Keluarga itik

1.6K 336 19
                                    















Keluarga ini dikenal sebagai keluarga itik di antara keluarga besar. Soalnya Papa, Ibu, bang Esa dan Eci beneran kemana-mana selalu segerombolan kayak itik. Setiap acara keluarga, kalo gak dateng satu ya gak dateng semua. Tiap ada acara kondangan aja wajib semua OT4 harus ada kalo enggak ada rasanya aneh.

Bahkan, tiap Papa ada urusan kantor dan harus gak pulang, sebisa mungkin ngajak semuanya harus ikut soalnya bisa sekalian sambil liburan.

Tapi kali ini kayaknya keluarga itik harus mulai hidup terpisah deh...

Malem itu, semuanya lagi ngumpul santai di ruang tengah. Nonton TV acara olahraga dan heboh bareng. Sampe acaranya selesai dan lagi ngobrol seru tiba-tiba bang Esa diem sebentar.

"Papa, Ibu. Abang boleh ngekos gak?" Tanya Esa tiba-tiba bikin semuanya langsung menatap ke arah Esa termasuk Eci.

"Ih? Ngapain ngekos? Kan biasanya juga bisa pulang pergi." Sahut Eci yang ngerasa aneh. Padahal Esa udah kuliah hampir ngabisin satu semester dengan pulang pergi pake motor dan sekarang tiba-tiba minta ngekos.

"Capek, Ci." Cuma itu respon Esa.

Ya kalo dipikir lagi emang cape sih. Meskipun masih di kota yang sama, tapi jarak kampus ke rumah tuh gak main-main. Ditambah Esa masih mahasiswa baru. Belum terbiasa sama jadwal kuliah yang kadang jeda waktunya bisa panjang dari satu kelas ke kelas lain.

Belum lagi Esa ikut beberapa UKM dan gabung BEM. Itu yang bikin Esa gak pernah bisa pulang sore malah selalu pulang malem soalnya sering rapat dan kumpul UKM dulu.

Awalnya, Esa kira juga bisa gampang kalo gak ngekos. Tapi setelah dirasa lagi, banyak waktu kebuang di jalan padahal kalo ngekos waktunya bisa dipake buat ngerjain tugas. Dan gak bikin Esa jadi terlalu capek juga sih.

"Ibu sih gimana Papa aja. Yang penting abang jaga diri." Nasihat Ibu Esa anggap sebagai diterimanya izin Esa.

"Emang abang udah dapet kosannya?" Tanya Papa terdengar ragu.

"Udah kok, Pa." Esa ngangguk semangat. "Banyak temen Esa yang ngekos di sana. Haris aja kos di sana." Lanjutnya.

Bukan maksud Esa jual nama temen, tapi temen deket yang orang tuanya tau selama ini ya Haris temennya sejak SMP. Dan lagian emang bener Haris kos disana. Esa aja tau kosan itu malah dari Haris.

Siapa tau kalo nyebut nama temen jadi gampang izinnya.

"Kosannya bareng cewek ya makanya lo mau ngekos?" Tuduh Eci. Esa melirik adik disebelahnya dengan sinis.

"Nggak, Ci. Kosannya khusus cowok kok beneran." Jawab Esa sekalian meyakinkan kedua orang tuanya.

"Ya udah, Abang boleh ngekos." Kata Papa akhirnya bikin Esa mengangkat tangannya kegirangan.

"Tapi inget bener kata Ibu. Abang jaga diri. Jaga juga nama keluarga. Hati-hati orang jahat makin banyak." Nasihat Papa disambut anggukan kencang dari Esa.

"Siap bos!" Jawab Esa sambil tangannya menggestur hormat.

"Ibu boleh ikut gak pas abang pindahan?" Tanya Ibu.

"Ya boleh dong, bu."

"Eci ikut boleh bang?"

"Iya semua nanti anter abang pindahan ke kosannya. Abang mau pindah ke kosannya kapan?" Tanya Papa.

Esa mulai jelasin kapan mulai pindah ke kosan. Berapa harga sewa kosannya dan ternyata biaya kosnya dibayar perbulan.

Ibu nanya tentang fasilitas kosnya dan Esa jelasin apa aja yang disediakan kosannya sambil mengira-ngira barang apa aja yang perlu Esa bawa ke kosan selain baju dan buku.

Esa jelasin jarak dari kosannya ke kampus yang gak deket banget tapi gak terlalu jauh juga. Jadinya dia juga izin tetep bawa motor ke kosannya soalnya kalo dia nanti mau pulang ke rumah jadi gampang.

Semuanya jadi sedih sih denger Esa mau ngekos karena biasa bareng-bareng sekarang harus ada yang kepisah.

Ibu sedih gak ada yang minta anter ke minimarket depan buat belanja.
Eci sedih gak ada yang bisa dia isengin di rumah.
Papa juga sedih gak ada yang bisa diajak sharing setelah makan malem.

Ibu malah sempet mau nangis padahal anaknya cuma ngekos deket kampus bukan mau pindah ke belahan negara lainnya. Masih satu kota juga. Malah Esa kalo mau bisa pulang seminggu sekali.

"Gak apa-apa. Abang ngekos biar kuliahnya gak keteteran ya bang? Sekalian belajar hidup sendiri biar abang makin dewasa." Ujar Papa. Esa mengangguk nurut.

Pada akhirnya, keluarga ini harus melepas anak bujangnya hidup sendiri demi menuntut ilmu.

👨👩👦🙆






















Dadah bang Esa,,,,
Huhuhuhu aku sedih beneran nih yang nulis terlalu menghayati cerita :")
Btw,
Aku mau bikin spinoff cerita Eci enaknya di work ini pas cerita beres apa bikin work baru???
Mau bikin spinoff Esa juga tapi nyoba yang Eci dulu...
Huehehehe bismillah sih
Oiya spinoff nya kalo work ini dah selesai jadi,,,bentar lagi Esa & Eci selesai huhuhu :")

Esa & Eci; AU✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang