3. Tips Memahami Tense

4.5K 227 7
                                    

Cara Termudah Fahami Tenses

Make it simple ya,
not always this simple though!

tenses garis besarnya 3 saja

it is about yesterday, now & tomorrow :)

>> Past , Present, Future
# Penekanannya, kuasai NAMAnya.

past= yg lalu, lewat, lampau

present = sekarang (at present)

future= akan datang

simple = biasa, yg biasa biasa kita lakukan

continuous = sedang terjadi

perfect = usai, beres, selesai

---

Simple Present:
Yang biasa (sering, berulang)

I always write a letter for friend (every ....)

Present Continuous:
Yang penekannya pada continuous (sedang berlangsung) sekarang (present)

I am writing a letter now (lagi di bemo nih, sedang menulis)

Present Perfect:
Yang menekankan pada perfect-nya itu (sudah, usai, telah)

I have just written a letter for a friend

sudah kutulis loh suratnya, barusan selesai. tapi kalo penekakannya pada waktu yg lalu gunakan Past tense saja: "i wrote a letter yesterday".

Future Past ?

Yang AKAN terjadi (future)  tapi sudah LAMPAU (past). akan tapi sudah. kok bisa?

Bisa saja, kemarin joni dateng saat saya AKAN tulis surat, jadi batal deh nulisnya. kapan itu? kemarin. Akan kan? ya, akan tapi kemarin hehe..

I would write a letter when joni came...

mudah kan memahaminya? ya kan? :D

Past Continuous?
udah lewat (past), tapi sedang terjadi (continuous). kok bisa? ya bisa aja, sedang tapi kemarin. penekannanya pada sedangnya (continuous) tetapi bukan sekarang melainkan di masa lalu (past), makanya pakai verb+ing tetapi lihat tobe nya bentuk past.

I was writing a letter when joni came...

Future Continuous?
ya sedang (continuous) tetapi akan (future), misalnya besok. besok mau datang ke rumahku? jangan jam 9 karena kalo jam segitu saya AKAN SEDANG nulis surat. jam 8 aja atau jam 10 lah. kalo jam 9 tersebut: akan toh?, sedang juga kan?

I will be writing a letter at 9 tomorrow...

silahkan lanjutkan dgn tenses yg lain. bagus dari buku ya, yg akan setia menemani.

thank you.

(By: M.Ilham)

Let's Talk About EnglishTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang