Setelah dokter meninggalkan bilik perawatan gue, pikiran gue melayang-layang gak keruan. Pandangan gue menerawang.
Sampai samar-samar gue dengar suara dari bilik sebelah kiri gue.
Tirai yang nggak tertutup sempurna membuat gue bisa melihat keadaan bilik sebelah gue.
Gue gak ngintip loh ya. Salahkan aja tirainya yang gak ketutup dengan baik.Disana terbaring wanita hamil yang diperutnya juga dipasangi alat yang sama seperti gue.
Ibu itu begitu selow, sanssss abeess.
Dia bisa makan dengan nikmatnya.
Lah gue??? Tiap serangan mules datang, gue kaya cacing dikasih garam.Gak berapa lama dokter tadi balik lagi kebilik gue.
Dokter itu ngambil kertas dari mesin rekam denyut jantung. Dia baca sebentar lalu bilang,
"Pak, ibunya boleh pulang dulu aja. Pembukannya baru dipembukaan satu. Hasil rekam denyut jantung janinnya juga baik, gak ada masalah medis. Ibu bisa melahirkan difaskes satu gak perlu kerumah sakit."Mendengar kalimat terakhir dokter jaga itu gue langsung memicingkan mata kearah HoneyBee. Kalau aja disini cuma ada gue dan si HoneyBee yang otaknya lagi ada dilevel dodol ini, bisa gue pastikan kalau dia bisa jadi remahan monde butter cookies saat itu juga.
Rasanya gue pengin teriak, SIAPA YANG NYURUH PAKE BPJS?!?!?!?! UDAH GUE BILANG PAKE JALUR PRIBADI AJA, PAIJOOOOOOOOO!!!!!
Sumpah kesel banget gue. Kontraksi ini bikin level kegalakan gue meningkat cuy.
"Tapi saya udah bleeding, dok." Ujar gue. Ya, memang betul kok. Udah keluar lendir darah dari jalan lahir.
Lam serem aja kalau bayinya sampai kehabisan air ketuban. Nanti kan bisa keracunan."Iya, bu. Tapi ibu baru pembukaan satu. Melahirkannya bisa jadi satu minggu lagi. Paliiinnggg cepat tiga hari lagi, Pak-Bu." Jawab dokter itu lagi.
Akhirnya mau gak mau gue harus pulang lagi. Sebelum pulang si Paijo sempat kebagiab administrasi dulu menanyakan kalau masuk jalur Pribadi. Tapi tetap ditolak karena udah keburu masuk pakai BPJS.
Kami disuruh pulang dulu dan besok pagi balik lagi kepoli ketemu dokter kandungan dan pesan room buat melahirkan.
What the.....?????? Gila lo sumpah demi apa mau lahiran aja harus pesen dulu ruangan. Asli nyaingin pamor hotel ini sih.Sepanjang jalan pulang kerumah gue terus merengut sambil menggerutu kesal.
Brengsek! Brengsek! Brengsek!
Abi memarkirkan mobil digarasi rumah saat jarum jam menunjukan jam sebelas malam.
Gak berapa lama Abi pamit pulang.Ahhh.,Abi ini memang paling super. Thank you Abi. Maaf merepotkan.
Dan kalian tau apa yang terjadi setelah Abi pulang??
Hmmmmmhhhhhh..disinilah semua kesakitan itu bermula.Kalau si Paijo nyampe rumah langsung melingkar diatas tidur lalu ngorok, gue?? Boro-boro tidur. Merem aja susah.
Pasalnya sakit yang gue rasa jadi berlipat. Gue gak nemuin posisi yang enak buat sekadar rebahan.
Gue mulai merintih. Aduh-aduhan. Dan si kampret satu itu tetep asik sama ngorok cemprengnya. Sialan!
Jam satu malam pas mata baru aja mau menempel tidur, tiba-tiba aja gue ngerasain ada cairan yang keluar gitu aja. Rembes.
Gue sontak kebangun, kaget."Hon.., honey., hon., honey."
Gila nahan kontraksi aja butuh tenaga luar biasa. Nah, sekarang ngebangunin kebo ini bikin makin nguras tenaga. Kampret!"Uhhhhmmmmmmm..?" Dia cuma berdehem. Bayangin BER-DE-HEM kawan!
"Ada yang ngalir keluar gitu aja" rengek gue.
Dia cuma buka matanya sedikit sambil bilang, "cuma perasaan kamu doang, Hon. Udah kamu tidur, istirahat. Besok pagi kita ketemu dokter diRS itu."
Terus dia tidur lagi deh.Setengah mati gue nyoba buat tidur, tapi nihil. Kontraksinya terus dateng.
Semakin lana semakin menggila.Jam tiga pagi, saat mata gue baru lima menit istirahat, tiba-tiba gue kebangun karena ngerasa tanpa kendali gue ngeluarin cairan banyak dari jalan lahir.
Gue buru-buru kekmar mandi. Dan lendir darah itu makin banyak. Gue sampe harus ganti pembalut. Rasa sakitnyapun udah semakin menggila."Hon., bangun hon." Kata gue setelah mengganti pembalut.
Karena si kebo satu ini sangat, sangat gak peka. Mau gue aduh-aduhan pake speaker dangdutan juga gak bakal bangun.
Bener-bener minta gue geplak pake talenan daging kan?Gue guncang-guncang badannya.
Busetttt dah ni kebo satu tidur apa pingsan sih? Yang kontraksi gue, yang pingsan dia. Kampret!"Uhhhmmmmm? Kenapa hon?" Tanya dia tanpa dosa dan mata yang cuma setengah kebuka.
Ingin rasanya gue bacain ayat kursi.
"Lendir darahnya makin banyak keluarnya. Ini juga udah sakit banget." Ujar gue setengah pengen nabok.
"Sabar, hon. Tadi kan dokter bilang masih seminggu lagi. Paling cepet tiga hari lagi. Dokter kan yng lebih tau."
"Gak hon! Feeling aku bilabg bebtar lg aku ngelahirin. Ini udah sakit banget. Darahnya juga mulai banyak."
"Yaudah kamu istirahat dulu besok pagi-pagi kita kedokter ya."
"Aku gak bisa tidur! Dan aku belum tidur! Gak kaya kamu yang ngorok kaya babi dan susah dibangunin kaya orang pingsan!" Sembur gue.
"Ya abis aku harus gimana? Aku kan juga gak ngerti." Ujar dia dengan muka yang gue yakin seratus persen masih pengen tidur.
Gue mulai kesel sendiri ngomong sama saklar putus ini. Pikiran gue juga udah melayang gak keruan. Buku-buku dan artikel tentang birthing mulai menghantui gue. Gimana kalau ketubannya habis? Gimana kalau nanti keracunan ketuban gara-gara terlambat?
Gue takut banget. Sumpah takut.
Gue tidur meringkuk mantatin si Honeybee, bodo amat.
Gue meringkuk kaya janin. Mungkin mirip dengan posisi janin didalam perut gue saat ini, siapa peduli?
Gue cuma bisa nangis takut sambil mengaduh nahan kontraksi.Jam empat pagi gue buru-buru ketoilet. Rasanya mules campur ingin pipis.
Gue pipis campur darah.
Rasanya mules. Gue jalan keluar kamar mandi sambil nyari dalaman yang entah tadi gue lempar kemana saking gak konsen akibat mules gila campur ingin pipis.Baru aja beberapa langkah dari kamar mandi tiba-tiba mules itu datang lagi. Dan tanpa bisa gue tahan, ada air seperti air pipis yang keluar.
"Hon...! Honeeeeyyyyy..!" Panggil gue sambil jongkok ditempat.
Nihil. Gak ada respon. Kentutpun kagak.
Pelajaran berharganya adalah, jangan biarkan suami minum obat dokter disaat lo juga dikasih obat perangsang kontraksi. Atau dia bakal bertingkah kaya orang mati.Dengan perasaan dongkol gue ambil tissue yang kebetulan gak jauh dari tempat gue jongkok. Gue bersihin cairan yang gue duga pipis itu. Terus gue masuk kekamar.
Gue bangunin babon pilek didepan gue."Hon bangun dong! Bini lagi begini kamu malah tidur!" nada gue mulai meninggi. Wajar dong gue marah? Ya kan? Ayo angkat tangan yang setuju sama gue.
Dia mengucek-ngucek mata sok polos.
"Kenapa hon?" tanyanya"Aku tadi pipis gak ketahan. Aku ngompol ada darahnya. Kamu jangan tidur mulu dong!" lihat muka gue yang bentar lagi menuju level murka durjana, dia langsung bangun.
Dia berjalan keluar dan duduk disofa.
"Terus kita harus gimana dong?"For the God sake!!!! Gue hampir gak percaya kalau laki yang barusan ngomong sekaligus laki yang bikin gue hamil dan kontraksi ini dikantornya menduduki level managerial. Look! Betapa berbobotnya pertanyaan dia.
Tuhan, tolong kalau Kau beri kaum wanita kontraksi hebat begini. Tolong berikan juga wanita stock kesabaran yang tak terhingga saat kontraksi untuk menghadapi suami-suami macam kabel oven begini.
"Ya mana aku tau! Aku gak pernah begini!" amuk gue
"Ya aku juga gak tau. Kan aku gak pernah ngalamin yang begitu." sahut dia polos.
KAMPREEETTTTTTTT..!!!! Bagus bener nyautinnya! Jangkrik lagi sakaratul maut juga tau kalau laki gak ngalamin kontraksi melahirkan. Laki kan tau ena-enanya doang, sisanya?? Cewek yang nanggung!
🍼🍼🍼
Akhirnya posting ini lagi.
Hahahahahaha
Tunggu kelanjutannya yang lebih mendebarkan lagi ya.
KAMU SEDANG MEMBACA
MOTHER's JOURNEY (WAKTU AKU SAMA ARKA)
NonfiksiSUDAH TERBIT Kok bisa sih test pack yang tadinya cuma ada satu garis merah jambu doang, tapi begitu mau dibuang, ehh, garisnya bertambah jadi dua? Kok bisa sih yang biasanya demen banget makan seblak, cilok, dan batagor, tiba-tiba setelah dapet dua...