena rasa takut terhadap boneka – boneka yang tampak seram5. Eew! Throw that trash away!
Eew! Disini mengekspresikan rasa jijik terhadap sampah6. Ouch! It hurts my arm!
Ouch! Disini mengekspresikan rasa sakit7. Dang! I missed that car racing competition again!
Dang! Disini mengekspresikan rasa kesal karena tidak mengikuti (ketinggalan) kompetisi mobil balap8. Mmm! This is the most delicious food I ever tasted!
Mmm! Disini mengekspresikan rasa nikmat karena makanan yang dirasakannya sangat enak2. Middle (tengah kalimat)
Interjection yang biasanya terdapat di awal kalimat.Berikut ini adalah contoh interjection:
1. Did not you see that! Oh Gosh! It was a terrible accident, both passager died at the moment!
Oh Gosh! Disini mengekspresikan rasa terkejut (kaget) dan ngeri2. I think she has tried enough…er…but the result is not like what we expected
Er, disini mengekspresikan rasa ragu (bimbang) karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan usaha yang telah dilakukan wanita itu.3. You should follow that test. Oh dear, I know you can nailed it
Oh dear, disini mengekspresikan rasa sayang (disayangkan) karena dia (seseorang yang lain) tidak mengikuti tes4. Finally, we are graduated! Yay!! I am so happy
Yay! Disini mengekspresikan rasa senang karena telah lulus5. I do not want to be fat but, um, I love chocolate very much
Um, disini menunjukkan jeda pada kalimat yang sedang dikatakannya6. Wait, wait I think I know him…uh…is he Robert Dalas?
Uh, disini menunjukkan jeda (sedang berpikir)3. End (akhir kalimat)
Ex:
1. So, she has accepted your offering? Wow!
Wow! Disini mengekspresikan rasa terkejut2. My English teacher mad at me, hmph!
Hmph, disini mengekspresikan rasa tidak senang (kesal)3. I can not believe that we finished all the projects, whew!
Whew! Disini mengekspresikan perasaan takjub
KAMU SEDANG MEMBACA
English : International Lingua Franca
No FicciónHighest Rank #2 in information (9-10/09/2018) #2 in literature (12/08/2018) #3 in study (04-06/08/2018) #18 in Non-fiction (05-06/03/2018) Pemula? Tidak tahu apapun mengenai bahasa Inggris? Check sini, yuk! Daftar isi : ✏ Grammar level 1 ✏ Vocabula...